Comscore Tracker

5 Karya Charles Dickens yang Mengagumkan, Penggiat Sastra Wajib Tahu!

Ia adalah seorang penulis besar di era Victoria

Mempelajari karya sastra klasik rasanya belum lengkap tanpa Charles Dickens. Penulis sekaligus kritikus sosial ini lahir dan meninggal di Britania Raya ratusan tahun yang lalu. Meski begitu, karyanya abadi dan masih tetap dibaca ribuan orang hingga kini.

Berikut beberapa novel Dickens yang wajib jadi bacaan untuk kamu anak sastra atau penggiat sastra.

1. A Christmas Carol

5 Karya Charles Dickens yang Mengagumkan, Penggiat Sastra Wajib Tahu!pexels.com/Nadi Lindsay

Novel yang terbit pada tahun 1843 ini sama seperti novel Dickens lainnya, merupakan sebuah kritik sosial. Ebenezer Scrooge sebagai tokoh protagonis utama di dalam novel ini ialah seorang yang benci terhadap perayaan Natal, melalui Scrooge-lah Dickens menyampaikan banyak pesan kepada para pembaca setianya. Mulai dari kemurahan hati, kebaikan, dan sikap toleransi.

Selain itu, di novel ini Dickens juga mencoba menyampaikan tentang bagaimana sebuah pengalaman masa lalu dapat membekas dan membentuk seseorang. Novel ini cocok dibaca jika kamu memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.

2. Oliver Twist

5 Karya Charles Dickens yang Mengagumkan, Penggiat Sastra Wajib Tahu!unsplash.com/Cristina Gottardi

Novel yang terbit pada tahun 1837-1839 ini berkisah tentang perjuangan seorang anak lelaki bernama Oliver, yang lahir di sebuah rumah tinggal yang dikhususkan untuk orang miskin, tapi sebagai penggantinya ia harus bekerja keras demi 'membayar' tempat tinggal tersebut.

Di dalam Oliver Twist, Dickens mencoba menyampaikan kekhawatirannya tentang dampak kemiskinan, sekaligus mengkritisi sistem yang ada di Inggris pada saat itu. Sebagai pembaca, dijamin perasaanmu akan dibuat campur aduk ketika membaca novel ini.

Baca Juga: 5 Pelajaran Romansa yang Bisa Kita Petik dari Karya Sastra Terkenal

3. A Tale of Two Cities

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Karya Charles Dickens yang Mengagumkan, Penggiat Sastra Wajib Tahu!pexels.com/Lisa Fotios

Novel yang diterbitkan tahun 1859 ini berlatar belakang Revolusi Prancis. Berisi tentang cerita pengorbanan orang-orang di dua kota besar Eropa (London dan Paris). Cocok banget buat kamu pecinta karya sastra yang kaya akan unsur sejarah.

Novel ini adalah salah satu novel yang sangat menarik untuk dibaca karena memiliki jalan cerita yang mudah difahami namun tetap berisi pesan yang mampu membuat pembaca merasa emosional.

4. Great Expectations

5 Karya Charles Dickens yang Mengagumkan, Penggiat Sastra Wajib Tahu!pexels.com/Suzy Hazelwood

Great Expectations merupakan novel ke-13 Charles Dickens yang terbit pada tahun 1861. Great Expectations bercerita mengenai kehidupan seorang anak bernama Pip. Anak desa yang mendapat keberuntungan lalu pindah ke London dan menjadi masyarakat kelas atas.

Di novel ini Dickens banyak menyampaikan tentang ketidaksetaraan antara berbagai kelas di Inggris pada saat itu. Novel ini banyak menyampaikan tentang keadaan alami seorang manusia yang bisa berubah, yang mana kita sebagai pembaca akan terhanyut di dalamnya.

5. The Pickwick Papers

5 Karya Charles Dickens yang Mengagumkan, Penggiat Sastra Wajib Tahu!unsplash.com/Fallon Michael

Novel ini pertama terbit tahun 1836. Berlatarkan pedesaan Inggris zaman klasik, Dickens menggambarkan perjalanan sekelompok petualang asal London dengan sangat memukau.

Setiap detail perjalanan diceritakan dengan sangat jelas, membuat pembaca semakin tidak ingin melepas buku di genggaman. Meski sedikit berbeda dengan novel Dickens lainnya, namun The Pickwick Papers bisa jadi awal yang baik jika kamu ingin mendalami karya Dickens lainnya.

Itu dia 5 karya mengagumkan dari penulis terkenal Inggris, Charles Dickens. Kira-kira kamu tertarik buat baca yang mana?

Baca Juga: 5 Novel Indonesia yang Harus Kamu Baca sebelum Menginjak Usia 30!

Naurah Nazifah Photo Writer Naurah Nazifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya