Comscore Tracker

Antimainstream, 5 Buku Ini Bikin Penasaran saat Membaca Judulnya!

Jujur, kamu pasti segera membuka bukunya

Meski ada ungkapan Don't judge book by its cover, tapi tetap saja cover buku menjadi salah satu faktor pendukung saat kamu memutuskan untuk membaca sebuah buku. Semakin menarik judulnya, semakin kamu tertarik untuk membaca isinya. Tak jarang, buku-buku dengan judul yang agak nyeleneh membuat kamu penasaran akan isi buku tersebut.

Seperti judul-judul buku berikut ini yang pastinya bikin kamu penasaran sama isinya. Meski judulnya nyeleneh, buku ini tetap menambah wawasanmu, kok. Kira-kira buku apa saja, ya?

1. Buku Ini Tidak Dijual

Antimainstream, 5 Buku Ini Bikin Penasaran saat Membaca Judulnya!Instagram.com/aysandbook

Buku Ini Tidak Dijual merupakan sebuah novel karya Henny Alifah, pemenang pertama Lomba Menulis Novel Inspiratif Indiva 2014. Novel ini bercerita tentang ratusan koleksi buku milik ayah Gading yang sudah berada dalam karung dan telah dijual oleh sang kakek. Mengetahui ayahnya tak ingin kehilangan buku-buku itu, Gading bersama Kingkin berjuang mati-matian mengejar ratusan buku itu. Mereka bahkan hampir kehilangan nyawa karena kejadian itu.

Novel ini bakal bikin kamu berpikir keras saat melihatnya di deretan rak toko buku. Buku Ini Tidak Dijual, lalu kenapa ada di sini? Setelah membaca sinopsisnya kamu bakal makin penasaran dan bertanya-tanya "sebenarnya ada apa dengan koleksi buku ayah Gading, sampai ia bersikeras gak mau kehilangan?" Dengan membaca novel ini, semoga pertanyaanmu terjawab, ya.  

2. Kiat Sukses Hancur Lebur

Antimainstream, 5 Buku Ini Bikin Penasaran saat Membaca Judulnya!Instagram.com/bookzfreak

Kiat Sukses Hancur Lebur merupakan sebuah novel yang berisikan kumpulan tulisan dengan berbagai tema yang dikemas dalam delapan bab. Bukan hanya judulnya, buku yang ditulis oleh Martin Suryajaya ini menjadi sebuah novel dengan gaya penulisan yang gak biasa. Saat membaca novel tentu kamu akan menemukan sebuah tokoh, jalan cerita, latar, dan hal lain yang biasa dijumpai dalam novel, tapi jangan harap kamu akan menemukannya dalam novel ini.

Saat membacanya kamu justru akan menemukan berbagai macam tabel dan rumus matematika. Ketimbang novel, judul bab di dalamnya juga lebih mirip buku tips dan trik seperti salah satunya adalah bab Resep Sukses Tes Calon Pegawai Negeri Sipil dan Teknik-Teknik Bunuh Diri di Apartemen.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Harus Kamu Baca!

3. Alkudus

Antimainstream, 5 Buku Ini Bikin Penasaran saat Membaca Judulnya!Instagram.com/warungsastra

Alkudus karya Asef Saeful Anwar yang pertama kali terbit pada tahun 2017 ini bukanlah kitab suci melainkan novel. Hal itu ia tegaskan dalam sampul depan novel ini dengan tulisan "sebuah novel".

Novel ini berisi kisah-kisah rasul dan orang-orang yang menjadi tauladan bagi pemeluk agama Kaib. Ada kisah tentang Bitua, rasul yang buta dan bisu, Sikwa yang diutus pada kaum yang berusaha mengendalikan waktu, Samis yang diutus untuk menyadarkan kaum penyembah udara, serta kisah-kisah lainnya.

Asef Saeful Anwar terbilang berani dengan membuat kitab suci fiktif, yang bisa saja menimbulkan pro dan kontra. Ia membuat novel ini tampak seperti kitab suci sungguhan. 

4. Memasak Nasi Goreng Tanpa Nasi

Antimainstream, 5 Buku Ini Bikin Penasaran saat Membaca Judulnya!Instagram.com/overebooks

Kamu mungkin bakal salah paham saat membaca judul buku ini. Bukan berisi resep masakan, buku ini merupakan antologi esai pemenang Sayembara Kritik Sastra DKJ 2013. Esai-esai dalam buku ini menunjukan suatu permasalahan dalam karya para penulis, termasuk mereka yang sudah terlanjur populer.

Masalah dasar seperti keterbatasan pengetahuan dan wawasan akan tema yang digarap sampai pada persoalan yang cukup serius seperti adanya kerancuan dan bias pada cara pandang penulis.

Beberapa karya yang diulas dalam buku ini yaitu Bilangan Fu karya Ayu Utami, Pulang karya Leila S. Chudori, kumpulan puisi karya Nirwan Dewanto yang berjudul Buli-Buli Lima Kaki, dan beberapa karya dari penulis lainnya.

5. Buku Wajib Orang Miskin

Antimainstream, 5 Buku Ini Bikin Penasaran saat Membaca Judulnya!Twitter.com/dittameliaa

Buku Wajib Orang Miskin yang ditulis oleh Anton Prasetya ini berisi petunjuk menikmati hidup yang diperuntukan untuk orang-orang miskin. Wah, cocok banget nih buat kamu yang kantongnya kering. Baca bukunya dan temukan cara untuk bahagia!

Kamu pernah nemu judul buku antimainstream lainnya gak, nih?

Baca Juga: 5 Buku Best Seller Korea Ini Diterjemahkan ke Indonesia, Sudah Baca?

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudra Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya