Comscore Tracker

5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahun

Persiapan untuk kematangan materi setahun penuh

Akhir tahun sedang kita jalani dengan perasaan suka cita. Setelah setahun lamanya bekerja keras hingga tiba saatnya untuk mengukur kembali prestasi keuangan yang telah kita capai selama ini. Mungkin banyak pengeluaran yang kita habiskan untuk akhir tahun, dimana biaya liburan dan kebutuhan lainnya kian membengkak hingga menguras tabungan yang setahun penuh kita simpan.

Tidak perlu khawatir soal keuangan di awal tahun, karena kamu hanya perlu memprioritaskan kebutuhan pokok dan menyisihkan keperluan tidak penting lainnya di awal tahun. Berikut lima trik jitu untuk mengatur keuangan di awal tahun.

1. Usahakan memiliki dana untuk pengeluaran pokok selama dua bulan

5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahunpixabay/stevepb

Meski di akhir tahun seluruh tabunganmu sudah ludes karena kebutuhan liburan atau keperluan lainnya, kamu tidak perlu cemas untuk menyambut awal tahun. Penting dilakukan adalah menyiapkan dana baru untuk pengeluaran selama dua bulan ke depan.

Usahakan untuk fokus mencari kebutuhan pokok terlebih dahulu dan kesampingkan kebutuhan lain yang tidak terlalu penting. Mungkin setelah bersenang-senang di akhir tahun 2018, kamu bisa kembali menahan diri untuk cermat menggunakan uang di awal tahun.

2. Pikirkan tabungan baru untuk akhir tahun selanjutnya

5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahunpixabay/luxstorm

Sedikit demi sedikit dan lama-lama menjadi bukit. Jangan remehkan pepatah ini. Buat satu tabungan baru khusus untuk kamu gunakan di akhir tahun. Apakah untuk liburan atau memberi hadiah untuk orang tersayang. Usahakan agar tabungan khusus ini tidak kamu gunakan sebelum akhir tahun, jika perlu buat beberapa tabungan lainnya untuk memisahkan kegunaan setiap tabungan.

Baca Juga: 5 Langkah Resolusi Keuangan yang Harus Kamu Terapkan di Tahun Depan

3. Berhenti berbelanja item fashion di hari biasa tanpa promo sale

5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahunpixabay/StockSnap

Kita sama-sama tahu bahwa toko online sering mengadakan promo dan diskon besar-besaran di hari tertentu seperti perayaan natal, idul fitri atau idul adha. Lebih baik berbelanja di hari-hari dimana promo sale sedang diadakan.

Jangan gampang tergoda untuk membeli item fashion yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan. Tahan godaan berbelanja pakaian atau perabotan rumah tangga di awal tahun karena bisa jadi kamu butuh biaya besar di pertengahan tahun.

4. Buat dua rekening untuk memisahkan pengeluaran dan tabungan

5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahunpixabay/SD5432SD

Memiliki dua rekening sangat berguna bagi kamu yang tidak bisa menahan diri untuk mengambil uang di atm. Usahakan untuk menyimpan dana secukupnya saja di salah satu debit card untuk kebutuhan sehari-hari seperti membayar tagihan, keperluan belanja bahan-bahan pokok, dan uang jajan untuk sehari-hari. Batasi penggunaan uang setiap harinya tanpa melebihi maksimum penarikan setiap bulan.

5. Biasakan untuk memperbesar pendapatan dibandingkan pengeluaran

5 Trik Jitu Mengatur Keuangan di Awal Tahunpixabay/StockSnap

Selama dua bulan di awal tahun, usahakan untuk tidak menggunakan kartu kredit sama sekali. Atau usahakan untuk tidak meninggalkan hutang di pertengahan tahun. Pergunakan uang yang kamu miliki sebijak mungkin dengan menyesuaikan dengan pemasukan yang kami miliki.

Pengaturan uang di awal tahun bisa jadi persiapan untuk kematangan materi selama setahun penuh. Kamu hanya perlu sedikit bersabar dengan mengutamakan tabungan dan investasi agar bisa menikmati hasil kerja kerasmu nanti.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Akan Kamu Dapatkan Saat Kondisi Keuanganmu Pas-pasan!

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You