Comscore Tracker

5 Ciri-ciri Buku Berkualitas yang Layak Buat Kamu Baca

Lebih memilih buku berkualitas atau picisan?

Tak terhitung ada berapa banyak buku yang beredar di seluruh dunia. Mulai dari buku fiksi hingga non-fiksi. Karena begitu banyaknya buku yang beredar, membuat kamu yang tak terlalu tahu apa saja buku yang wajib untuk dibaca, menjadi binggung untuk memilih buku untuk dibaca.

Dan apa bila kamu keseringan membaca buku yang bisa dikatakan kurang berkualitas, itu sungguh disayangkan, karena masih banyaknya buku berkualitas yang wajib dibaca, karena memiliki sejarah yang besar. Maka dari itu, bagi kamu yang masih binggung membedakan mana buku berkualitas atau yang bukan, 5 ciri-ciri ini bisa menjadi patokanmu untuk memilih buku kedepannya.

1. Mengangkat tema yang berbeda

5 Ciri-ciri Buku Berkualitas yang Layak Buat Kamu BacaPixabay.com/Pezibear

Kalau kamu sekarang lebih sering membaca novel percintaan, cobalah sesekali membaca buku yang bertema lainnya. Apalagi buku tersebut menghadirkan tema yang berbeda dari buku biasanya. Karena membaca buku yang mengangkat tema yang berbeda dan serius, membuatmu mengetahui segala sesuatunya, dan wawasanmu menjadi bertambah. Kamu pun akan tercengang membaca buku tersebut, bahwa banyak hal yang belum kamu ketahui sebelumnya. Buku-buku yang mengangkat tema yang berbeda, misalnya novel George Orwell, Nineteen Eighty-Four. Atau To Kill a Mockingbird karya Harper Lee.

2. Mengandung makna kehidupan dan satiran

5 Ciri-ciri Buku Berkualitas yang Layak Buat Kamu BacaPixabay.com/Mysticsartdesign

Relasi dengan poin sebelumnya, biasanya buku yang mengangkat tema yang berbeda, memiliki makna kehidupan dan dipenuhi satiran di dalamnya. Ini suatu hal yang menarik, karena ketika kamu membaca buku tersebut, kamu akan mengetahui dari mana penulis mendapatkan ilham untuk menulis buku tersebut. Dan biasanya buku yang dipenuhi satiran dan makna kehidupan tersebut, ditulis bukan hanya sembarang tulis, ada wawasan dan pengetahuan yang luas dari sang penulis untuk menghasilkan buku tersebut.

3. Tulisan dari penulis klasik

5 Ciri-ciri Buku Berkualitas yang Layak Buat Kamu Bacaredbubble.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

Kalau kamu masih sering membaca buku-buku keluaran di abad sekarang, cobalah sesekali membaca buku dari penulis klasik. Karena ide-ide buku sekarang, berasal dari ide buku-buku klasik. Dan buku klasik pun hingga kini masih banyak beredar di pasaran. Rekomendasi buku klasik yang wajib kamu baca salah satunya, Pride & Prejudice karya Jane Austen atau The Catcher in the Rye karya Jerome David Salinger.

Baca Juga: Gak Bikin Ngantuk, Ini 8 Buku Non-Fiksi yang Asyik Dibaca

4. Tulisan yang dipenuhi kosa-kata baru

5 Ciri-ciri Buku Berkualitas yang Layak Buat Kamu BacaPixabay.com/cocoparisienne

Tentu saja tulisan juga faktor utama berkualitas atau tidaknya buku tersebut. Cobalah sesekali membaca buku yang dipenuhi kosa-kata yang awam untuk kamu ketahui, ini bukan untuk dimusuhi, akan tetapi menjadi pembelajaran, demi mendapatkan kata-kata yang baru. Dan bagi kamu yang hobi membaca sekaligus ingin menulis buku, juga bisa memanfaatkan buku yang dipenuhi kosa-kata dan gaya tulisan yang berbeda dari buku lainnya. Hal tersebut menentukan berkualitas atau tidaknya buku tersebut.

5. Buku yang sering direkomendasikan oleh tokoh-tokoh besar

5 Ciri-ciri Buku Berkualitas yang Layak Buat Kamu Bacawww.cnbc.com

Pastilah kita membutuhkan rekomendasi dari orang-orang buku apa yang wajib untuk dibaca. Lebih-lebih lagi orang yang merekomendasikan adalah tokoh besar yang bisa dikatakan tak perlu diragukan lagi kecerdasannya. Cobalah mencari artikel rekomendasi buku dari tokoh-tokoh besar, semisalnya Bill Gates, atau dari Indonesia, Maudy Ayunda. Karena kita akan mengetahui, bahwa orang secerdas mereka pastilah membaca buku yang berkualitas dan jarang dibaca oleh orang lain.

Itulah 5 ciri-ciri buku berkualitas yang layak buat kamu baca. Bukan berarti di sini mengklasifikasi buku-buku, buku sama halnya seperti film, ada yang berkualitas dan ada juga yang picisan.

Baca Juga: Agar Termotivasi Baca Buku, Ketahui 5 Efek Positif 'Membaca' Ini

Adliputra Photo Community Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You