Comscore Tracker

5 Rekomendasi Novel untuk Dibaca Weekend Nanti

Akhir bulan, mending habiskan waktu dengan baca novel!

Banyak orang beranggapan novel itu bacaan picisan, padahal gak juga. Dari novel, imajinasi kita lebih terbuka. Perasaan pun jadi lebih lembut, mengikuti perasaan tokoh di dalamnya. Gak jarang, di dalam novel kita menemukan informasi yang belum diketahui. Jelas, dong, novel juga ditulis berdasarkan riset sana-sini, gak hanya asal tulis. 

Nah, berikut ini adalah daftar novel ringan yang cocok untuk menemani akhir pekanmu nanti!

1. Love Theft by Prisca Primasari

5 Rekomendasi Novel untuk Dibaca Weekend NantiDok. Pribadi

Novel ini menceritakan tentang Frea, mahasiswi yang sedang cuti kuliah dan Kelompok Arthropods, kelompok pencuri harta orang-orang kaya. Kelompok Arthropods ini diketuai Paman Frea sendiri, membuat Frea jadi dekat dengan dua pencuri unggulan Arthropods: Night dan Liquor.

Petualangan Frea dengan Night dan Liquor dimulai layaknya Robinhood, hingga mereka mencuri harta dari orang yang salah. Mereka terbawa masalah besar yang cukup bikin Frea stress juga.

Novel ini benar-benar menarik untuk diikuti karena premisnya yang gak biasa dan sangat berbeda dengan novel lainnya. Anti-hero di novel ini juga terkesan manusiawi.

2. All The Bright Places by Jennifer Niven

5 Rekomendasi Novel untuk Dibaca Weekend NantiDok. Pribadi

Novel ini menceritakan tentang seorang anak bernama Finch yang berniat bunuh diri dengan lompat dari ketinggian di sekolah mereka, tetapi tanpa sengaja dia bertemu dengan Violet di tempat yang sama.

Banyak orang beranggapan Violet lah yang menyelamatkan Finch, padahal justru Finch yang menyelamatkan Violet. 

Keduanya kemudian dipertemukan di sebuah tugas geografi yang membuat keduanya harus sering bertemu dalam proyek mereka hingga keduanya menjadi dekat.

Finch yang dijuluki 'anak aneh' di sekolah pun membuat Violet merasa nyaman ada di dekatnya, walau terkadang mereka bertengkar karena beberapa hal.

Plot twist di novel ini cukup membuat kaget dan sedih--ups, spoiler!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Novel Drama Keluarga yang Ceritanya Nyesek, Wajib Baca! 

3. Momiji by Orizuka

5 Rekomendasi Novel untuk Dibaca Weekend NantiDok. Pribadi

Patriot Bela Negara alias Pabel ingin sekali pergi ke Jepang dan menemukan kekasih yang nyaris sempurna, yang di Jepang disebut sebagai Yamato Nadeshiko.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Pabel yang dibully karena namanya yang terlalu nasionalis, mulai belajar bahasa Jepang dan segala sesuatu tentang Jepang hingga ia berhasil pergi ke Negeri Sakura itu. 

Di Jepang, Pabel tinggal di rumah inang yang memiliki seorang anak perempuan cantik bernama Momiji. Tapi, siapa sangka Momiji ini ternyata adalah yankee--alias, preman remaja?

Novel ini benar-benar lucu. Karya Orizuka yang satu ini bahkan sudah dibuat versi Webtoon-nya. 

4. Tentang Kamu by Tere Liye

5 Rekomendasi Novel untuk Dibaca Weekend NantiDok. Pribadi

"Tentang Kamu" menceritakan sebuah pencarian ahli waris seorang wanita bernama Sri Ningsih yang diduga tak memiliki keluarga.

Sri Ningsih memiliki saham sebesar 1 persen di sebuah perusahaan multinasional. Saham tersebut sebesar triliunan Rupiah dan Zaman, seorang laki-laki yang bekerja di firma hukum di London harus mencari ahli waris Sri Ningsih.

Masalahnya, informasi tentang Sri Ningsih benar-benar minim. Bagaimana kisah selanjutnya? 

Tere Liye berhasil mengajak pembacanya untuk 'berjalan-jalan' mengikuti Zaman mencari ahli waris Sri Ningsih. Petualangan yang dramatis pun membuat pembaca terlarut di dalamnya.

Buku ini cukup tebal, tetapi tetap cocok untuk dibaca di waktu senggang.

5. You are The Apple of My Eye by Giddens Ko

5 Rekomendasi Novel untuk Dibaca Weekend NantiDok. Pribadi

Walaupun sudah diangkat menjadi film, novel ini tetap menarik untuk diikuti.

Bercerita tentang Ke Jingteng, anak laki-laki pembuat onar yang nilainya selalu jelek dan selalu membuat masalah. Ia dipindahkan ke depan kursi Shen Jiayi yang diamanatkan guru mereka untuk mengawasi Ke Jingteng.

Awalnya, Ke Jingteng merasa sangat kesal. Shen Jiayi cerewet seperti nenek-nenek, menurutnya. Tetapi, lama kelamaan, cinta itu tumbuh di hati Ke Jingteng.

Bagaimana kelanjutannya? 

Hmm, lebih baik kamu langsung baca sendiri aja. Novel ini cukup menghibur walau penggambaran di film jelas lebih lucu.

Di antara daftar novel di atas, adakah yang sudah kamu baca? Baca ulang pun tetap terasa menyenangkan, kok! Selamat menikmati novel di akhir pekan nanti!

Baca Juga: 5 Film Indonesia Hasil Adaptasi Novel yang Tayang 2019, Sama Serunya!

Ravanilla Photo Writer Ravanilla

Hobi nulis-nulis, tidur, classical head, nonton anime dan suka kampanye tentang Kesehatan Mental.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya