Comscore Tracker

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasaran

Pencinta roti wajib coba!

Empuk, manis, dan gurih. Tiga kata itulah yang tepat untuk mendeskripsikan makanan roti. Di berbagai belahan dunia, roti sudah terkenal bahkan menjadi makanan pokok, terutama di benua Eropa dan Amerika.

Selain mengenyangkan, roti juga memiliki berbagai ragam rasa, mulai dari yang gurih dengan isian daging, hingga rasa manis yang bikin ketagihan. Berikut tujuh olahan roti manis dari Italia, yuk disimak! 

1. Certosino bread

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasarantaste.com.au

Certosino adalah roti tradisional Italia yang berasal dari Bologna. Roti manis ini terbuat dari campuran bubuk cokelat, almond, madu, cokelat hitam, dan manisan buah. Biasanya roti ini dihidangkan saat perayaan momen Natal.

2. Brioche col tuppo

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasarandolciveloci.it

Roti bundar yang empuk dan di tengahnya terdapat isian yang manis. Sekilas brioche col tuppo ini mirip seperti kue sus. Di negara Italia, aturan untuk memakan kue ini adalah dimulai dari roti paling atas terlebih dahulu barulah roti dan isian manis di bawahnya.

3. Focaccia veneta

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasaranblog.giallozafferano.it

Roti yang dalam dialek lokal dikenal dengan nama fugassin atau fugassa adalah roti manis beragi yang disiapkan untuk momen Paskah. Adonannya terbuat dari tepung, telur, mentega dan madu agar lebih lezat. Focaccia veneta berasal dari Veneto, Italia.

Baca Juga: 5 Jenis Roti yang Masih Jarang Diketahui, Lezat Semua!

4. Maritozzi

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasaranla.repubblica.it

Berasal dari Roma kuno, maritozzi adalah roti tradisional Italia yang dibelah menjadi dua dan diisi dengan krim kocok. Di toko kue yang ada di Roma, biasanya maritozzi dipilih sebagai menu pokok untuk sarapan dengan ditemani secangkir kopi ataupun teh. 

5. Colomba pasquale

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasaranricetteperbimby.it

Mempunyai bentuk yang unik seperti burung merpati, colomba pasquale adalah roti yang disajikan saat perayaan Paskah di Milan. Topping dari roti manis ini biasanya berupa almond dan taburan gula halus. Di bagian dalam, roti ini sering diisi dengan manisan buah atau parutan kulit lemon untuk memberikan sensasi segar.

6. Pandoro

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasaranmeilleurduchef.com

Nama pandoro diambil dari kata pan d' oro yang berarti roti emas. Disebut roti emas karena warna di bagian dalamnya berwarna kuning yang berasal dari telur. Pandoro dicetak dalam cetakan tradisional dengan membentuk bintang dan dipanggang. 

7. Panettone

7 Jenis Olahan Roti Manis dari Italia yang Manisnya Bikin Penasaranleitesculinaria.com

Roti manis bertabur kismis yang paling terkenal di Italia ini dinamakan panettone. Roti panettone sering diberikan kepada teman ataupun saudara sebagai hadiah dengan harapan akan membawa kebaikan dan harapan agar bahagia.

Pannetone sangat pas jika dihidangkan dengan secangkir cokelat panas ataupun es krim. 

Kalau disuruh memilih pasti bingung, kan? Karena semuanya terlihat sangat lezat dan bikin perut keroncongan. 

Baca Juga: 7 Dessert Serba Cokelat dari Italia, Manisnya Bikin Mood Membaik!

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

feel free to give feedback on my published article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya