Comscore Tracker

4 Makanan Khas Sunda ini Bisa Jadi Menu Dietmu!

Kamu pernah mencobanya?

Makanan khas Sunda terkenal karena cita rasanya yang unik. Selain memiliki campuran rasa yang sangat kompleks, kebanyakan makanan khas Sunda terbuat dari olahan sayuran. Sehingga tak heran jika orang Sunda memiliki badan ramping dan kulit yang sehat.

Nah, jika kamu sedang menjalankan program diet, tak ada salahnya mencantumkan beberapa makanan khas Sunda ini ke dalam daftar menu dietmu!

1. Lalapan

4 Makanan Khas Sunda ini Bisa Jadi Menu Dietmu!en.wikipedia.prg

Lalapan merupakan salad-nya orang Sunda. Seporsi lalapan biasanya terdiri dari dedaunan dan sayuran mentah, seperti selada, daun kemangi dan terung hijau. Orang Sunda biasanya menyantap lalapan sembari mencocolkannya ke dalam sambal mentah agar terasa nikmat.

Menyantap lalapan tak akan membuatmu khawatir dengan jumlah kalori yang kamu konsumsi. Karena sayurannya diambil langsung dari tangkai dan tanpa proses pengolahan.

2. Capcay

4 Makanan Khas Sunda ini Bisa Jadi Menu Dietmu!mazinu.com

Mendengar kata “capcay” pasti membuatmu berpikir jika makanan satu ini merupakan makanan khas Tiongkok. Namun dugaanmu salah. Makanan ini merupakan khas Sunda. Bahan utamanya berupa sayuran seperti wortel, brokoli dan kubis. Kamu pun bisa menambahkan irisan daging jika kamu mau.

Berbeda dari lalapan yang dimakan mentah. Capcay harus diolah terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menumis rempah-rempah, lalu memasukkan bahan utamanya. Minyak nabati yang digunakan sangat sedikit. Jadi kamu tak perlu khawatir program dietmu gagal, karena sangat aman untuk dikonsumsi.

3. Rujak Bebek

4 Makanan Khas Sunda ini Bisa Jadi Menu Dietmu!anjarladianto15.blogspot.co.id

Rujak bebek bukanlah sebuah menu masakan dengan bahan utama daging bebek. Bebek dalam bahasa Sunda memiliki arti “ulek”, karena orang Sunda menyebut binatang bebek dengan sebutan “entog”. Rujak bebek sendiri merupakan makanan dengan bahan utama buah-buahan seperti bengkuang, jambu air, apel hijau dan tomat.

Buah-buahan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah ulekan beserta beberapa potong cabai rawit, sedikit gula merah, garam dan terasi. Lidahmu akan dimanjakan saat disantap. Oh ya, makanan ini bisa menjadi camilanmu saat kamu lapar.

4. Pepes Ayam

4 Makanan Khas Sunda ini Bisa Jadi Menu Dietmu!resepbunda.platechno.com

Jika kamu ingin menikmati daging tanpa takut adanya lemak, maka pepes ayam ini bisa menjadi menu makanan yang tepat. Karena proses memasaknya tak membutuhkan minyak dan santan. Bumbu utamanya hanya mengandalkan kunyit, bawang putih, lengkuas dan garam.

Kamu pun bisa menambahkan cabai jika ingin pepes ayam buatanmu memiliki rasa pedas. Selain itu, kapsaisin yang terkandung di dalam cabai bisa membantu menyedot lemak yang ada di tubuh.

Pepes ayam dibalut menggunakan daun pisang, lalu dikukus. Selain itu, aroma daun pisang membuat pepes ayam semakin menggugah selera. Dengan memilih dada ayam tanpa lemak, makanan ini sudah sangat aman untuk dikonsumsi.

Ahmad Syariful Photo Writer Ahmad Syariful

Seorang remaja berusia 19 tahun yang sering disangka bapak-bapak meskipun wajahnya masih babyface. Pecinta musik jadul. Seorang nerd tanpa kacamata. Native Sundanese and proud!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya