Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu Baca

Wawasanmu bakal makin luas deh, jadi anti nyinyir!

Apakah kamu termasuk alergi membaca buku? kamu pasti selalu berasumsi bahwa membaca buku yang tebal akan bikin kamu stres dan tidak mendapatkan pengetahuan sama sekali karena tidak mengerti dengan topik yang dibahas. Ubahlah asumsi tersebut, karena tidak semua buku membosankan yang kamu kira.

Biar kamu tidak melulu diajarkan oleh orang lain soal pengetahuan yang belum kamu ketahui, coba baca 6 buku ini yang akan mengubah jalan pikiranmu dan membuka wawasanmu,

1. Sapiens - Yuval Noah Harari

Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu Bacaiamkarlie.com

Yuval Noah Harari sebagai pengarang begitu komplit membahas awal mula manusia hingga sekarang. Mulai dari manusia purba mengusir binatang-binatang lampau yang dulunya menguasai bumi hingga punah, hingga zaman sekarang manusia dengan berbagai keunggulannya berhasil menjadi nomor satu di planet ini.

Dengan uraiannya yang mudah dipahami, ia mampu menjelaskan faktor-faktor apa saja manusia bisa lebih unggul dari spesies lainnya. Di sana ia menjelaskan bahwa manusia mampu bekerja sama lewat bahasa dan tatanan khayalan yang diciptakan manusia itu sendiri dengan persetujuan bersama. Pokoknya kamu sebagai pembaca akan dibawa ke kisah-kisah lampau yang jarang kamu ketahui di sekolah.

2. Homo Deus - Yuval Noah Harari

Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu Bacanear.st

Homo Deus adalah sekuel dari buku Sapiens. Lagi-lagi Yuval Noah Harari membahas tentang perjalanan manusia. Di buku Sapiens ia membahas awal mula manusia hingga sekarang, lanjutannya Homo Deus membahas manusia di masa depan.

Begitu banyak yang ia uraikan di buku Homo Deus ini, kebanyakan kekhawatiran sang penulis. Bagaimana kamu bisa lihat sekarang, segala macam kecanggihan teknologi lebih dominan disekeliling kita. Mungkin saja di masa depan segala pekerjaan dikerjakan oleh teknologi sedangkan kamu sebagai manusia terdepak dengan kecanggihan yang manusia bikin.

Walaupun hanya spekulasi sang penulis, tidak bisa dipungkiri apa yang dijelaskan oleh Yuval Noah Harari benar adanya di masa yang akan datang.

3. Guns, Germs, And Steel - Jared Diamond

Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu BacaTwitter.com/dannychoo

Buku ini membahas perbedaan kebudayaan berbagai belahan dunia, dan menjawab kenapa orang Eropa lebih unggul disegala seginya. Kamu pasti selalu penasaran kenapa negara Indonesia selalu tertinggal dengan negara berkulit putih, di buku ini Jared Diamond akan menjawab semuanya hingga kamu yang membaca buku ini angguk-angguk puas.

Kamu akan diajak menelusuri penelitian Jared Diamond untuk mengungkapkan sejarah kebudayaan, termasuk Papua yang ia kunjungi. Pokoknya kamu akan tahu semuanya setelah membaca buku yang keren dari Jared Diamond.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: 7 Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa Indonesia, Bikin Kamu Tambah Keren!

4. Cosmos - Carl Sagan

Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu Bacasavacoolandsons.com

Bagi kamu yang masih menganggap sains merupakan hal yang rumit dan membosankan, bacalah buku keren yang satu ini. Ketika kamu membaca buku Cosmos, kamu akan lebih antusias terhadap perkembangan alam semesta.

Buku Cosmos akan menjelaskan bagaimana para ilmuan bersusah payah menemukan misteri-misteri yang ada di seluruh planet ini hingga ke akar-akarnya. Buku ini akan membuat kamu berpindah haluan yang dulunya menganggap sains adalah pelajaran rumus-rumus, menjadi pecinta sains yang lebih peka terhadap alam yang jauh lebih luas.

5. 1984 - George Orwell

Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu Bacalivano85.blogspot.com

Jangan mengira membaca buku fiksi atau novel tidak ada ilmunya sama sekali, kamu salah besar. Buku 1984 karangan George Orwell ini merupakan suatu satiran terhadap ideologi komunisme yang menguasi hampir seluruh negara semasa itu.

George Orwell menceritakan apa efek samping yang terjadi kalau suatu negara menerapkan ideologi komunisme. Kamu akan bergidik sewaktu membaca buku ini, bagaimana suatu kebebasan menjadi punah dan segala tatanan sosial telah diatur oleh orang partai yang selalu memantau masyarakatnya. Kamu akan banyak tau setelah membaca buku sastra fenomenal yang satu ini.

6. Who Rules The World - Noam Chomsky

Biar Makin Cerdas, 6 Buku Pengetahuan Umum Ini Wajib Kamu Bacanear.st

Buku Who Rules The World membahas kekuatan global dan keburukan negara adidaya Amerika Serikat. Apa yang telah dilakukan oleh pemerintahan Amerika sungguh berbanding terbalik dengan apa yang disuarakan oleh media-media Amerika.

Noam Chomsky mengatakan bahwa Amerika Serikat menyuarakan kebebasan tidak benar adanya, bahwa mereka telah melakukan suatu kekuasaan imperial di jaman modern. Kamu membaca buku ini menemukan suatu kebenaran yang nyata apa yang akan dilakukan Amerika Serikat berikutnya untuk menguasasi seluruh negara di dunia.

Itulah beberapa buku yang akan menambah wawasan kamu, jangan ragu-ragu untuk membeli buku di atas karena akan sebanding dengan apa yang akan kamu dapat setelah membaca buku tersebut. Orang yang ingin maju dan ingin sukses pasti hobi membaca buku, betul?

Baca Juga: Ini 7 Buku Rekomendasi Emma Watson yang Wajib Dibaca Cewek Cerdas

Adli Putra Photo Verified Writer Adli Putra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya