Comscore Tracker

5 Novel Populer Genre ‘Coming of Age’, Bacaan Wajib buat Remaja!

Seru dan menginspirasi nih

Novel bertema ‘coming of age’ atau beberapa orang menyebutnya bildungsroman merupakan genre novel yang ceritanya berfokus pada keadaan psikologis dan perkembangan moral si tokoh utama dari masa muda menuju dewasa.

Genre ini banyak diminati oleh para remaja karena mengangkat cerita seputar proses pendewasaan dan penanaman nilai-nilai kehidupan. Jalan ceritanya lebih kompleks karena tidak hanya berkisah mengenai permasalahan tokoh utama namun juga mengangkat isu-isu penting seperti tentang rasisme, kesetaraan gender, pendidikan, HAM, dan masih banyak lagi.

Latar belakang budaya dan kondisi sosial masyarakat pada zaman itu umumnya ditonjolkan untuk menunjukkan kepada pembaca mengapa tokoh utama berkarakter demikian. Nah, apa saja ya novel bertema coming of age yang populer sejauh ini?

1. To Kill a Mockingbird

5 Novel Populer Genre ‘Coming of Age’, Bacaan Wajib buat Remaja!penguin.com.au

Novel terkenal karangan Harper Lee ini diterbitkan tahun 1960 dan memenangkan penghargaan Pulitzer Prize. Menjadi salah satu literatur klasik Amerika yang masih sangat relevan dibaca hingga saat ini.

"To Kill a Mockingbird" mengangkat isu tentang pemerkosaan dan  diskriminasi ras yang terjadi pada tahun 1936. Novel ini juga pernah diadaptasi dalam bentuk film dengan judul yang sama di tahun 1962.

2. The Perks of Being a Wallflower

5 Novel Populer Genre ‘Coming of Age’, Bacaan Wajib buat Remaja!simonandschuster.com.au

"The Perks of Being a Wallflower" cukup terkenal setelah diangkat ke layar lebar di tahun 2012. Stephen Chbosky menulis novel ini dengan gaya semi-biografi berdasarkan dari pengalaman dan kenangannya ketika tinggal di Pittsburgh.

Menceritakan tentang Charlie, seorang remaja introvert yang berteman dengan Patrick dan Sam, yang mana mereka memiliki kepribadian yang cukup unik. Novel ini mengangkat tema tentang kesehatan mental, seksualitas, dan budaya pop para remaja saat itu.

Baca Juga: Buku Puisi Hingga Holistik, Ini 6 Rekomendasi Buku Ala Eva Celia

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Persepolis

5 Novel Populer Genre ‘Coming of Age’, Bacaan Wajib buat Remaja!titiw.com

Ditulis oleh Marjane Satrapi dan diterbitkan tahun 2000, "Persepolis" merupakan novel grafis yang menceritakan tentang kehidupan Marjane di Iran selama dan setelah Revolusi Islam. Awalnya diterbitkan dalam Bahasa Prancis yang kemudian diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Di tahun 2007, "Persepolis" diadaptasi dalam bentuk animasi hitam putih yang tak kalah populer.

4. Little Women

5 Novel Populer Genre ‘Coming of Age’, Bacaan Wajib buat Remaja!overdrive.com

"Little Women" sudah diadaptasi ke dalam bentuk layar lebar beberapa kali karena ceritanya sangat menarik. Novel ini sendiri ditulis oleh Louisa May Alcott dan diterbitkan di tahun 1868 dan 1869.

"Little women" menceritakan tentang kehidupan March bersaudara yang terdiri dari Meg, Jo, Beth, dan Amy. Mengambil latar belakang masa perang sipil, ceritanya sarat makna akan penanaman nilai-nilai yang diajarkan Margaret March kepada keempat anak gadisnya, jangan pantang menyerah dan milikilah mental yang kuat.

5. The Kite Runner

5 Novel Populer Genre ‘Coming of Age’, Bacaan Wajib buat Remaja!thoughtco.com

"The Kite Runner" merupakan novel debutan Khaled Hosseini tahun 2003 yang menceritakan tentang Amir dan sahabatnya Hassan. Novel ini mengambil beberapa latar belakang, mulai dari kekisruhan situasi pemerintahan yang terjadi di Afghanistan pasca jatuhnya monarki Afghanistan karena invasi militer Soviet, eksodus pengungsi ke Pakistan dan Amerika, serta kemunculan rezim Taliban.

Itulah lima novel genre coming of age yang cukup populer di kalangan remaja. Namun orang dewasa pun tetap dapat menikmatinya karena isu yang diangkat sarat makna dan pembelajaran mengenai kehidupan. Menarik kan? Mana nih yang akan kamu baca duluan?  

Baca Juga: 10 Buku Terbaik yang Angkat Isu Rasisme Selain 'To Kill A Mockingbird'

Dinar Chandra Photo Writer Dinar Chandra

Your friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya