Comscore Tracker

Antisipasi 6 Pengeluaran Ini di Bulan Ramadan Agar Dompet Aman 

Jangan sampai pengeluaran jebol di bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan waktu untuk menahan segala hawa nafsu. Bulan Ramadan juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat karena tidak ada pengeluaran untuk makan siang. Namun ada beberapa jenis pengeluaran yang bertambah di bulan Ramadan.


Alih-alih menghemat pengeluaran, kamu malah bisa jadi lebih boros di bulan Ramadan. Jika kamu tidak mengatur dan mengantisipasi pengeluaranmu akan menjadi lebih banyak daripada bulan-bulan biasa. Berikut jenis pengeluaran yang bisa membuatmu bertambah boros di bulan Ramadan.

1. Lapar mata saat berbuka puasa

Antisipasi 6 Pengeluaran Ini di Bulan Ramadan Agar Dompet Aman unsplash.com/ Rachel Park

Menjelang berbuka puasa, biasanya semua makanan dan minuman akan terlihat enak. Rasa ingin mencoba berbagai makanan dan minuman untuk berbuka pun muncul. Hal itu bisa memicu kamu untuk membeli banyak jenis sajian untuk berbuka.


Jika kamu tidak bisa menahan keinginan sesaat tersebut, maka isi dompetmu akan cepat habis. Padahal saat berbuka dengan satu macam makanan dan minuman saja sudah membuat kenyang. Sehingga kamu harus mengatur menu berbuka puasa agar tidak kalap.

2. Sering buka bersama di luar

Antisipasi 6 Pengeluaran Ini di Bulan Ramadan Agar Dompet Aman unsplash.com/ @danielcgold

Saat Ramadan biasanya akan ada banyak ajakan buka bersama. Mulai dari teman sekolah, teman kuliah, teman kantor, hingga buka bersama satu komplek. Tempatnya pun bervariasi dan pastinya akan membuatmu mengeluarkan biaya tambahan apalagi jika di tempat yang mahal.


Untuk itu kamu harus bisa mengatur mana undangan yang bisa kamu penuhi atau tidak. Sesuaikan dengan kemampuanmu. Bukannya tidak mau bersilaturahim ya, tapi demi menjaga keamanan keuanganmu. Kamu bisa juga mengusulkan tempat yang tidak terlalu mahal atau dengan potluck, masing-masing orang membawa makanan untuk dimakan bersama.

3. Tergiur belanja baju lebaran

Antisipasi 6 Pengeluaran Ini di Bulan Ramadan Agar Dompet Aman www.pexels.com/ rawpixel.com

Mungkin beberapa orang merasa lebaran kurang lengkap tanpa baju baru. Walaupun tidak semua orang seperti itu, namun godaan untuk membeli baju lebaran selalu ada. Mulai dari banyaknya tawaran baju lebaran hingga banyaknya diskon di bulan Ramadan.


Kamu bisa menganggarkan berapa budget untuk membeli baju lebaran. Kamu juga harus mematuhi anggaran yang sudah kamu buat agar tidak mengganggu cashflow. Jangan sampai membeli baju lebaran melebihi anggaran karena tawaran diskon yang menggoda.

Baca Juga: 9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!

4. Membeli berbagai macam kue lebaran

Antisipasi 6 Pengeluaran Ini di Bulan Ramadan Agar Dompet Aman www.pexels.com/ pixabay

Lebaran identik dengan berbagai macam kue yang tersaji di meja. Menjelang lebaran akan muncul banyak tawaran berbagai macam kue lebaran. Pastinya kue-kue tersebut terlihat menarik dan enak.


Sebaiknya kamu tidak khilaf memborong semua jenis kue. Pilihlah jenis yang kamu sukai dan pastikan harganya sesuai dengan anggaran keuanganmu. Dengan begitu keuanganmu akan aman.

5. Biaya mudik

Antisipasi 6 Pengeluaran Ini di Bulan Ramadan Agar Dompet Aman unsplash.com/ JESHOOTS.COM

Mudik saat lebaran sudah menjadi tradisi. Jika kamu hidup merantau jauh dari keluarga maka akan mengeluarkan banyak biaya untuk mudik. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga. Mungkin THRmu akan habis untuk membeli tiket. Belum lagi jika harus membawa oleh-oleh untuk keluarga, wah bisa tambah banyak ya pengeluarannya.


Hal ini bisa diantisipasi dengan rutin menabung untuk biaya mudik. Dengan begitu jika saatnya pulang kampung kamu sudah mempunyai tabungan sendiri sehingga tidak mengganggu pos pengeluaran yang lain. Kamu juga bisa mencari promo dari agen tiket yang ada.

6. THR untuk keluarga

Antisipasi 6 Pengeluaran Ini di Bulan Ramadan Agar Dompet Aman unsplash.com/ Sharon McCutcheon

Memberi angpau untuk keluarga dan keponakan juga menjadi tradisi. Semakin banyak anggota keluarga yang diberi angpau maka semakin banyak pengeluaranmu.

Saat berencana memberi angpau untuk keluarga, hitung berapa jumlah orang yang akan kamu beri angpau. Lalu sesuaikan dengan anggaranmu. Kamu tidak perlu gengsi berapapun jumlah yang kamu berikan. Yang terpenting adalah niat kita untuk berbagi dengan tetap menjaga cashflow agar tetap terkendali.


Itulah 6 jenis pengeluaran yang hanya muncul saat bulan Ramadan. Yuk diantisipasi, jangan sampai bulan Ramadan justru membuat pengeluaranmu tidak terkendali ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You