7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmu

Gak selalu jahat, kok!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyihir seringkali digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan baik dalam film dan buku. Penyihir dianggap sebagai pembawa masalah. Mengingat pernah terjadinya tragedi Pengadilan Penyihir Salem yang memakan korban jiwa. Yakni penyiksaan pada orang-orang yang dianggap sebagai penyihir.

Meski sering digambarkan sebagai antagonis, sebenarnya ada cukup banyak buku-buku yang menggambarkan penyihir dengan karakter yang berbeda. Seperti ketujuh buku berikut ini yang nantinya akan mengubah pandanganmu terhadap penyihir.

1. Witches, Midwives, & Nurses

7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmuamazon.com

Witches, Midwives, & Nurse merupakan buku karangan Barbara Ehrenreich yang diterbitkan pada tahun1971 lalu. Buku ini berisi tentang serba-serbi pengobatan dan bagaimana sejarah munculnya perawat perempuan. Pada saat itu perempuan yang dapat mengobati seseorang dianggap sebagai penyihir dan seringkali ditangkap dan diadili.

Buku ini juga menuliskan tentang sistem patriarki yang merugikan para perempuan. Ditambah adanya korup dan monopoli dalam bidang pengobatan.

2. Witches of America

7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmuamazon.com

Diterbitkan pada tahun 2015, Witches of America merupakan buku autobiografi yang ditulis oleh Alex Mar. Ia menulis buku ini setelah bertahun-tahun melakukan penelitian terhadap hal mistis terutama penyihir. Banyak sekali hal menarik yang ditulis oleh Alex mengenai kehidupan penyihir dalam bukunya tersebut. Meski cukup menuai pro dan kontra mengenai kredibilitas isi buku ini, buku ini sendiri mungkin dapat menjadi gambaran untuk mengetahui seperti apa penyihir di kehidupan nyata itu.

3. The Green Witch

7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmuamazon.com

Pernah gak sih kamu berkeinginan untuk menjadi seorang penyihir? Ternyata kamu bisa menjadi penyihir tanpa harus memiliki kekuatan sihir. The Green Witch merupakan buku panduan untuk menjadi penyihir yang dapat memanfaatkan tanaman-tanaman di sekitarmu. Dengan membaca buku ini kamu dapat mengetahui manfaat dari berbagai macam tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Baca Juga: 6 Buku Fiksi Fantasi Ini Meraih Predikat Buku Terlaris, Ada Favoritmu?

4. We Were Witches

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmuamazon.com

Manusia sering menggambarkan penyihir sebagai sosok yang jahat. Padahal tanpa sadar kita sendiri juga menjadi bagian di dalamnya. Terkadang manusia bisa sejahat penyihir. Hal ini coba dituliskan oleh Ariel Gore dalam novelnya yang berjudul We Were Witches.

Ariel menuliskan bahwa sifat manusia yang terlalu gampang menghakimi membuat mereka sama jahatnya dengan penyihir. Novel ini sendiri bercerita tentang ibu muda satu anak yang belajar tentang dunia kepenyihiran. Banyak sekali pesan terselubung dalam novel ini yang akan mengubah pandanganmu.

5. Akata Witch

7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmuamazon.com

Ditulis oleh Nnedi Okorafor, Akata Witch merupakan novel fantasi yang dirilis pada tahun 2011. Novel ini terkadang juga disebut sebagai Harry Potter versi Nigeria. Akata Witch menceritakan tentang remaja berusia 12 tahun bernama Sunny yang ternyata memiliki kekuatan sihir. Bersama ketiga temannya dia mencoba mengendalikan dirinya. Buku ini menggambarkan bahwa tidak selamanya penyihir selalu jahat.

6. Literary Witches

7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmuamazon.com

Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari Taisia Kitaiskaia dan Katy Horan. Literary Witches berisi tentang 30 pengarang yang menganggap dirinya sebagai seorang penyihir lantas menuliskan tentang pemikirannya dalam buku tersebut. Ada banyak sekali hal yang dibahas, mulai dari radikalisme hingga sejarah penyihir di dunia barat.

7. Basic Witches

7 Buku Keren Tentang Penyihir yang akan Mengubah Pandanganmuamazon.com

Tentu menyenangkan saat kita bisa mengatasi masalah yang ada dengan berbekal tongkat sihir dan mantra. Kira-kira seperti itu isi yang terkandung dalam buku ini. Basic Witches berisi tentang sugesti-sugesti bahwa kamu bisa bahwa menyelesaikan problem yang ada dengan mantra-mantra yang ditulis oleh Jaya Saxena dan Jess Zimmerman. Buku ini juga berisi tentang sejarah berkembangnya penyihir.

Nah, itulah tujuh buku yang sekiranya dapat mengubah pandanganmu mengenai penyihir. Tertarik untuk membacanya?

Baca Juga: 7 Judul Buku yang Laris Manis Gara-gara Idol KPop. Sudah Baca?

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya