Comscore Tracker

Berisi Kritik Sosial, Ini 5 Rekomendasi Novel Barat yang Wajib Dibaca

Ada yang sudah dijadikan film, lho!

Ketika berada di rumah, salah satu kegiatan seru yang wajib dicoba adalah membaca novel. Mungkin beberapa orang lebih memilih untuk menonton film atau serial. Namun, mereka yang suka berimajinasi cenderung lebih menyukai membaca novel. Dengan membaca, mereka dapat berkhayal mengenai karakter dalam novel tersebut.

Selain untuk menghibur, sebuah novel juga biasanya terselip amanat atau bahkan kritik sosial yng dituliskan oleh pengarangnya. Bahkan ada beberapa novel yang dibuat khusus untuk mengkritik sistem sosial yang selama ini tidak benar. Seperti halnya kelima novel berikut ini yang kental akan kritik sosial.

1. The Hunger Games

Berisi Kritik Sosial, Ini 5 Rekomendasi Novel Barat yang Wajib Dibacaew.com

Trilogi novel yang ditulis oleh Suzanne Collins ini terbilang sangat populer. Bahkan sampai diadaptasi menjadi sebuah film yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence. Novel ini menceritakan perjuangan Katniss Everdeen untuk bertahan hidup di Distrik 12. Apalagi ia juga harus terlibat dalam sebuah permainan mematikan yang dirancang oleh pemerintah.

Novel ini syarat akan makna revolusi dan pemberontakan. Suzanne Collins menggambarkan bagaimana rakyat yang tertindas oleh pemerintahan dan kekuasaan yang semena-mena. Belum lagi juga terdapat tipu muslihat di dalamnya. Terkadang yang terlihat baik dapat menusuk dari belakang.

2. Divergent

Berisi Kritik Sosial, Ini 5 Rekomendasi Novel Barat yang Wajib Dibacabooks.apple.com

Sama seperti The Hunger Games, novel ini juga sudah diadaptasi menjadi film. Divergent ditulis oleh Veronica Roth. Novel ini bergenre distopia yaitu menggambarkan kehidupan manusia pada masa depan. Dalam Divergent, manusia masuk dalam golongan-golongan tertentu. Apabila mereka tergolong dalam 2 kelompok maka disebut dengan Divergent. Si tokoh utama dalam novel ini yaitu Beatrice Prior termasuk salah satu Divergent.

Ia pun harus segera memutuskan untuk memilih 1 golongan tertentu atau menjadi Divergent yang dapat membahayakan dirinya, Novel ini secara tidak langsung mengkritik adanya perbedaan yang cenderung membawa perpecahan. Padahal pada dasarnya semua manusia itu sama.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadang

3. Anthem

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Berisi Kritik Sosial, Ini 5 Rekomendasi Novel Barat yang Wajib Dibacagoodreads.com

Novel Anthem ditulis oleh Ayn Rand dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1938. Novel ini juga bergenre distopia. Anthem menceritakan bagaimana ketika kehidupan manusia tidak mengenal istilah individu. Semua hal harus dilakukan secara berkelompok. Hal ini yang membuat manusia berada pada Zaman Kegelapan.

Sampai akhirnya terdapat seorang laki-laki yang berani untuk menentang peraturan yang berlaku. Pria yang bernama Equality 7-2521 ini menginginkan adanya individualitas dan juga privasi. Ia juga menemukan kata ‘I’ atau ‘Saya’ yang membuatnya dihukum atas kejahatannya tersebut. Novel ini akan membuatmu mengerti akan pentingnya individualitas.

4. The Hate U Give

Berisi Kritik Sosial, Ini 5 Rekomendasi Novel Barat yang Wajib Dibacatoledolibrary.org

Rasisme terhadap ras kulit hitam selalu tidak ada akhirnya. Sampai sekarang pun mereka masih sering mengalami perlakuan yang tidak adil. Novel yang ditulis oleh Angie Thomas ini berisi tentang kritik akan perbuatan rasisme yang masih mendarah daging hingga sekarang. The Hate U Give juga sudah diadaptasi menjadi film.

Novel ini bercerita tentang Starr Carter yang menjadi saksi atas pembunuhan temannya yang tidak bersalah oleh polisi. Hidup Starr menjadi rumit setelah kejadian tersebut. Mengingat dia juga bersekolah yang mayoritas berisi orang kulit putih. Novel ini sangat relevan untuk dibaca sekarang apalagi dengan situasi yang sempat terjadi di Amerika.

5. The Book Thief

Berisi Kritik Sosial, Ini 5 Rekomendasi Novel Barat yang Wajib Dibacagoodreads.com

The Book Thief ditulis oleh Markus Zusak dan diterbitkan pada tahun 2005 lalu. Novel yang juga sudah dibuat menjadi film ini bergenre fiksi sejarah. Cerita dalam novel ini berlatar saat terjadinya Perang Dunia II. The Book Thief berfokus pada gadis muda bernama Lieser Meminger yang pindah ke panti asuhan di Jerman.

Lieser menemukan kecintaannya pada buku yang membuatnya sampai mencuri buku. Namun hidupnya harus dihantui oleh rezim Nazi. Banyak kejadian yang menimpanya. Mulai dari sang ayah yang dicurigai sebagai komunis sampai bersahabat dengan orang Yahudi yang saat itu paling dicari oleh tentara Nazi. Novel ini terbilang sangat layak untuk dibaca.

Itulah lima novel barat yang berisi tentang kritik sosial. Kira-kira dari 5 novel di atas, adakah yang sudah kamu baca sampai habis?

Baca Juga: 6 Buku Fiksi Fantasi Ini Meraih Predikat Buku Terlaris, Ada Favoritmu?

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya