Comscore Tracker

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 Ribu

Ada 11 jenis tabungan BRI buat anak-anak hingga pebisnis

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menyediakan banyak jenis tabungan untuk nasabahnya. Nominal setoran awal pun beragam, ada yang dimulai dari Rp5 ribu.

Dikutip dari situs resminya, Selasa (31/8/2021), BRI menyediakan berbagai tabungan menyesuaikan kategori nasabah. Misalnya, ada tabungan untuk anak muda, yakni BritAma X. Lalu, ada juga tabungan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yakni Simpedes TKI, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kenali 8 Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional Ini

1. Simpedes

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuSeseorang menggunakan layanan internet banking. (Dok. BRI)

Tabungan BRI Simpedes ini cukup terkenal di kalangan masyarakat. Berdasarkan informasi dari situs resminya, Simpedes adalah tabungan mata uang rupiah dengan jumlah setoran awal hanya Rp50 ribu.

Nasabah bisa membuka rekening tabungan Simpedes di seluruh unit kerja BRI. Syaratnya hanya mengisi formulir, memberi setoran awal Rp50 ribu, dan mengisi identitas diri perorangan atau non perorangan.

2. BritAma

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuProkes di kantor BRI. (Dok. BRI)

BritAma adalah produk tabungan yang memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi di perbankan yang didukung fasilitas e-banking dan sistem real time yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Untuk membuka rekening tabungan BritAma, nasabah hanya perlu mengisi formulir aplikasi, mengisi data diri , dan memberikan setoran awal Rp250 ribu.

3. BritAma Bisnis

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan tabungan BritAma Bisnis, nasabah akan memperoleh kemudahan dalam bisnis karena mendapatkan keleluasaan dalam bertransaksi, kejelasan dalam pencatatan transaksi, dan mendapat keuntungan yang lebih untuk menunjang transaksi dan kebutuhan bisnis nasabah.

Dengan tabungan BritAma Bisnis, nasabah tak akan dikenakan biaya administrasi bulanan alias gratis dengan syarat saldo rata-rata minimal Rp5 juta per bulan.

Untuk membuka rekening tabungan BritAma Bisnis, nasabah perlu mengisi formulir aplikasi, melengkapi identitas diri, dan melakukan setoran awal Rp1 juta.

Baca Juga: Profil BRI, Bank Pemerintah Pertama yang Didirikan Anak Negeri

4. BritAma X

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuBank BRI (Dok. BRI)

BritAma X adalah produk rekening tabungan untuk anak muda. Kelebihannya, nasabah diberikan kartu debit berlogo Mastercard dengan desain yang elegan.

Adapun syaratnya, nasabah berusia 17-35 tahun. Lalu, nasabah harus mengisi formulir aplikasi, melengkapi data diri, dan melakukan setoran awal Rp100 ribu.

5. Simpedes TKI

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuIlustrasi TKI yang akan berangkat ke luar Indonesia di masa pandemik (IDN Times)

Produk rekening tabungan ini diperuntukkan bagi para TKI untuk mempermudah transaksi, sekaligus penyaluran/penampungan gaji TKI.

Nah, untuk membuka rekening tabungan TKI nasabah hanya perlu melakukan setoran awal Rp10 ribu. Kemudian, nasabah harus mengisi formulir aplikasi dan melengkapi data diri.

Baca Juga: OJK Terbitkan Aturan Perbankan Baru, Ada Soal Bank Digital

6. Tabungan Haji

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuIlustrasi Jemaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Tabungan Haji adalah produk yang diperuntukkan bagi perorangan guna mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Keuntungannya, nasabah tak perlu membayar biaya administrasi alias gratis.

Untuk membuka rekening Tabungan Haji, nasabah harus mengisi formulir aplikasi, dan melengkapi identitas diri.

7. BritAma Rencana

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuIlustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

BritAma Rencana adalah tabungan investasi dengan setoran tetap bulanan yang dilengkapi fasilitas perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah dengan manfaat hingga Rp1 miliar. Produk ini juga menawarkan suku bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan umum. 

Lalu, nasabah bebas menentukan setoran tetap bulanan. Namun, ada ketentuan nominalnya yakni minimum Rp100 ribu, dan maksimum Rp5 juta dengan kelipatan Rp50 ribu. Setoran tambahan dapat dilakukan sewaktu-waktu. 

Jangka waktu tabungan BritAma Rencana ialah 1-20 tahun, dan ditentukan sendiri oleh nasabah.

8. BritAma Valas

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuIlustrasi dolar AS ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Berbeda dengan tabungan lain, BritAma Valas adalah tabungan mata uang asing dengan kemudahan transaksi dan nilai tukar yang kompetitif. Ada 10 jenis mata uang yang disediakan, antara lain dolar Amerika Serikat (USD), dolar Australia (AUD), dolar Singapura (SGD), euro (EUR), yuan China (CNY), dirham Arab Saudi (AED), dolar Hong Kong (HKD), yen Jepang (JPY), riyal Arab Saudi (SAR), dan pound sterling (GBP).

Untuk membuka rekening ini, nasabah harus mengisi formulir aplikasi, dan melengkapi identitas diri. Adapun setoran awal beragam, yakni USD 50, AUD 50, SGD 65, CNY 350, AED 175, HKD 350, GBP 50, JPY 5.000, dan SAR 300.

9. Junio

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuIlustrasi anak-anak (IDN Times/Ayu Afria)

Junio adalah tabungan untuk anak-anak berusia 0-17 tahun. Fasilitas dan fitur produk ini dibuat untuk menarik bagi anak.

Syarat membuka rekening Junio bagi anak berusia 0-12 tahun yang pertama yaitu orang tua memiliki rekening tabungan BritAma/Simpedes. Bagi orang tua yang belum memiliki rekening BRI dapat melakukan pembukaan rekening terlebih dahulu.

Kedua, orang tua mengisi formulir aplikasi, melampirkan Kartu Keluarga (KK)/akta kelahiran anak, fotokopi NPWP, dan melakukan setoran awal Rp100 ribu. Kemudian, dilakukan automatic fund transfer (AFT) dari rekening orang tua.

Sementara itu, syarat bagi nasabah berusia 12-17 tahun yakni mengisi formulir aplikasi, melengkapi identitas diri (kartu pelajar) yang dilengkapi fotokopi KTP orang tua dan surat pernyataan dari orang tua, serta melakukan setoran awal Rp150 ribu.

10. Tabungan BRI Simple

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuGedung BRI. (Dok. BRI)

Produk ini diperuntukkan bagi siswa atau pelajar yang ditertibkan oleh BRI. Produk ini dibuat dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Nasabah tak perlu membayar biaya administrasi bulanan. Setoran awal pun sangat terjangkau, yakni minimum Rp5 ribu. 

Syarat pembukaan rekening yakni memiliki kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah yang mencakup Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), atau Nomor Induk Siswa (NIS). Lalu, nasabah perlu melengkapi dokumen lain yakni fotokopi akta kelahiran, KK, KTP orang tua/wali, mengisi formulir aplikasi, dan mengisi formulir tambahan pembukaan rekening (persetujuan orang tua/wali).

Baca Juga: Sejarah Bank Indonesia, Bank Sentral Penjaga Kestabilan Nilai Rupiah 

11. TabunganKu

11 Jenis Tabungan BRI, Setoran Awal Mulai dari Rp5 RibuTampilan halaman utama bukarekening.bri.co.id (Dok. BRI)

TabunganKu adalah produk simpanan untuk nasabah perorangan dengan mata uang rupiah.

Syarat untuk membuka tabungan ini mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama-sama oleh bank-bank di Indonesia dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya menabung, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya