Comscore Tracker

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!

Ada panekuk dan wafel khas Belanda, lho!

Belanda merupakan salah satu negara di benua Eropa yang kerap menjadi destinasi wisata saat berlibur. Tak hanya negaranya yang indah, makanan khas Belanda yang lezat dan beragam pun menjadi daya tarik wisatawan. Tak terkecuali makanan penutupnya, nih! Negeri Kincir Angin ini memiliki berbagai macam dessert yang akan membuatmu ketagihan. Yuk, simak ulasannya!

1. Oliebollen

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!thespruceeats.com

Oliebollen merupakan makanan penutup yang juga dikenal dengan sebutan donat Belanda. Namun, roti yang satu ini tak memiliki lubang di tengahnya layaknya donat pada umumnya. 

Oliebollen ialah roti goreng khas Belanda yang memiliki isian kismis di dalamnya. Bagian atas roti ini pun kerap ditaburi gula halus agar semakin lezat. Saat perayaan tahun baru secara tradisional di Belanda, dessert yang satu ini tak boleh dilewatkan!

2. Vlaai

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!ah.nl

Dessert yang satu ini berasal dari provinsi Limburg di Belanda. Vlaai merupakan pai dengan isian krim custard yang ditutupi dengan adonan streusel yang renyah pada bagian atasnya. 

Custard yang ada di dalam pai ini kerap dicampur dengan buah-buahan seperti ceri, pisang, stroberi, dan apel. Nampak lezat, ya!

3. Stroopwafel

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!stroopwafels.com

Tak seperti wafel yang tebal pada umumnya, stroopwafel memiliki tekstur yang tipis layaknya biskuit. Terdapat isian karamel dalam dessert yang satu ini dan menjadikannya kenyal ketika digigit. Manis, renyah, dan kenyal menjadi satu dalam setiap gigitan stroopwafel. Sensasi baru untuk memakan wafel, nih!

4. Boterkoek

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!sundaybaker.co

Boterkoek memiliki arti butter cake dalam bahasa Inggris, alias kue mentega. Sesuai namanya, proses pembuatan dessert khas Belanda yang satu ini menggunakan mentega dalam jumlah besar. Oleh karena itu, kelezatan dan kelembutannya tak perlu diragukan lagi!

Kelembutan boterkoek yang dipadu dengan bagian tepi kue yang renyah dijamin akan memanjakan lidahmu.

Baca Juga: 9 Fakta Schuimpjes, Kue Lumer khas Belanda yang Pas jadi Teman Ngopi

5. Pannekoek

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!site.meleyamomo.com

Makanan penutup yang satu ini merupakan pancake alias panekuk khas Belanda.

Ciri khas pannekoek ialah ketebalannya yang lebih tipis dari panekuk yang biasa kita temui, tetapi tidak setipis crepes. Ketika disantap sebagai makanan penutup, pannenkoek kerap disiram dengan sirup gula. Namun, ketika menjadi teman makan siang, pannenkoek kerap disantap bersama daging sapi dan keju.

 

6. Appelflap

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!ah.nl

Appelflap adalah makanan penutup berupa kue khas Belanda yang memiliki tekstur renyah pada bagian luar. Di dalamnya, terdapat isian yang terbuat dari apel, kismis, gula, dan kayu manis. Agar makin lezat, penaburan gula di atas appelflap sering dilakukan. Tertarik mencoba?

7. Speculaas

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!daringgourmet.com

Tak hanya di Belanda, biskuit yang satu ini juga populer di Belgia dan Jerman. Daya tarik Speculaas terletak di rasanya yang penuh rempah dan bentuknya yang beragam. Paduan kayu manis, pala, jahe, dan cengkeh terdapat dalam biskuit yang dipanggang ini. 

Speculaas kerap menjadi sajian saat perayaan St Nicholas Day pada tanggal 5 dan 6 Desember.

8. Poffertjes

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!ald.kitchen

Inilah jenis makanan penutup khas Belanda yang nampaknya juga populer di negara kita. Bentuknya yang bulat dan ukurannya yang kecil menjadi ciri khas poffertjes. Teksturnya yang halus dan kenyal dipadu dengan taburan gula halus di atasnya menjadikan kue ini menjadi salah satu dessert favorit di Belanda. 

9. Appeltaart

9 Dessert Khas Belanda yang Siap Memanjakan Lidahmu, Wajib Coba!recepten.lidl.nl

Hampir sama dengan vlaai, appeltaart juga merupakan pai khas Belanda tetapi isiannya terbuat dari apel. Tak hanya apel, pai ini juga diisi dengan kismis dan rempah seperti kayu manis. Lembutnya isian appeltaart berpadu dengan bagian luar pai ini yang renyah. Cocok banget disantap sebagai dessert, ya!

Itulah 9 makanan penutup khas Negeri Kincir Angin alias Belanda. Dessert manakah yang paling ingin kamu coba? Semuanya nampak menggiurkan!

Baca Juga: 6 Camilan Yummy Asal Belanda yang Kelezatannya Menggugah Selera!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya