Comscore Tracker

Tidak Melulu Harry potter, 5 Novel Ini Juga Bertema Dunia Sihir

Sudah pernah baca "Half Bad"?

Siapa sih yang tidak kenal novel fantasi berjudul Harry Potter? Pasti semua orang kenal dengan novel tersebut, atau paling tidak pernah mendengar nama novel tersebut. Melegenda dengan menghadirkan kisah dunia sihir, ternyata novel Harry Potter tidak sendirian. Masih ada novel lain yang juga sama-sama menghadirkan kisah dunia sihir. Apa saja novelnya?

1. Charlie Bone

Tidak Melulu Harry potter, 5 Novel Ini Juga Bertema Dunia SihirTwitter.com/blooodyblunts

Novel ini ditulis oleh seorang penulis asal Britania Raya bernama Jenny Nimmo. Sama seperti Harry Potter, novel ini juga berseri dengan seri pertamanya berjudul Midnight For Charlie Bone yang diterbitkan pada tahun 2002.

Novel ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Charlie Bone yang memiliki kemampuan bisa mendengar suara-suara dari dalam foto. Karena bakat tersebut dia dikirim ke Bloor Academy, sekolah khusus untuk anak yang mempunyai kemampuan istimewa. Dari sinilah keseruan kisahnya dimulai. Novel ini mendapatkan banyak komentar positif dari para pembacanya.

2. Half Bad

Tidak Melulu Harry potter, 5 Novel Ini Juga Bertema Dunia SihirTwitter.com/celinereads

Nathan Byrn tumbuh di kalangan para penyihir putih. Namun, dia mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan sampai-sampai dia harus mengalami kurungan dan siksaan. Perlahan dia mengetahui mengapa dia diperlakukan seperti itu karena dia merupakan penyihir berdarah campuran antara penyihir putih dan penyihir hitam.

Novel ini merupakan serial pertama dari novel trilogy Half Life karya Sally Green. Novel ini publish pertama kali pada tahun 2014 dan menjadi debut sang penulis. Perlu diingat bahwa genre novel ini adalah young adult fantasy, sehingga tidak disarankan untuk dibaca oleh anak kecil.

3. The Last Dragonslayer

Tidak Melulu Harry potter, 5 Novel Ini Juga Bertema Dunia SihirInstagram.com/mizanfantasi

Novel karangan Jasper Fforde ini menceritakan kisah seorang anak magang yang tiba-tiba mendapatkan tugas berat berkaitan dengan dunia sihir. Jika di novel lain para penyihir memegang peranan penting dalam kehidupan, para penyihir di novel ini justru tidak dianggap memiliki peranan penting lagi karena teknologi modern telah mengalahkan kemampuan mereka.

Kisah dunia sihir di novel ini disajikan dengan bumbu-bumbu humor yang bagus. Sehingga, pembaca akan merasakan sensasi yang berbeda ketika membaca novel ini. Novel yang dipublikasikan pertama kali pada tahun 2010 sudah diterbitkan dalam bahasa Indonesia loh.

Baca Juga: 10 Quotes Romantis dari Novel Referensi Ide Status Media Sosial

4. The Magic Thief

Tidak Melulu Harry potter, 5 Novel Ini Juga Bertema Dunia SihirTwitter.com/VernonLibrary

The Magic Thief merupakan novel fantasi terbitan tahun 2008 yang ditulis oleh seorang penulis asal Amerika bernama Sarah Prineas. Novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama dengan karakter utamanya adalah sosok pencuri cilik bernama Connwaer. Suatu hari dia mencuri sebuah benda milik seorang penyihir. Harusnya Connwaer mati karena telah mencuri benda tersebut, tetapi dia justru tetap hidup. Kejadian yang tidak pernah diduga Connwaer sebelumnya pun terjadi.

Novel ini memiliki sekuel, antara lain : The Magic Thief : Lost yang diterbitkan pada tahun 2009, kemudian disusul The Magic Thief : Found yang diterbitkan pada tahun 2010 dan yang terakhir adalah The Magic Thief : Home yang diterbitkan pada tahun 2014.

5. The Witches

Tidak Melulu Harry potter, 5 Novel Ini Juga Bertema Dunia SihirTwitter.com/AtaxiaUK

Novel ini menceritakan kisah seorang anak laki-laki yang tinggal hanya bersama neneknya. Neneknya memiliki banyak pengetahuan mengenai sosok penyihir. Penyihir dalam novel ini diceritakan sebagai sosok yang kejam, membenci anak-anak, dan sulit dilacak keberadaannya.

Novel ini ditulis oleh seorang penulis asal Britania Raya bernama Roald Dahl. Novel ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1983. Meskipun novel ini pernah menimbulkan kontroversi, novel ini tetap banyak mendapatkan tanggapan positif dari para pembacanya. Novel ini juga pernah memenangkan ajang penghargaan Whitbread Awards tahun 1983 dalam kategori Children’s Book.

Dari kelima novel di atas, mana yang sudah pernah kamu baca?

Baca Juga: 9 Novel tentang Kesehatan Mental dengan Lakon Anak Muda 

Delcalf Summer Photo Writer Delcalf Summer

penyuka novel, film, coldplay, dan gemar menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya