Comscore Tracker

5 Cara agar Terbebas dari Utang Online, Kurangi Penggunaan Paylater!

Paylater bisa jadi jebakan kalau kamu gak bijak kelola uang

Dalam era serba digital saat ini, segala kemudahan semakin mudah kita dapatkan. Tidak terkecuali dalam hal finansial seperti pinjaman online. Saat ini, pinjaman online sudah banyak macamnya, salah satunya adalah metode paylater

Metode paylater ini pada dasarnya sama saja dengan utang. Memanfaatkan dana pihak lain untuk kebutuhan/keinginan yang nantinya akan dilunasi dalam waktu tertentu. Tapi, metode ini sebetulnya bukan cara yang bisa kamu gunakan sesuka hati. Menggunakan paylater dengan tidak bijak malah akan bikin kamu bertumpuk utang. Nah, simak lima hal di bawah ini agar kamu tidak mudah terjebak utang, sehingga bisa bebas dari utang online. 

1. Sesuaikan kebutuhan dengan pendapatan

5 Cara agar Terbebas dari Utang Online, Kurangi Penggunaan Paylater!pexels.com/pixabay

Kamu perlu membelanjakan uangmu sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Pikirkan baik-baik, mana yang paling dibutuhkan dalam waktu dekat. Belanjakan hal itu terlebih dahulu. Sortir semua tipe kebutuhan sehingga kamu akan mudah mengalokasikan pengeluaranmu tanpa terjebak utang online. 

2. Sederhanakan gaya hidup

5 Cara agar Terbebas dari Utang Online, Kurangi Penggunaan Paylater!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak orang masih terjebak dengan gaya hidupnya sendiri. Banyak yang bergaya hidup boros padahal kondisi finansialnya tidak menunjang. Gaya hidup sederhana harus mulai kamu terapkan jika kamu ingin hidup bebas utang. Malah, sisa penghasilanmu bisa menjadi tabungan untuk kebutuhan di masa depan. 

Baca Juga: 5 Tips Cegah Utang Pinjaman Online Tak Membengkak

3. Jangan scroll aplikasi e-commerce terlalu sering

5 Cara agar Terbebas dari Utang Online, Kurangi Penggunaan Paylater!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam era digitalisasi saat ini banyak sekali situs e-commerce bermunculan. Dari mulai pusat belanja kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan pelengkap lainnya. Kebiasaan mengakses jejaring ini terlalu lama kadang bisa membuatmu terjebak malah akan membeli yang tidak kamu butuhkan. Belum lagi jika kamu dalam kondisi finansial yang tidak stabil. Kamu akan semakin terjebak dengan metode utang online tersebut. 

4. Jangan bergantung dengan metode paylater

5 Cara agar Terbebas dari Utang Online, Kurangi Penggunaan Paylater!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Metode paylater semakin marak digunakan saat ini. Tujuan paylater awalnya menyasar pada orang-orang yang sedang terburu-buru dan tidak memegang cash. Meski begitu, tetap saja metode pembayaran ini sama halnya dengan utang yang harus dibayar. Jika kamu tidak bisa memanfaatkannya dengan baik, kamu justru akan semakin banyak menumpuk utang, belum lagi membayar bunga pinjaman dan denda keterlambatan jika kamu menunda pembayaran. 

5. Cari penghasilan tambahan

5 Cara agar Terbebas dari Utang Online, Kurangi Penggunaan Paylater!Unsplash.com/Bady Abbas

Keputusan menggunakan jasa pinjaman online lahir dari kondisi finansial yang kurang stabil. Daripada memilih keputusan sesaat dengan menggunakan utang online, lebih baik kamu mencari sumber penghasilan lain. Sehingga kamu bisa mencukupi semua kebutuhan dan keinginanmu tanpa harus meminjam atau berutang secara online

Lima cara di atas bisa kamu coba agar terbebas dari utang online. Jangan salah memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini, karena kamu malah akan terjebak dan rugi karena terlalu banyak utang menumpuk. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kena Tipu, Kenali Ciri-ciri Penipuan Pinjaman Online

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya