Comscore Tracker

6 Novel Tentang Jagoan Perempuan Ini Cocok Buat Penggemar Arya Stark

Ketika GoT telah tamat, butuh bacaan baru~

Dalam musim terakhir Game of Thrones ini, nama Arya Stark langsung melambung. Semua orang menjagokan dan mengidolakannya. Siapapun yang nonton pasti terkagum-kagum dengan karakter yang diperankan Maisie Williams. Gak berlebihan kalau misalnya kita menjuluki Arya sebagai jagoan perempuan idola banyak umat, termasuk kamu. 

Sekarang GOT sudah tamat, kamu mungkin masih hangover sama serial ini. Tenang, obati hangover-mu dengan membaca beberapa novel tentang jagoan perempuan berikut, deh. Niscaya, kamu bisa menemukan sosok mirip Arya Stark di dalamnya yang bisa membuatmu kagum. 

1. An Ember in the Ashes

6 Novel Tentang Jagoan Perempuan Ini Cocok Buat Penggemar Arya Starkinstagram.com/xyuikobooks

Novel karya Sabaa Tahir ini berlatar sebuah dunia distopia yang terbagi dalam kelompok-kelompok yang memiliki karakter berbeda. Sayangnya, kelompok yang berkuasa dikenal bengis dan tak tahu belas kasih. Lalu, kamu akan bertemu Laia, seorang gadis remaja yang sialnya berasal dari kelompok minoritas tertindas. Saat, aktivitas mata-mata sang kakak terbongkar, Laia pun diambil sebagai budak di Kerajaan dan harus merasakan kehidupan yang tak enak. Namun, di sana ia bertemu Elias dan Hellen yang berbeda dengan orang-orang dari kelompok berkuasa biasanya. 

Novel ini laris manis dan sudah diterbitkan dalam banyak bahasa. Diterbitkan dalam bentuk tetralogi, novel ini sukses bikin penasaran pembacanya. Kini novel ini masih dalam seri ketiga, seri pamungkasnya akan terbit dalam waktu dekat. 

2. Gods of Jade and Shadow

6 Novel Tentang Jagoan Perempuan Ini Cocok Buat Penggemar Arya Starkinstagram.com/delreybooks

Kalau kisah Laia tadi merupakan perpaduan budaya Romawi kuno dan Timur Tengah, buku ini mengadopsi kebudaayan kuno Meksiko yang berhubungan dengan suku Maya. Kamu akan diajak mengikuti kehidupan Casiopea, gadis yang berharap hidupnya lebih dari sekedar membersihkan rumah kakeknya yang kaya raya. 

Suatu hari saat melakukan pekerjaannya, ia tak sengaja memuka sebuah kotak kayu aneh di lemari kakeknya. Kotak itu ternyata membangkitkan arwah Juru Kematian suku Maya. Arwah tersebut memaksanya untuk membantunya dalam sebuah misi berbahaya yang tak bisa ditolak Casiopea. Berhati-hatilah dengan doamu, mungkin itu yang akhirnya dipelajari Casiopea. 

3. Children of Blood and Bone

6 Novel Tentang Jagoan Perempuan Ini Cocok Buat Penggemar Arya Starkinstagram.com/its.a.book.world/

Kali ini kamu akan berkenalan dengan jagoan perempuan bernama Zelie Adebola. Ia ingat betul ketika tanah kekuasaannya, Orisha dipenuhi sihir menakjubkan. Namun, semua berubah ketika suatu malam sihir itu hilang untuk selamanya. Raja baru datang dan menghancurkan kehidupan tentram Zelie. Ia pun bertekad membalas dan melakukan pemberontakan terhadap sistem monarki baru yang semena-mena. 

Dengan bantuan salah satu putri raja yang juga tak suka dengan monarki baru ini, mereka pun berusaha menyusun taktik untuk meruntuhkan kekuasaan jahat yang menguasai Orisha. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: 5 Buku Bacaan Islami Ini Cocok Kamu Baca Saat Ramadan

4. Sky in the Deep

6 Novel Tentang Jagoan Perempuan Ini Cocok Buat Penggemar Arya Starkinstagram.com/macmillanreads

Ditulis oleh Adrienne Young, novel ini mengisahkan Eelyn, seorang gadis tujuh belas tahun yang dibesarkan menjadi warrior. Ia tinggal dan besar di sebuah klan bernama Aska yang memiliki musuh bebuyutan bernama klan Riki. Selama ini yang ia tahu kakaknya telah meninggal dalam pertempuran sengit, tetapi tidak di hari itu. Hari di mana ia melihat kakaknya justru bertempur bersama klan Riki. 

Ia pun berusaha mencari tahu kebenaran dari berita pembelotan kakaknya tersebut. Tak ada yang mau membantunya menyusup ke klan brutal itu selain salah satu sahabat kakaknya, Fiske. Akankah mereka berhasil atau justru terbongkar dan harus menghadapi ancaman terbunuh sadis oleh klan rivalnya itu? 

5. Descendant of the Crane

6 Novel Tentang Jagoan Perempuan Ini Cocok Buat Penggemar Arya Starkinstagram.com/fragilemyths

Dipengaruhi budaya Asia Timur, novel ini merupakan cerita dari Putri Hesina dari Yan yang harus mengisi tahta kerajaan yang kosong pasca terbunuhnya sang ayah. Saat berada di tahta tersebut, Hesina menyadari bahwa dirinya hampir saja dipenjara karena hendak menggunakan sihir demi mengungkap identitas pelaku pembunuh ayahnya. 

Belum lagi, ia dikelilingi banyak orang dari kerabat keluarganya yang ia sendiri tak yakin bisa dipercaya atau tidak. Novel karya Joan He ini berisi pergolakan batin seorang perempuan yang memegang kekuasaan, ditulis secara realistis dan sehumanis mungkin membuat novel ini dapat banyak pujian. Meski ada pula yang kurang suka dengan plotnya yang terlalu berbelit-belit. Terang saja tebalnya mencapai 400 halaman lebih. 

6. The Priory of the Orange Tree

6 Novel Tentang Jagoan Perempuan Ini Cocok Buat Penggemar Arya Starkinstagram.com/readwithqueeng

Klan Berethnet telah menguasai Inys selama ribuan tahun. Hingga suatu hari, Ratu Sabran sadar bahwa ia harus memiliki penerus untuk menyelamatkan Kerajaannya. Padahal, sebuah pemberontakan sudah tercium akan segera dilancarkan. Di sisi lain, ada Ead Duryan, seorang penyihir yang selalu bersembunyi di tepian. Tanpa berkata apapun, ia selama ini melindungi Kerajaan dari kekuatan jahat yang selalu datang sili berganti.

Sementara itu, kamu juga akan bertemu dengan Tane, seorang penunggang naga yang ternyata harus memutuskan satu pilihan yang bisa mengubah hidupnya. Ya, novel ini memang dibentuk dalam beberapa sudut pandang yang tentunya menarik dan pada akhirnya akan membentuk sebuah titik temu. 

Dimotori karakter utama perempuan, novel-novel di atas bisa jadi pengobat rindumu pada Game of Thrones dan Arya Stark. Selamat membaca! 

Baca Juga: 5 Buku Rekomendasi Melinda Gates yang akan Menginspirasimu

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You