Comscore Tracker

5 Buku Bertema Feminisme Rekomendasi Emma Watson untukmu

Buku bacaan yang mungkin bisa membuka wawasan kamu

Selain dikenal sebagai artis dan seorang feminisme, Emma Watson juga memiliki hobi membaca. Saking rajinnya, dia juga sering menyembunyikan buku-bukunya yang disertai pesan bertuliskan tangan di beberapa stasiun kereta London agar ditemukan oleh pembaca-pembaca lainnya.

Emma juga membuat sebuah komunitas yang disebutnya sebagai "Our Shared Shelf" di Instagram. Akun tersebut khusus memuat buku-buku dari penulis perempuan dan bertujuan untuk mempromosikan buku-buku mereka.

Untuk kamu yang butuh alternatif bacaan, berikut buku-buku bertema feminisme versi  Emma Watson yang perlu dibaca.

1. Women Who Run With The Wolves oleh Clarissa Pinkola Estés

5 Buku Bertema Feminisme Rekomendasi Emma Watson untukmuamazon.com

Terbit pertama kali di tahun 1992 oleh Ballantine Books, buku ini berisikan kumpulan dongeng dan cerita rakyat yang memiliki konsep dasar tentang insting liar yang secara alami ada pada diri setiap perempuan. Akan tetapi, perempuan modern sudah melupakan sifat liar tersebut, padahal karakter tersebut justru membuat perempuan menjadi lebih kuat.

Melalui buku ini, penulis berusaha membantu perempuan untuk terhubung kembali dengan pola dasar yang sehat, insting, dan juga visioner seperti yang dimiliki oleh Wild Woman.

2. Outrageous Acts And Everyday Rebellions oleh Gloria Steinem

5 Buku Bertema Feminisme Rekomendasi Emma Watson untukmuamazon.com

Dipublikasikan pertama kali pada tahun 198, buku ini berisikan kumpulan esai yang ditulis oleh Gloria Steinem. Tulisan-tulisan ini mengangkat kisah yang berbeda, beberapa bahkan menunjukkan kehidupan pribadi penulis. Meski begitu, setiap esai memiliki benang merah yang hampir sama, yaitu tentang kesetaraan gender.

Beberapa esai ditulis pada tahun 70-an, 80-an, dan 90-an sehingga tidak semua isu yang dibawakan up to date. Akan tetapi, beberapa dari esai tersebut masih relevan dan terbuka.

Baca Juga: 5 Buku Tentang Depresi yang Membantumu Jadi Lebih Baik

3. The Vagina Monologues oleh Eve Ensler

5 Buku Bertema Feminisme Rekomendasi Emma Watson untukmuamazon.com

Judul yang sangat kontroversi dan mungkin tabu bagi sebagian orang. Buku yang dipublikasikan pertama pada tahun 1996 ini merupakan naskah drama dengan judul yang sama dan berisikan lusinan wawancara yang dilakukan Ensler. Naskah drama ini membahas banyak hal tentang seksualitas perempuan dan stigma sosial seputar pemerkosaan dan pelecehan.

Selain itu, buku ini juga membicarakan tentang topik-topik lainnya seperti citra tubuh, mutilasi genital, pertemuan langsung dan tidak langsung dengan reproduksi, perawatan vagina, periode menstruasi, serta kerja seks dari sudut pandang wanita dengan berbagai ras, usia, dan juga seksualitas.

4. The Things I Would Tell You: British Muslim Women Write oleh Sabrina Mahfouz

5 Buku Bertema Feminisme Rekomendasi Emma Watson untukmugoodreads.com

Buku ini berisikan kumpulan cerpen dan puisi yang menceritakan tentang citra sempit perempuan-perempuan muslim di Inggris. Kisah terkuat tentang citra sempit ini ada di kisah Madeeha, seorang perempuan muslim yang diminta untuk meminta maaf atas pembunuhan yang dilakukan oleh kaum radikal ekstrem dari agamanya.

Melalui buku ini, penulis berusaha menggambarkan bahwa stereotip rasial adalah sesuatu yang sangat umum di jalanan Inggris.

5. Good And Mad: The Revolutionary Power Of Women’s Anger oleh Rebecca Traister

5 Buku Bertema Feminisme Rekomendasi Emma Watson untukmuamazon.com

Buku ini bercerita tentang kekuatan kemarahan wanita dan potensinya untuk meningkatkan ranah politik. Rebecca Traister menulis tentang bagaimana kemarahan perempuan dikarakteristikkan sebagai kemarahan yang histeris, terlalu destruktif, dan sama sekali tidak membantu.

Dia berpendapat bahwa perempuan berhak untuk merasa marah mengingat penindasan yang mereka alami, dan kemarahan mereka, sepanjang sejarah, membantu meluncurkan gerakan dan revolusi yang telah mengubah dunia menjadi lebih baik.

Rebecca Traister merupakan penulis yang menghasilkan beberapa buku best seller seperti All the Single Ladies dan Big Girls Don't Cry.

Itulah beberapa buku bertema feminisme rekomendasi Emma Watson yang barangkali bisa dijadikan bacaan akhir pekan. Kira-kira, pilihanmu yang mana nih?

Baca Juga: 5 Buku yang Mengubah Dunia dan Ilmu Pengetahuan, Wajib Dibaca Nih!

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis novel yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You