Comscore Tracker

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!

Ceritanya tentang perjuangan perempuan dalam hidupnya, seru!

Perempuan, bagaimanapun juga, memiliki kehidupan yang sama rumitnya. Sering kali perempuan selalu mendapatkan masalah yang berhubungan dengan banyak hal, gak melulu tentang kisah asmara, mereka juga memiliki masalah dengan banyak faktor seperti masalah personal, kekuatan, moralitas, keluarga dan masih banyak lagi. 

Berikut 13 buku yang mengulas tentang perjuangan para perempuan yang mencari jati dirinya dan gak berfokus pada satu masalah saja. Kalian patut belajar dari para perempuan di buku berikut ini!

1. Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail - Cheryl Strayed

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!everettclipper.com

Empat tahun setelah kematian ibunya, penulis bernama Cheryl Strayed berada di ambang kehancuran karena mengalami beberapa masalah seperti kecanduan narkoba, perselingkuhan, dan kehilangan. Sebab itulah dia mengambil keputusan yang berani dalam hidupnya, mencoba mendaki lebih dari seribu mil di Pacific Crest Trail, sendirian dan gak terlatih.

Dalam perjalanannya, Strayed bertemu dengan seorang yang sangat menginspirasinya. Wild merupakan buku yang mengenai kisah seorang wanita yang belajar untuk mencintai dirinya sendiri, serta perjuangan dan tekad yang kuat untuk memperbaiki diri.

Buku ini pernah mendapatkan penghargaan Goodreads Choice Award untuk Memoir & Autobiography. Dan telah digarap ke layar lebar oleh Jean-Marc Vallee pada 2014.

2. The Time Is Noon - Pearl S. Buck

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!amazon.com

Novel yang ditulis dengan sepenuh hati ini, dan pengarangnya Pearl S. Buck pernah memenangkan Nobel dan Pulitzer Prize. Pearl menciptakan sebuah kisah personal tentang perjalanan yang sulit menuju kedewasaan.

Terinspirasi dari kehidupan si penulis sendiri. The Time Is Noon menceritakan kisah Joan Richards, seorang wanita yang berjuang menemukan jati dirinya, di kampung halamannya dan pernikahannya yang gak memuaskan. Setelah meninggalkan suaminya, Joan merindukan kehidupannya yang dulu, dan memutuskan untuk kembali serta membangun kehidupannya yang baru.

3. How Should a Person Be - Sheila Heti

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!thisisjanewayne.com

Kisah yang begitu orisinil dari penulis Sheila Heti, tentang bagaimana seorang wanita mengeksplorasi diri melalui sudut pandang wanita. Bergenre novel sastra, self-help, dan eksplorasi realitas mengenai seni dan seksualitas. Buku ini menyinggung tentang pengalaman menjadi seorang wanita serta mencoba untuk mencari kehidupan yang tepat bagi dirinya di dunia.

Baca Juga: 5 Buku yang Mengubah Dunia dan Ilmu Pengetahuan, Wajib Dibaca Nih!

4. Still Me - Jojo Moyes

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!squarespace.com

Jojo Moyes telah mengubah cerita Louisa Clark tentang belajar menjadi diri sendiri dan mencintai dirimu sendiri. Tokoh Louisa Clark dalam novel ini menggambarkan sifatnya yang unik, dia pergi ke New York untuk bekerja sebagai asisten/pembantu seorang pengusaha kaya raya. Dia harus berjuang menjadi pembantu untuk mengurus Will Traynor yang sikapnya sarkastis dan dingin.

Novel ini telah dibuat filmnya dengan judul "Me Before You", dan memenangkan People's Choice Award untuk Film Drama Favorit pada 2017 lalu.

6. Eleanor Oliphant Is Completely Fine - Gail Honeyman

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!islandliving365.com

Sebagai wanita muda yang canggung dan tertutup, Eleanor selalu menghindari basa-basi dan interaksi yang gak terlalu penting dengan orang lain. Begitulah sampai akhirnya dia berjuang menyesuaikan keterampilan sosial untuk dirinya. Buku yang menarik menurut Reese Witherspoon untuk dibaca, bagi siapa saja yang sedang berjuang dalam hidupnya.

6. Akata Witch - Nnedi Okorafor

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!penguinteen.com

Nnedi Okorafor pernah memenangkan World Fantasy Award. Dalam buku ini, pembaca akan menemukan petualangan, sihir, misteri, dan cinta. 

Akata Witch adalah novel yang menarik mengenai generasi muda albino Afrika yang merasa gak mendapatkan tempat yang sesuai di mana pun dia berada. Sampai pada suatu hari dia memiliki kemampuan magis yang luar biasa, dan tiba-tiba seseorang mulai menyukainya.

7. Fear of Flying - Erica Jong

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!abebooks.com

Novel Erica Jong identik dengan seksualitas, tapi bukan berarti novelnya yang berjudul Fear of Flying ini adalah novel romantis. Sebaliknya, novel ini dikemas dengan lebih feminis dan mencabik, perjuangan untuk menemukan jati diri, eksplorasi diri, dan cinta terhadap diri sendiri.

8. Daughter of Fortune - Isabel Allende

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!heeverygirl.com

Dalam Daughter of Fortune, seorang bernama Eliza Sommers meninggalkan Cile untuk pergi ke California, di mana pria yang dicintainya pergi ke the Gold rush di California pada tahun 1849. Di sana, dia tenggelam dalam dunia yang baru, dan harus mati-matian memperkuat dirinya, dan kemandiriannya.

Dari kisah tersebut menjelaskan tentang perjuangan seorang wanita muda yang mengikuti kata hatinya, memberdayakan rasa ingin tahu, siapa dia sebenarnya, dan apa yang dia inginkan selama ini.

9. Three Strong Women - Marie NDiaye

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!Instagram.com/novina_gee

Mereka adalah tiga karakter yang sangat kuat dan kompleks, hidup membawa mereka ke arah yang gak mereka duga, dan sering sekali sesuatu yang gak diinginkan dalam hidup terjadi.

Dalam menghadapi setiap konflik, entah itu masalah pernikahan, kehilangan orang terkasih, namun Strong Women ini terlihat lebih mampu, tangguh, dan kuat untuk menghadapinya.

10. The Hazel Wood - Melissa Albert

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!booksandbabbles.com

Sangat jarang novel remaja yang alur ceritanya gak memiliki romansa di dalamnya. Namun Melissa Albert jauh lebih mengambil tema bagaimana belajar untuk mencintai diri sendiri dan menerima diri sendiri dengan apa adanya, itu sebabnya gak ada romansa percintaan pada masa remaja.

Dalam novel The Hazel Wood, menceritakan Alice yang berusia 17 tahun yang sangat ingin bertemu dengan ibunya, yang diculik oleh makhluk dongeng dari dunia lain. Saat melakukan pencarian, Alice secara gak sengaja menemukan jawaban akan masa lalunya, dan identitas aslinya yang bahkan gak diketahui sebelumnya.

11. For Today I Am a Boy - Kim Fu

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!amnestybookclub.ca

Mengikuti karakter utama, Peter Huang, sepanjang hidupnya Peter terlahir sebagai anak laki-laki, namun ia yakin ia adalah perempuan. For Today I Am a Boy menunjukkan bagaimana rasanya menjalani kehidupan ganda. Bagaimana budaya dan masyarakat bisa menjadi kekuatan destruktif ketika mereka menghalangi kemampuan seseorang untuk memilih kehidupan yang diinginkan.

12. All Grown Up - Jami Attenberg

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!sparknotes.com

All Grown Up merupakan cerita yang cerdas dan menyentuh, mengisahkan tentang kepuasan pribadi dan diri setiap orang yang harus peka terhadap sekitar. Andrea Bern adalah anak tunggal yang berusia 39 tahun. Andrea memiliki tanggung jawab terpenting dalam hidupnya. Cerdas dan jujur, novel ini memberikan pelajaran untuk mencintai diri sendiri maupun orang terdekat.

13. Woman Last Seen in Her Thirties - Camille Pagán

Rekomendasi 13 Buku Inspiratif Buat Kamu Cewek Tangguh!Twitter.com/block_sandra

Ketika suaminya meninggalkannya, Maggie Harries hidup di dalam dunia yang kelam. Maggie adalah seorang ibu sekaligus isteri yang usianya sudah mencapai 53 tahun. Selama beberapa dekade dalam hidupnya, Maggie merasa sudah mendedikasikan hidupnya dan apa yang dia miliki untuk orang lain.

Akhirnya dia memutuskan untuk pergi ke Roma, membangun kehidupan yang baru. Namun masalah kembali melanda, krisis mengacaukan segalanya. Dalam masa-masa ini Maggie berjuang untuk belajar mengikhlaskan semuanya.

Nah, semoga setelah membaca buku-buku tadi kamu menjadi perempuan yang kuat ya! Buat para cowok, gak ada salahnya juga lho kasih kado beberapa buku di atas untuk perempuan-perempuan yang kamu kasihi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku yang Mengusung Tema Perbukuan, Seru!

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You