Comscore Tracker

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama 

Bisa dipakai belajar bahasa Inggris 

Novel klasik sering dianggap sebagai bacaan berat, bayangan akan bahasa Inggris lawas yang dipakai dan percakapan-percakapan yang out dated pasti melintas di benak kita.

Padahal tergantung perspektif kita saja, malah novel klasik biasanya punya pesan moral yang bahkan melampaui zaman. Kosakata yang menurutmu sulit sebenarnya hanya masalah belum familier saja. Justru dengan begitu, kamu bisa memperkaya perbendaharaan kata.

Selain Little Women dan Oliver Twist, ada beberapa novel klasik yang cukup underrated. Beberapa cocok dibaca semua umur dengan konten yang ringan dan bahasa yang lebih mudah dicerna. Boleh, tuh dihadiahkan atau dibaca bareng pembaca yang lebih muda atau anak-anak. Catat dulu, yuk. 

1. Anne of Green Gables 

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama instagram.com/lidosdajoice

Sepertinya bahasan tentang anak yatim piatu cukup populer di abad ke-19. Anne of Green Gables adalah salah satu novel klasik yang tokoh utamanya anak yatim piatu bernama Anne Shirley. Drama kehidupannya yang seru dimulai dengan kesalahanpahaman yang terjadi antara keluarga Cuthbert dengan panti tempat Anne tinggal. 

Keluarga Cuthbert sebenarnya ingin mengadopsi anak laki-laki seusianya untuk membantu mereka menggarap pekarangan. Anne yang hampir saja dikembalikan ke panti asuhan pun berusaha mencuri hati keluarga Cuthbert. Lewat rumah barunya itu pula, Anne belajar banyak hal yang membuatnya mempertanyakan berbagai stigma yang melekat pada perempuan.

Penuh dengan pesan feminisme, persahabatan, keragaman, dan kehangatan keluarga, novel klasik ini dikemas dalam delapan seri. Mengikuti tiap fase kehidupan Anne dari kanak-kanak hingga meninggal dunia. Novel legendaris ini juga sudah beberapa kali diadaptasi ke layar lebar dan terakhir dijadikan serial dengan judul Anne with an E

2. Eight Cousins

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama instagram.com/littlerandi

Salah satu karya terbaik Louisa May Alcott yang sering terlewat. Mungkin karena tertutup popularitas Little Women yang membahana. Eight Cousins sendiri bercerita tentang Rose, gadis yatim yang akhirnya pindah dari panti ke rumah bibi-bibinya. Di sana ia pun tinggal bersama tujuh sepupu lainnya yang semuanya laki-laki. 

Dari panti yang sepi, hari-hari Rose kini terasa sangat ramai dan penuh dengan petualangan. Ditambah dengan kehadiran paman Alec yang awalnya disambut kurang baik oleh para bibi, tetapi akhirnya menjadi tokoh yang dicintai pembaca. Novel klasik ini membuat kita kembali mengingat masa kecil yang indah, bisa dibaca segala usia. 

Baca Juga: 9 Novel Pendek Terbaik yang Bikin Pemula Makin Rajin Baca

3. Wuthering Heights

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama instagram.com/theartfulelle

Kisahnya tentang sebuah keluarga yang cukup tragis dan aneh. Dimulai dengan keputusan pasangan Earnshaws untuk mengadopsi seorang anak yang mereka namai Heathcliff untuk menemani kedua anak mereka Hindley dan Catherine. Namun, pasca kematian istrinya, sang ayah justru memperlakukan Heathcliff dengan spesial. 

Hal itu membuat Hindley, anak tertua cemburu dan membenci Heathcliff. Beda dengan Catherine yang sangat dekat dengan saudara tirinya itu. Setelah Hindley menyelesaikan studinya dan kembali ke rumah, ia membuat hidup Heathcliff tak tenang. Hingga akhirnya Heathcliff memilih untuk pergi dan mencari rezekinya sendiri. 

Beda dengan kebanyakan novel klasik yang fokus pada keluarga kaya, mereka mencoba mengeksplor lebih banyak tentang Heathcliff yang saat itu dipandang rendah dan tergolong outsider. Menarik, tragis, dan penuh pesan, beda dari biasanya. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

4. The Waves 

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama instagram.com/meena.roohi

Lewat tujuh karakter dalam novelnya, Virginia Woolf mencoba membuat sebuah eksperimen menarik. Ia membaginya menjadi tiga laki-laki dan tiga perempuan yang dihadapkan pada kematian rekan tercinta mereka, Percival. 

Karakter Percival memang tak pernah berdiri sendiri melainkan dibentuk lewat narasi dan pandangan keenam tokoh lainnya. Keenam tokoh tersebut pun punya latar belakang yang berbeda dan menarik satu sama lain, memperluas pandangan pembaca. 

Ada unsur kesehatan mental yang diusung Woolf di novelnya ini. Melampaui zaman dan masih dinikmati pembaca hingga sekarang, novel klasik ini pun masuk dalam salah satu novel Inggris terbaik sepanjang masa berdasarkan polling BBC di tahun 2015 lalu.  

5. Middlemarch 

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama instagram.com/_mazille_

Berlatarkan tahun 1800an di sebuah kota fiktif di tengah Inggris, novel ini merupakan sebuah karya yang sebenarnya belum diselesaikan George Elliot karena banyak hal dalam hidupnya. Jadilah novel ini sebuah kumpulan plot, setidaknya ada empat plot cerita dengan lakon Lydgate, Dorothea, Fred Vincy, dan Nicholas.

Keempatnya punya masalah dan jalan cerita masing-masing yang secara tak langsung bersinggungan. Menarik dan membuka wawasan, sebuah pelopor cerita multikarakter, tetapi disatukan dalam lokasi yang sama. 

6. A Riot of Goldfish

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama instagram.com/sonder_and_sunshine

Beralih dari Barat ke abad 20 di Jepang. Tinggalah seorang lelaki yang berasal dari keluarga miskin. Belajar banyak tentang pemeliharaan ikan dari sang ayah yang penjual ikan mas, ia pun dikontrak untuk bekerja merawat ikan-ikan koleksi seorang pria kaya. 

Semua baik-baik saja, sampai ia jatuh cinta pada putri sang majikan. Cukup singkat, banyak yang menyelesaikan novel klasik ini dalam waktu cepat. Seperti biasa, novel-novel asal Jepang dikemas slow-burn, tetapi penuh dengan pesan tersirat. 

7. Freckles 

7 Novel Klasik Underrated Terbaik Buat Pencinta Period Drama instagram.com/belreads

Bagi penggemar novel klasik romantis, Freckles karya Gene Stratton-Porter bisa dipilih. Lakonnya adalah anak muda yang bekerja menjadi pengawas di sebuah perusahaan kayu. Lokasi beroperasinya perusahaan ini ada di sebuah hutan bernama Limberlost. 

Manis, dibalut kisah cinta yang innocent, kamu yang penasaran dengan ceritanya bisa lanjut ke sekuelnya yang berjudul A Girl of the Limberlost. Kali ini akan fokus pada kehidupan di balik gadis yang mencuri hati sang anak muda. 

Sudah putuskan mau baca novel apa lagi tahun ini? Boleh pilih salah satu dari rekomendasi novel klasik underrated di atas. 

Baca Juga: 8 Novel tentang Negara Berkembang yang Seru Dibaca untuk Buka Wawasan

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya