Inspiratif dan Motivasional, Ini 5 Novel Remaja dengan Tema Depresi

Semoga bikin kamu semakin semangat, ya!

Depresi kini menjadi isu penting yang menarik minat masyarakat, dari orang dewasa sampai para remaja. Siapa pun dapat terkena depresi, bahkan ketika hidupnya terasa baik-baik saja. Karena peliknya masalah kesehatan mental ini, banyak penulis mulai mengangkat ide tentang problematika sehari-hari dan menuangkannya dalam sebuah buku fiksi.

Para penulis ini ingin menunjukkan bahwa depresi tidak semudah yang orang pikirkan. Bahwa sebenarnya, anak-anak muda pun rentan terhadap penyakit mental yang satu ini.

Penasaran karya fiktif apa yang bertema depresi? Yuk, scroll artikelnya!

1. A Untuk Amanda

Inspiratif dan Motivasional, Ini 5 Novel Remaja dengan Tema Depresiinstagram.com/zuanread

Novel karya Annisa Ihsani ini menuai banyak pujian dari pembaca. Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Amanda yang belajar untuk menemukan keberhargaan diri di tengah nilai A yang ia miliki, novel ini akan mengajarkanmu banyak hal terkait depresi. Gaya bahasa yang lugas dan alur ngena yang menyentuh, wajar bila novel ini mendapat 4,05 rating di Goodreads.

2. Heartbreak Formula

Inspiratif dan Motivasional, Ini 5 Novel Remaja dengan Tema Depresiinstagram.com/penerbitharu

Bukan hanya mengangkat tema mental health dan depresi, Mpur Chan juga memberi banyak pelajaran penting dari kisah Summer dalam novel ini. Dipadukan dengan bumbu science fiction, Heartbreak Formula menjadi novel fresh yang akan menghibur sekaligus memberimu banyak pelajaran. Salah satunya, mengampuni masa lalu dan berani melangkah ke depan. Penasaran? Kamu harus baca bukunya.

Baca Juga: 8 Novel Ini Bakal Seru Banget Kalau Dibikin Filmnya, Setuju?

3. By The Time You Read This, I’ll be Dead

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Inspiratif dan Motivasional, Ini 5 Novel Remaja dengan Tema Depresiinstagram.com/nourapublishing

Novel ini mengajarkan kita betapa parah pengaruh buli dalam kehidupan remaja. Oleh karena itu, stop buli-buli, guys! Kamu mungkin menganggapnya sebagai bercandaan, tetapi teman yang dibuli merasa sakit luar biasa dalam hatinya. Seperti yang dialami oleh Daelyn dalam novel karya Julie Anne Peters ini.

4. The Perks of Being a Wallflower

Inspiratif dan Motivasional, Ini 5 Novel Remaja dengan Tema Depresiinstagram.com/gallerybooks

Novel karya Stephen Chbosky ini terkenal sebab isu kesehatan mental yang dimasukkan dalam tiap karakternya. Ada Charlie, Patrick, juga Sam—ketiganya memiliki masalah masing-masing. Novel ini juga banyak memberi pelajaran dari kisah inspiratif para tokoh. Saking bagusnya novel ini, The Perks of Being a Wallflower telah diangkat menjadi sebuah film yang cukup menguras emosi. Untuk kamu yang penasaran, wajib baca novelnya!

5. The First Time She Drowned

Inspiratif dan Motivasional, Ini 5 Novel Remaja dengan Tema Depresiinstagram.com/mylibraryofdreams

Mengisahkan tentang toxic mother-daughter relationship, novel karya Kerry Kleter ini mampu menyentuh hati banyak pembaca. Selain harus bertahan dengan kelakuan ibunya, Cassie dihadapkan dengan beberapa fakta pahit bahwa kehidupan tidak semudah yang orang bilang. Seseorang yang tersenyum pun nyatanya menyimpan banyak luka.

Semakin berkembangnya jaman, semakin menipis pula kesadaran masyarakat mengenai betapa pentingnya isu mental health dan depresi. Untuk kamu yang ingin mencari kisah inspiratif terkait depresi, bisa baca kelima novel di atas.

Ingat, depresi bukan hal sederhana. Terkadang keacuhan kita dapat menjadi satu penyebab yang dapat merugikan orang. Selamat membaca!

Baca Juga: Bikin Semangat, 6 Buku Motivasi yang Cocok Dibaca Saat Awal Tahun

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya