Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!

Novel-novel ini bisa membantu kamu belajar bahasa Inggris

Ada banyak cara menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris, salah satunya adalah dengan membaca. Eits, gak perlu takut dengan deretan kata dalam buku karena novel-novel ini dapat dipahami meskipun dalam bahasa Inggris. Selain mendapat hiburan dengan jalan cerita yang seru, kamu juga bisa sekaligus belajar bahasa Inggris.

Dengan membaca, kamu bisa mendapatkan banyak kosa kata baru, tahu cara bagaimana kosa kata tersebut digunakan dalam bentuk kalimat dan konteks seperti apa, dan kamu bisa sekaligus mempelajari struktur kalimat (grammar) dalam bahasa Inggris yang tepat.

Yuk, belajar bahasa Inggris dengan baca novel-novel ini!

1. See You in the Cosmos (Jack Cheng)

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!instagram.com/thechildrensbookreview

Novel middle-grade karya Jack Cheng ini menceritakan kisah Alex si pecinta luar angkasa. Alex, yang berumur 11 tahun, dengan anjingnya, Carl Sagan, melakukan perjalanan untuk sampai ke LA di mana acara peluncuran roket oleh komunitas pencinta roket diadakan. Alex telah mempersiapkan roket karyanya sendiri yang akan diluncurkan pada acara tersebut. Sebagai tambahan, dia membuat rekaman melalui iPod miliknya soal bumi dan kegiatan yang dilakukannya.

Uniknya, narasi novel ini berbentuk script rekaman Alex. Kemampuan bahasa Inggris Alex yang masih berumur 11 tahun ini mudah dipahami, cocok banget buat kamu yang ingin belajar bahasa Inggris tanpa bolak-balik buka kamus.

2. To All the Boys I've Loved Before (Jenny Han)

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!rivetedlit.com

Novel yang telah diadaptasi ke layar lebar oleh Netflix ini menceritakan kisah cinta Lara Jean di SMA. Cewek cantik keturunan Korea ini gemar menulis surat cinta pada gebetan-gebetannya tanpa mengirimnya sama sekali. Lalu suatu hari, tanpa sepengetahuannya, adiknya yang bernama Kitty mengirim semua surat itu, membuat kehidupan SMA Lara Jean yang mulanya tenang menjadi kacau!

Novel karya Jenny Han ini seru banget untuk diikuti, ditambah lagi gaya penulisan yang ringan dan tokoh-tokohnya yang gemesin. Dijamin, deh, kamu akan gak sabar membalik halaman demi halaman buku ini.

Baca Juga: 6 Novel Berlatar Jakarta yang Cocok Kamu Baca saat Normal Baru

3. Winnie the Pooh (A. A. Milne)

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!barnesandnoble.com

Siapa sih yang gak kenal dengan tokoh kartun satu ini? Beruang yang menyukai madu dan menggemaskan ini memang menghibur. Buku Winnie the Pooh menceritakan petualangan Christopher Robin dengan teman-temannya: Pooh, Piglet, Eeyore, dan lainnya. 

Tentunya selain bahasa Inggris yang mudah, buku ini juga penuh dengan ilustrasi berwarna yang menyenangkan mata. Jadi, kamu gak akan bosen membaca ini.

4.  Anna and the French Kiss (Stephanie Perkins)

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!writtenbymimi.com

Sang tokoh utama dalam novel, Anna, harus mengubur impiannya menjalani tahun senior seru di sekolahnya di Atlanta. Hal ini karena Anna harus pindah ke Perancis. Kepindahan ini sangat tiba-tiba atas permintaan sang ayah. Anna pikir semuanya akan berjalan sangat buruk karena ia bahkan sama sekali nggak bisa bahasa Perancis! Eh, tapi semuanya (mungkin) akan berubah karena ia bertemu cowok ganteng bernama Étienne St. Clair di sekolah barunya.

Novel dengan genre Young Adult memang jadi pilihan yang tepat untuk pembaca pemula novel bahasa Inggris. Selain karena bahasa yang digunakan mudah dipahami, alur cerita yang ringan dan realistis juga membuat kamu betah membaca.

5. Harry Potter Series (J.K. Rowling)

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!instagram.com/joy.fulbooks

Serial Harry Potter yang fenomenal ini menceritakan kisah Harry Potter di sekolah penyihir yang terkenal, Hogwarts. Dalam serial fantasi ini terdapat 7 buku dengan kisah-kisah yang seru dan menegangkan untuk diikuti. 

Kamu nggak akan merasa berat membaca buku ini karena J.K Rowling menulisnya dengan ringan dan bahasa yang mudah dipahami. Bahkan mungkin kamu gak menyadari kalau kamu sudah menghabiskan berlembar-lembar halaman buku ini karena memang seasyik dan seseru itu.

6. Flipped (Wendelin Van Draanen)

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!goodreads.com

Novel yang telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama, Flipped, bercerita tentang Juli yang tergila-gila dengan tetangga barunya, Bryce Loski. Meski mereka baru berumur 8 tahun, tetapi Juli benar-benar menyukai Bryce karena matanya yang memesona dan tatapannya yang membuat ia jungkir balik. Sementara di lain sisi, Bryce memiliki perasaan yang bertentangan dengan apa yang dirasakan Juli.

Sama seperti Anna and the French Kiss, novel ini bergenre Young Adult. Bahasa Inggris dalam buku ini mudah dipahami. Selain itu juga, sudut pandang dalam novel yang diceritakan bergantian antara Juli dan Bryce dalam satu bab ke bab lainnya membuat novel ini unik.

7. Percy Jackson Series (Rick Riordan)

Rekomendasi 7 Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Seru Lho!instagram.com/dorothysbookshelf

Serial novel Percy Jackson and the Olympians menceritakan anak-anak setengah dewa dan setengah manusia. Sang tokoh utama, Percy Jackson, harus bertarung dengan berbagai monster untuk melindungi dunia dewa dan manusia. 

Selain bahasanya yang ringan, novel ini juga worth it untuk dibaca karena humornya yang unik. Rick Riordan berhasil membuat cerita modern tentang para dewa. Novel ini bergenre middle-grade yang berarti ramah untuk kamu yang baru memulai baca novel bahasa Inggris.

Dimulai dari membaca buku anak, Middle-Grade, dan Young Adult, secara bertahap kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Kamu juga bisa membaca buku dengan genre yang lebih kompleks nantinya. Kuncinya jangan menyerah dan tetap belajar, ya! 

Baca Juga: 6 Buku Fiksi Fantasi Ini Meraih Predikat Buku Terlaris, Ada Favoritmu?

Amalia Salsabila Photo Writer Amalia Salsabila

suka menghabiskan waktu buat baca novel, nonton film dan YouTube, dan seringnya berimajinasi tentang tokoh fiksi favorit.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya