Comscore Tracker

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema Mitologi

Ada mitologi Yunani, Romawi, Nordik, Mesir, dan lainnya lho

Genre fantasi selalu punya sisi menarik tersendiri bagi penikmatnya. Sihir, dunia baru, makhluk aneh, dan hal-hal mustahil lain di dalamnya, seperti gak habis-habis untuk diulik.

Nah, tema novel fantasi yang sering dieksplor para novelis dan memiliki banyak peminat adalah mitologi. Novel-novel fantasi bertema mitologi apa saja yang wajib kamu baca? Check this out!

1. Percy Jackson and the Olympians

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Judul novel fantasi pertama yang terbersit saat mendengar kata mitologi tentu saja Percy Jackson. Karangan Rick Riordan ini bisa dibilang perintis kepopuleran tema mitologi dalam genre novel fantasi.

Berkisah tentang Percy si putra Poseidan, novel pentalogi ini mengambil fokus mitologi Yunani. Hal yang membuat novel ini menarik ialah cara pemasukan unsur mitologi itu sendiri. Hal-hal seperti dewa, minotaurus, medusa, dan cerberus, digambarkan hidup di zaman modern namun tidak diketahui manusia, kecuali para keturunan dewa. Recommended banget pokoknya, deh!

2. The Heroes of Olympus

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Setelah sukses dengan Percy Jackson and the Olympians, Rick Riordan melanjutkan dengan pentalogi lain: The Heroes of Olympus. Ini merupakan pengembangan cerita dari kisah sebelumnya.

Jika di seri sebelumnya mitologi yang diangkat hanya Yunani, di sini terdapat tambahan mitologi Romawi. Semakin seru lagi kisahnya, dong, karena antara keduanya ada keterkaitan. Tak hanya itu, kemunculan tokoh utama lain dari pihak Romawi yakni Jason dan kawan-kawannya, menambah konflik cerita menjadi kompleks.

3. The Trials of Apollo

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Rick Riordan belum selesai dengan mitologi Yunani dan Romawi lewat Percy dan Jason. Ia kembali mengangkat mitologi tersebut dalam pentalogi The Trials of Apollo. Berbeda dengan dua seri sebelumnya, kali ini pembaca dibawa masuk ke dalam sudut pandang seorang dewa matahari, Apollo.

Pemilihan point of view yang berbeda menghadirkan rasa yang lain pula. Tak hanya itu, makhluk-makhluk mitologi yang muncul pun makin beragam. Kita seperti diajak mempelajari mitologi Yunani dengan cara menyenangkan.

Baca Juga: Pengin Baca Buku Sastra, 7 Buku Ini Bisa jadi Rekomendasi Buatmu

4. The Kane Chronicles

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Tak puas dengan dua mitologi yang umum dibahas di dunia, Rick Riordan memunculkan seri berikutnya: The Kane Chronicles. Sebuah trilogi novel yang mengangkat mitologi Mesir. Ya, dewa-dewi seperti Ra, Osiris, Isis, serta penyihir-penyihir hadir di sini.

Masih dengan konsep penghadiran dunia mitologi dalam dunia modern, kisah ini diceritakan dengan apik. Hal-hal dari mitologi Mesir diulik sedemikian rupa dengan cara menakjubkan. Sungguh, kalian akan menyesal kalau tidak membacanya!

5. Aru Shah and the End of Time

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Novel berikutnya datang dari Roshani Chokshi. Ini merupakan novel bertema mitologi Hindu. Betul sekali, di sini para Pandawa, Hanoman, dewa-dewa seperti Indra, Bayu, dan selainnya muncul.

Meskipun penulis Aru Shah and the End of Time bukanlah Rick Riordan, namun buku ini masuk dalam Rick Riordan Present--wadah yang disediakan Riordan untuk menerbitkan segala novel bertema mitologi. Cuss, langsung saja baca kisah Aru Shah, keturunan Arjuna ini, ya!

6. Magnus Chase & the Gods of Asgard

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Ada yang tidak asing dengan marga Chase? Itu merupakan marga yang dipunyai juga oleh Annabeth, tokoh utama selain Percy Jackson dalam novel Rick Riordan. Lantas, siapakah Magnus Chase?

Magnus merupakan saudara jauh Annabeth, yang ternyata juga seorang keturunan dewa. Dalam novel ini diceritakan bahwa dia keturunan salah seorang dewa Nordik. Ya, Magnus Chase and the Gods of Asgard menghadirkan mitologi Nordik dalam dunia fantasi. Eitss, jangan samakan dewa Nordik di sini dengan di film-film Hollywood, ya. Mereka sangat berbeda, terutama Thor. Di sini dia tukang kentut!

7. Storm Runner

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Mitologi selanjutnya yang diangkat dalam novel adalah mitologi Maya dan Aztek. Jennifer Cervantes di bawah naungan Rick Riordan Present menyuguhkannya dalam judul Storm Runner.

Seri trilogi ini meluncurkan novel pertamanya pada September 2018 lalu dan novel kedua pada September 2019. Penasaran bagaimana mitologi Maya dan Aztek diceritakan di sini? Let's buy it, yuys!

8. Sal & Gabi

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Kembali novel mitologi ini berasal dari Rick Riordan Present. Ditulis oleh Carlos Hernandez, seri ini mengisahkan tentang Cuban mythology. Wah, mitologi mana lagi, tuh? Ini merupakan mitologi yang berasal dari daerah Kuba, sebuah negara di Kepulauan Karibia.

Dalam novel ini, Carlos memilih Miami, Florida sebagai latar utama. Seperti karya-karya lain Rick Riordan Present, Sal & Gabi memasukkan unsur mitologi dengan cara multiverse.

9. Tristan Strong

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Kwame Mbaliia menjadi penulis Rick Riordan Present selanjutnya. Dia membawa mitologi Afrika Barat dan Afrika-Amerika ke dalam dunia fantasi melalui seri Tristan Strong. Seri ini merilis buku pertamanya pada 15 Oktober 2019 lalu.

Tristan Strong, sang tokoh utama, dalam novel pertama ini dikisahkan terseret lubang yang dibuatnya sendiri menuju Midpass. Itu merupakan dunia tempat para dewa Afrika kuno berselisih dengan para dewa legenda Afrika-Amerika.

Tristan harus untuk menemukan Anansi, Sang Penenun, dan memperbaiki sobekan sebelum monster-monster besi mendatangkan malapetaka di Midpass dan menghancurkan kedua dunia. Bagaimana kisahnya? Baca dalam bukunya, ya!

10. Dragon Pearl

Suka Genre Fantasi? Ini 10 Rekomendasi Novel Tema MitologiRiordan.fandom.com

Terakhir kita punya novel tunggal dalam Rick Riordan Present. Lain dengan judul-judul sebelumnya yang merupakan seri, Dragon Pearl merupakan novel tunggal yang membahas mitologi Korea.

Yoon Ha Lee, sang penulis, membawakan mitologi dengan cara yang unik. Rick Riordan sendiri mengatakan bahwa Dragon Pearl tidak seperti buku lain dalam Rick Riordan Present. Ini seperti Star Wars yang dikombinasikam dengan mitologi Korea; lebih baik. Wah, seperti apa ya, jalan cerita novel sci-fi mythology ini?

Bagaimana, guys? Sudah pernah baca judul-judul di atas belum? Kalau belum, berarti kamu belum menjadi pencinta fantasi sejati. Segera beli dan baca!

Baca Juga: Gemar Membaca Buku? Berikut 9 Rekomendasi Genre Buku Terkenal Untukmu

Daman huri Photo Verified Writer Daman huri

Seorang awam dalam dunia tulis menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya