Comscore Tracker

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!

Ada yang berbentuk bintang dan menyerupai piza, lho

Berlibur ke suatu negara rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Bahkan, sejumlah negara pun memiliki aneka roti khas yang menarik untuk dicicipi.

Salah satunya adalah Italia yang kaya akan ragam roti lezat. Ada yang menyerupai piza, berbentuk seperti bintang, hingga setipis lembaran musik kuno.

Berikut 10 ragam roti lezat nan beragam khas Italia yang bisa kamu coba.

1. Focaccia

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!focaccia (instagram.com/chiarapassion)

Focaccia terbuat dari adonan dengan bahan dasar yang sama seperti piza. Perbedaannya terletak pada lebih banyaknya ragi yang digunakan dalam membuat focaccia dan lebih pulen. Roti yang satu ini kerap diberi topping berupa minyak zaitun, tomat, bawang bombay, keju, dan rempah-rempah.

2. Schiacciata

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!schiacciata (instagram.com/kerry_tan_)

Roti yang satu ini mirip dengan focaccia, tetapi memiliki tekstur yang lebih tipis dan renyah. Tak butuh banyak bumbu, schiacciata cukup diberi garam dan minyak zaitun sebagai topping. Roti ini cocok disantap sebagai camilan atau dijadikan sandwich.

3. Panettone

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!panettone (instagram.com/food.me.again)

Panettone mudah dikenali dari bentuknya yang bundar dan tinggi. Kerap dihidangkan saat Natal, roti khas Italia ini kerap dihiasi dengan kismis, jeruk, dan almon di permukaannya. Rasanya yang manis dan kaya akan mentega menjadikan panettone favorit, nih!

Baca Juga: 8 Jenis Roti khas Jerman yang Wajib Kamu Coba, Serupa tapi Tak Sama!

4. Pandoro

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!pandoro (instagram.com/pinellaorgiana)

Sama seperti panettone, pandoro juga merupakan kue yang kerap dihidangkan saat Natal. Bentuknya yang menyerupai bintang dengan taburan gula halus membuatnya terlihat bak pohon Natal.

Roti berwarna cokelat keemasan ini memiliki tekstur yang sama dengan panettone, tetapi pandoro tidak ditaburi kismis, jeruk, atau almon.

5. Farinata di ceci

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!farinata di ceci (instagram.com/vvivivit)

Farinata di ceci merupakan roti panggang khas Italia yang terbuat dari tepung chickpea. Chickpea adalah tepung berbahan dasar kacang yang berasal dari Arab. Roti yang satu ini kerap disajikan sebagai makanan pembuka di restoran piza, nih.

6. Ciabatta

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!ciabatta (instagram.com/hivestudio666)

Siapa sangka, ternyata ciabatta dalam bahasa Italia memiliki arti sandal, lho. Hal ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai sandal. Roti ini memiliki tekstur yang kenyal nan empuk.

Bagian dalamnya yang berlubang membuatnya cocok dicelupkan ke dalam sup atau saus. Menyantapnya hanya dengan minyak zaitun atau menjadikannya sandwich pun tak kalah lezat, lho.

Baca Juga: Resep Pesto Risotto, Sajian Khas Italia yang Lembut dan Lezat!

7. Pane carasau

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!Pane carasau (instagram.com/janasfood_sardinia)

Berbentuk pipih dan renyah saat digigit, pane carasau merupakan roti panggang yang mirip dengan biskuit. Pane carasau juga dikenal sebagai roti lembaran musik karena bentuknya yang mirip dengan kertas lembaran musik kuno. Taburan rosemary dan olesan minyak zaitun kerap diberikan untuk menambah cita rasa roti yang satu ini.

8. Colomba pasquale

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!colomba pasquale (instagram.com/mamma_gy)

Roti yang satu ini merupakan hidangan wajib dalam perayaan Paskah di Italia. Colomba pasquale dipanggang dan dilapisi dengan sirup campuran kacang dan gula. Tak hanya itu, taburan kulit jeruk dan almon di bagian atas membuat colomba pasquale makin lezat. 

9. Sfincione

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!sfincione (instagram.com/giallozafferano)

Sfincione merupakan salah satu jenis piza tradisional Italia. Bentuk persegi panjang dan teksturnya yang tebal menjadi ciri khas. Topping yang kerap menjadi pelengkap roti yang satu ini ialah bawang, ikan teri, tomat, oregano, dan keju.

Lalu, saus tomat dan taburan remah roti berwarna keemasan menjadi lapisan teratas sfincione. Renyah dan lembut menjadi satu, deh!

10. Piadina romagnola

10 Aneka Roti Khas Italia, Beragam nan Menggugah Selera!piadina romagnola (instagram.com/dscarico_foodblog)

Roti yang satu ini merupakan salah satu hidangan street food favorit di Italia. Piadina romagnola kerap dilengkapi dengan aneka isian seperti keju rocket, keju squacquerone, daun arugula, hingga tahu.

Tak hanya itu, roti bertekstur pipih ini juga dapat disantap sebagai hidangan pembuka dan dilengkapi dengan daging salmon, yoghurt, serta alpukat.

Itulah 10 jenis roti khas Italia yang lezat nan beragam. Sambil berkeliling ke banyaknya destinasi wisata di Italia, aneka roti khas negara ini dapat menemani perjalananmu.

Baca Juga: Resep Piza Baguette Pepperoni, Kreasi Roti Khas Prancis yang Lezat

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya