6 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Ini Bagus Buat Diet

Diet gak harus ekstrem lho

Mungkin kamu sudah tahu bahwa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sangat baik untuk kesehatan. Bahkan sumber makanan ini bagus untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Maka dari itu makanan mengandung karbohidrat kompleks cocok untuk diet sehat. Lalu apa saja sih makanan berkarohidrat kompleks yang bagus untuk diet? Simak ulasan 6 jenis makanan berikut ini.

1. Kacang kedelai hitam cocok untuk diet

6 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Ini Bagus Buat DietUnsplash.com/Frank Zhang

Selain mengandung karbohidrat kompleks, kacang kedelai hitam juga kaya serat dan protein yang tentu bagus untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi satu cangkir kacang kedelai hitam perhari dapat menjaga berat badan kamu karena hanya mengandung 1 gram lemak dan 227 kalori saja.

2. Kacang polong kaya akan vitamin

6 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Ini Bagus Buat DietPixabay.com/congerdesign

Kacang polong mengandung vitamin C, vitamin A, dan juga vitamin K yang bagus untuk kesehatan. Kacang polong juga mengandung folat dan serat yang cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. 100 gram kacang polong tidak mengandung lemak lho! Dan hanya mengandung 81 kalori. Jadi pas untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Berniat Diet Sehat, 7 Aplikasi Ini Mungkin Bisa Membantu

3. Ubi jalar tidak mengandung lemak

6 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Ini Bagus Buat DietPixabay.com/Buntysmum

Ubi jalar memang mengandung glukosa karena rasanya sedikit manis, namun kandungan seratnya juga tinggi. Jadi tetap sehat untuk orang yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Kebutuhan karbohidrat, vitamin, dan juga serat bisa kamu penuhi dengan rajin mengonsumsi ubi jalar. Kalori yang terdapat di dalam ubi jalar berukuran kecil hanya sebanyak 112 kalori dan tanpa kandungan lemak. Cocok nih untuk daftar makanan diet kamu.

4. Kentang juga mengandung karbohidrat kompleks

6 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Ini Bagus Buat DietPixabay.com/congerdesign

Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membuat perut kenyang dan menahan lapar lebih lama. Kentang juga memiliki kandungan potasium yang banyak sehingga bagus untuk mengatur tekanan darah. Konsumsi kentang secukupnya sebagai pengganti nasi bisa menjaga berat badan kamu tetap langsing.

5. Tidak seperti beras putih, beras merah justru cocok untuk diet

6 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks Ini Bagus Buat DietPixabay.com/Aviavlad

Nutrisi yang terdapat dalam beras merah lebih banyak dibanding beras putih. Beras merah mengandung zat besi, protein, zinc, dan kandungan serat yang melimpah. Jadi membuat kamu kenyang lebih lama. Wah ternyata nutrisinya banyak, ya!

Diet gak harus ekstrem dan membuat kamu jatuh sakit. Diet sambil menjaga kesehatan kenapa gak. Iya kan?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You