11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparks

Cocok untuk mengisi akhir pekanmu!

Nama Nicholas Sparks mungkin bukan nama yang asing bagi pecinta novel dengan genre romantis. Nicholas Sparks mulai menulis novelnya sendiri pada tahun 1985 namun karirnya sebagai novelis baru dimulai sejak 1996 saat dia bertemu dengan seorang agen bernama Theresa Park dan novel pertamanya-pun terbit dan langsung menempati daftar New York Times Bestseller.

Novel-novel Nicholas Sparks seringkali diadaptasi menjadi film. Dari total 20 novel yang pernah diterbitkannya, ada 11 judul yang telah diadaptasi ke layar lebar. Apa saja? Mari simak di bawah ini.

1. Message in a Bottle (1999)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparksid.pinterest.com

Film Message in a Bottle yang tayang perdana pada 12 Februari 1999 ini merupakan film pertama yang diadaptasi dari novel romantis karya Nicholas Sparks. Novelnya sendiri terbit pada tahun April 1998 dan merupakan novel kedua Nicholas Sparks.

Film ini bercerita tentang Garrett (diperankan oleh Kevin Costner) yang menulis surat yang kemudian dimasukkan ke dalam botol untuk mendiang istrinya. Lalu botol berisi surat tersebut ditemukan oleh Theresa (diperankan oleh Robin Wright).

Film yang disutradarai oleh Luis Mandoki ini mendapatkan ulasan negatif, hanya mendapatkan 32% di situs Rotten Tomatoes. Film ini bahkan membuat Kevin Costner mendapatkan nominasi Worst Actor di ajang penghargaan Stinkers Bad Movie Awards tahun 1999 dan Golden Raspberry Awards tahun 2000.

Namun, meskipun mendapatkan rating yang buruk, film ini mendapatkan nominasi Favorite ActorFavorite ActressFavorite Supporting Actor, dan Favorite Supporting Actress semuanya di dalam ajang penghargaan Blockbuster Entertainment Awards.

2. A Walk to Remember (2002)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparkstwitter.com

Film A Walk to Remember ini tayang pada 25 Januari 2002, sedangkan novelnya sendiri terbit pada Oktober 1999, menempati daftar bestseller selama 10 bulan. Terdapat perbedaan besar antara film dan novel, yaitu setting waktu, yang tadinya di tahun 1950an, di film berubah menjadi 1990an, hal ini dikarenakan produser film ingin membuat ceritanya lebih modern.

Film ini dibintangi oleh Mandy Moore sebagai Jamie dan Shane West sebagai Landon. Menceritakan Jamie, seorang anak pendeta yang kemudian jatuh cinta dengan anak populer di sekolahnya bernama Landon. Nicholas Sparks mengakui bahwa karakter Jamie terinspirasi oleh adik kandungnya yang meninggal karena kanker.

Baik Mandy Moore dan Shane West, keduanya berkontribusi dalam original soundtrack untuk film ini dengan Mandy Moore menyanyikan lagu CrySomeday We'll KnowOnly Hope, dan It's Gonna Be Love. Sedangkan Shane West dengan lagu So What Does it All Mean.

Film ini memenangkan Best Breakthrough Female Performance di ajang MTV Movie Awards, Choice Movie: Breakout Actress dan Choice Movie: Chemistry di ajang Teen Choice Awards.

3. The Notebook (2004)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparkswarnerbros.it

The Notebook adalah novel pertama yang diterbitkan oleh Nicholas Sparks pada Oktober 1996 dan langsung menempati daftar New York Times Bestseller setelah seminggu terbit. Nicholas Sparks menyatakan bahwa inti cerita dari The Notebook terinspirasi dari kakek dan nenek dari istrinya, yang pada saat pertama kali bertemu dengan mereka, mereka telah menikah selama 60 tahun.

Adaptasi filmnya sendiri tayang pada tahun 2004 yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Rachel McAdams. Film ini menceritakan tentang Allie dan Noah yang jatuh cinta satu sama lain namun terhalang oleh status mereka yang berbeda.

The Notebook meraih kesuksesan di box office dengan menghasilkan pendapatan sebanyak 115 juta Dollar dan juga mendapatkan 17 nominasi yang tersebar di 6 ajang penghargaan yaitu Golden Trailer Awards, Teen Choice Awards 2004 dan 2005, Artios Awards, Golden Satellite Awards, Screen Actors Guild Awards, dan MTV Movie Awards. Dari 17 nominasi tersebut, The Notebook berhasil memenangkan 10.

Baca Juga: 5 Alasan Novel 'I am Sarahza' Milik Hanum Rais Wajib Kamu Baca

4. Nights in Rodanthe (2008)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparkshomesecurity.press

Nights in Rodanthe mengisahkan tentang Adrianne, seorang ibu tunggal yang bertemu dengan seorang ayah tunggal bernama Paul di sebuah penginapan dekat pantai di Rodanthe hingga keduanya merasakan nyaman dengan satu sama lain.

Film ini dirilis pada 26 September 2008, sedangkan novelnya terbit pada September 2002. Karakter dari Adrianne diperankan oleh Diane Lane dan karakter dari Paul diperankan oleh Richard Gere.

Film ini masuk ke dalam nominasi Best Grownup Love Story pada ajang penghargaan AARP Movies for Grownups Awards.

5. Dear John (2010)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparksid.pinterest.com

Film Dear John dibintangi oleh Channing Tatum sebagai John dan Amanda Seyfried sebagai Savannah. Menceritakan tentang Savannah dan John yang jatuh cinta satu sama lain namun John yang merupakan seorang tentara harus berada jauh dari Savannah sehingga mereka mengirimkan surat sebagai bentuk komunikasi mereka.

Film ini rilis pada 5 Februari 2010 sedangkan novelnya terbit pada Oktober 2006. Novel ini diakui Nicholas Sparks terinspirasi oleh sepupunya yang bernama Todd Vance.

Amanda Seyfried juga turut mengisi original soundtrack dengan menyanyikan lagu berjudul Little House. Selain itu, film ini juga mendapatkan 11 nominasi yang tersebar di 5 ajang penghargaan yaitu MTV Movie AwardsTeen Choice AwardsPeople's Choice AwardsASCAP Film and Television Music Awards, dan CinEuphoria Awards.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

6. The Last Song (2010)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparksbr.pinterest.com

Berbeda dengan karyanya yang lain, The Last Song adalah novel pertama yang diselesaikan Nicholas Sparks setelah menyelesaikan naskah filmnya. Novel The Last Song terbit pada September 2009 sedangkan filmnya rilis pada tahun 2010. Film The Last Song juga sekaligus menjadi film pertama yang naskah filmnya ditulis oleh Nicholas Sparks.

Film ini dibintangi oleh Miley Cyrus sebagai Ronnie dan Liam Hemsworth sebagai Will. Selain membintangi film ini, Miley Cyrus juga turut mengisi original soundtrack dengan menyanyikan lagu berjudul When I Look at You dan I Hope You Find It.

Berbagai macam nominasi didapatkan oleh film ini yaitu berjumlah sebanyak 13 nominasi di 4 ajang penghargaan seperti Teen Choice AwardsKids' Choice AwardsGolden Raspberry Awards, dan Nickelodeon Australian Kids' Choice Awards.

7. The Lucky One (2012)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparkstopsimages.com

The Lucky One rilis pada 20 April 2012, sedangkan novelnya terbit pada September 2008. Film ini dibintangi oleh Zac Efron sebagai Logan dan Taylor Schilling sebagai Beth. Film ini bercerita tentang Logan yang merupakan bekas tentara yang selamat dari ledakan dan menemukan sebuah foto seorang perempuan dan berasumsi bahwa foto tersebut pembawa keberuntungan lalu memutuskan untuk mencari perempuan di dalam foto tersebut.

Film yang disutradarai oleh Scott Hicks ini berhasil masuk ke dalam 12 nominasi di 4 ajang penghargaan yang berbeda yaitu Golden Trailer AwardsTeen Choice AwardsPeople's Choice Awards, dan Young Artist Awards.

8. Safe Haven (2013)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparksbigfanboy.com

Film Safe Haven rilis pada Hari Valentine tahun 2013, sedangkan novelnya terbit pada September 2010. Film ini dibintangi oleh Josh Duhamel sebagai Alex dan Julianne Hough sebagai Katie.

Menceritakan Katie yang kabur dari suaminya yang kasar dan kemudian bertemu dengan Alex, seorang ayah tunggal dengan 2 anak. Masa lalu mereka yang buruk membuat mereka merasakan kenyamanan saat bersama satu sama lain.

Film ini masuk ke dalam nominasi Choice Movie: Romance pada ajang penghargaan Teen Choice Awards. Selain itu, film ini juga membuat aktris cilik Mimi Kirkland yang berperan sebagai salah satu anak dari Alex mendapatkan nominasi Best Supporting Young Actress in a Feature Film pada ajang penghargaan Young Artist Awards.

9. The Best of Me (2014)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparkstvafterdark.com

Film The Best of Me yang disutradarai oleh Michael Hoffman ini rilis pada 17 Oktober 2014, sedangkan novelnya terbit pada Oktober 2011. Novel The Best of Me menempati peringkat 2 dari daftar Top 10 secara keseluruhan di Publishers Weekly.

Film ini dibintangi oleh James Marsden sebagai Dawson dan Michelle Monagham sebagai Amanda. Sementara Luke Bracey dan Liana Liberato memerankan versi muda dari karakter mereka berdua.

Film ini menceritakan Dawson dan Amanda yang merupakan sepasang kekasih saat SMA yang kemudian berpisah dan akhirnya dipertemukan kembali saat mereka berdua dewasa. Keduanya merupakan cinta pertama satu sama lain.

10. The Longest Ride (2015)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparkscineman.ch

Film The Longest Ride yang disutradarai oleh George Tillman Jr. ini rilis pada 10 April 2015, sedangkan novelnya terbit pada September 2013.

The Longest Ride dibintangi oleh Scott Eastwood sebagai Luke dan Britt Robertson sebagai Sophia. Scott Eastwood memenangkan nominasi Choice Movie Actor: Drama pada ajang penghargaan Teen Choice Awards.

Selain itu, film ini juga mendapatkan nominasi Choice Movie: DramaChoice Movie Actress: Drama, dan Choice Movie: Breakout Star di ajang Teen Choice Awards dan nominasi Favorite Dramatic Movie pada ajang People's Choice Awards.

11. The Choice (2016)

11 Film Romantis Adaptasi dari Novel Nicholas Sparkspinterest.ca

Novel Nicholas Sparks berjudul The Choice ini terbit pada September 2007. Mengisahkan tentang Travis seorang dokter hewan yang jatuh cinta pada tetangga barunya bernama Gabby yang merupakan seorang mahasiswi kedokteran.

Adaptasi film dari novel ini rilis pada 5 Februari 2016 dengan dibintangi oleh Benjamin Walker sebagai Travis dan Teresa Palmer sebagai Gabby.

Itulah 11 film romantis yang diadaptasi dari novel karya Nicholas Sparks. Yang mana yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Novel Wattpad Romantis Ini Segera Difilmkan Tahun 2019, Siap Baper?

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya