Siapa Sangka, 5 Penulis Dunia Ini Naskahnya Dulu Berkali-kali Ditolak Penerbit

Siapa bilang penulis terkenal dunia nggak pernah gagal?

Membuat karya melalui penulisan itu menjadi suatu kebanggaan bagi diri sendiri. Selain untuk menunjukkan skill, berbisnis melalui penulisan merupakan cara ampuh untuk menggapai kesuksesan. Tapi tidak semua mimpi itu dapat diraih dengan cara yang instan. Semua butuh proses dan tentunya kerja keras, serta ambisi yang tak mudah padam.

Berikut, ada beberapa penulis dunia yang karyanya pernah ditolak oleh penerbit. Sampai-sampai mereka mengalami kegagalan berkali-kali dalam menerbitkan karyanya. Namun mereka tidak mudah menyerah hingga karyanya malah menjadi best seller dan fenomenal. Mau tahu siapa aja?

J.K. Rowling

Siapa Sangka, 5 Penulis Dunia Ini Naskahnya Dulu Berkali-kali Ditolak Penerbithttp://www.canadianinquirer.net/

Sebelum menjadi penulis terkenal dan terkaya di dunia, ternyata J.K. Rowling pernah memiliki masa lalu yang buruk. Dia mengakui bahwa masa remajanya tidak bahagia. Rowling juga menganggap dirinya telah gagal karena harus bercerai dengan suaminya ketika anak pertama mereka masih balita. Selama masa kritis itu, Rowling bertahan hidup dengan memulai menulis Harry Potter, yang inspirasinya dia dapatkan saat sedang dalam perjalanan di kereta.

Setelah manuskrip Harry Potter and Philosopher's Stone-nya berhasil diselesaikan, Rowling mulai menyerahkan naskah tersebut ke penerbit, namun sayangnya, hampir 14 penerbit menolak naskahnya dengan alasan yang beragam.

Stephen King

Siapa Sangka, 5 Penulis Dunia Ini Naskahnya Dulu Berkali-kali Ditolak Penerbithttps://upload.wikimedia.org/

Siapa yang tidak kenal dengan penulis yang satu ini. Penulis yang terkenal dengan novel-novelnya yang bergenre horor, fiksi ilmiah dan distopianya. Penulis dengan nama pena Richard Bachman ini pernah menjadi seorang pengangguran. Sebelum novel pertamanya masuk ke penerbit, King pernah menulis cerpen dan menjualnya ke majalah.

Novel pertamanya yang berjudul "Carrie" menerima 30 kali penolakan oleh penerbit. Sebelum akhirnya diterbitkan pada tahun 1973 oleh penerbit Doubleday.

John Grisham

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Siapa Sangka, 5 Penulis Dunia Ini Naskahnya Dulu Berkali-kali Ditolak Penerbithttps://i.pinimg.com/

Novelis yang terkenal dengan tema hukum ini, adalah mantan politikus dan pensiunan pengacara Amerika Serikat. Grisham membutuhkan waktu selama tiga tahun untuk menulis novel pertamanya, dan selesai pada tahun 1987. Novel yang diberi judul "A Time To Kill" itu ternyata tidak semulus kariernya di dunia politik. Novel tersebut mengalami penolakan sebanyak 45 kali, sebelum akhirnya dibeli oleh Wynwood Press.

Ray Bradbury

Siapa Sangka, 5 Penulis Dunia Ini Naskahnya Dulu Berkali-kali Ditolak Penerbithttp://api.theweek.com/

Bradbury merupakan sastrawan Amerika Serikat yang terkenal akan karya fiksinya. Dia telah menulis karya bergenre science fiction lebih dari 100 judul. Ia mulai menulis cerita pertamanya pada usia sebelas tahun dan sering menghabiskan waktunya di perpustakaan Carnegie di Waukegan. 

Tapi tahukah kalian, dalam menempuh kariernya dalam bidang kepenulisan, Bradbury sering mengalami penolakan. Naskah pertamanya mengalami 800 penolakan, dan berjalannya waktu ada salah satu penerbit yang mau menerbitkan karyanya.

Kathryn Stockett

Siapa Sangka, 5 Penulis Dunia Ini Naskahnya Dulu Berkali-kali Ditolak Penerbithttp://ww3.hdnux.com/

Meskipun pernah bekerja di penerbitan majalah saat tinggal di New York, namun nasib Stockett tidak selalu baik. Buku pertamanya yang berjudul The Help diselesaikannya dalam waktu lima tahun. Dan sialnya lagi, buku tersebut harus ditolak sebanyak 60 kali oleh agen sastra. Namun setelah itu, dia bertemu dengan agen Susan Ramer dan ia bersedia menawarkan naskahnya ke penerbit Amy Einhorn Books, dan tiga tahun setelahnya, novel tersebut berhasil diterbitakan dan menjadi novel bestseller di Amerika.

Jadi, buat kamu yang ingin menebritkan buku, jangan putus asa dulu kalau naskahmu ditolak oleh penerbit. Perbaiki terus tulisanmu dan jangan berhenti mengajukan naskah ke penerbit-penerbit lain. Selamat berjuang, ya!

 

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya