Comscore Tracker

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Adem

Ada buko pandan juga, lho!

Berlibur ke suatu negara rasanya tak lengkap jika belum mencicipi makanan khasnya. Begitu juga kalau liburan ke Filipina. Wajib coba makanan penutup alias dessert. Ada es serut dengan es krim, kue beras kukus, puding karamel, hingga buko pandan yang kerap ditemui di sekitar kita. Siap-siap ngiler dengan sembilan dessert khas Filipina di bawah ini, ya!

1. Halo halo

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Ademhalo halo sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/dineoutwithdee)

Memiliki nama unik, halo halo merupakan es serut khas Filipina. Kata halo memiliki arti campur. Tiap sajiannya dihiasi aneka topping seperti susu, buah-buahan, agar-agar, es krim, kacang merah, dan lain-lain.

Semuanya dicampur menjadi satu, sesuai namanya, dan menghasilkan halo halo yang menyegarkan. Cocok banget dinikmati di siang bolong, nih!

2. Buko pandan

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Adembuko pandan sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/kawalingpinoy)

Populer di sekitar kita, siapa sangka dessert ini berasal dari Filipina? Sesuai namanya, buko pandan berbahan dasar daun pandan dengan parutan kelapa, krim, agar-agar, dan susu.

Manis, kental, dan lembut berpadu dengan aroma pandan yang harum. Sudah pernahkah kamu mencicipinya?

3. Leche flan

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Ademleche flan sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/ramenraff)

Leche yang berasal dari bahasa Spanyol memiliki arti susu. Sedangkan flan adalah puding dengan lapisan karamel di atasnya. Datangnya penjajah Spanyol ke Filipina membuat makanan penutup asal Spanyol ini turut populer di Filipina.

Dessert ini terbuat dari telur, susu, gula, dan ekstrak vanilla. Rasanya yang lembut di mulut dijamin akan mendinginkan harimu. Leche flan merupakan salah satu menu dessert wajib di restoran Filipina.

Baca Juga: 5 Ide Olahan Dessert Berbahan Parsnip yang Rasanya Lumer di Mulut

4. Puto

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Ademputo sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/weloveputo(

Teksturnya yang ringan dan spongy menjadikan dessert ini cocok disantap kapanpun. Puto adalah kue beras yang berbentuk bak muffin atau cupcake.

Roti ini kerap hadir dalam rasa ubi, keju, atau pandan dengan aneka warna yang menarik. Ukurannya yang kecil membuat makan satu saja tidak cukup, nih!

5. Kutsinta

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Ademkutsinta sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/pinaycooking)

Sama dengan puto, kutsinta juga merupakan kue beras. Namun, dessert ini memiliki tekstur lebih lengket dan kenyal.

Air lye yang bersifat basa digunakan dalam pembuatan kutsinta dan menjadi penyebab kenyalnya dessert ini. Taburan kelapa parut biasa ditambahkan untuk melengkapi kutsinta. 

6. Ube halaya

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Ademube halaya sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/siftandsimmer)

Ube berarti ubi dan halaya memiliki arti menumbuk. Ube halaya merupakan jeli berbahan dasar ubi. Ubi direbus dan ditumbuk hingga halus lalu diolah dengan susu atau santan. Setelah mengental, adonan didinginkan hingga menjadi jeli.

Ube halaya dapat disantap sendiri atau dikombinasikan dengan es krim atau kue. Warna ungunya selalu mencuri perhatian, nih!

7. Sapin-sapin

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Ademsapin-sapin sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/whattoeatph)

Dessert warna-warni ini berbahan dasar ketan. Sapin-sapin juga terbuat dari santan, gula, susu, dan bumbu ubi atau nangka.

Hidangan ini kerap disajikan saat acara pertemuan dan pesta. Kue dengan warna putih, ungu, dan kuning yang khas ini bertekstur kenyal dan padat.

8. Mais con yelo

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Ademmais con yelo sebagai dessert khas Filipina (instagram.com/whattoeatph)

Jagung, es serut, dan susu berpadu dalam makanan penutup satu ini. Es krim, rice crispies, dan corn flakes kerap ditambahkan sebagai topping.

Wajib mencicipi mais con yelo kala berlibur ke Filipina, ya! Apalagi kalau kamu pencinta jagung.

Baca Juga: Resep Corn Ribs, Cara Beda Nikmati Jagung Manis yang Anti Mainstream

9. Banana cue

Manis nan Beragam, 9 Dessert Khas Filipina yang Bikin Adembanana cue sebagai street food khas Filipina (instagram.com/chibogtayoph)

Berasal dari kata banana dan barbecue, makanan penutup satu ini merupakan pisang goreng berlapis karamel. Banana cue dibuat dari pisang saba yang banyak tumbuh di Filipina.

Sebelum digoreng dalam minyak panas, pisang saba dilapisi gula merah. Rasanya yang manis, renyah, dan lembut membuat siapapun ketagihan.

Wah, sembilan dessert di atas sungguh menggugah selera, ya! Setelah lelah menjelajahi Filipina, menyantap makanan penutup di atas dijamin sukses mendinginkan hari.

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya