Comscore Tracker

5 Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun rasanya asam, namun tetap berkhasiat untuk tubuh!

Asam jawa memiliki berbagai macam kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja kandungan vitamin B, vitamin C, mineral, zat antioksidan, dan juga beta karoten di dalamnya sangat direkomendasikan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Jangan disepelekan lho! Karena buah yang rasanya asam ini bahkan bisa mengatasi penyakit serius juga. Lalu apa saja sih khasiat asam Jawa untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

1. Melindungi pencernaan

5 Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan TubuhPixabay.com/Lazare

Asam jawa bisa digunakan untuk melindungi pencernaan kamu. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik untuk mendukung lancarnya sistem pencernaan. Kandungan senyawa polifenol di dalamnya juga mampu melindungi dan mengobati ulkus peptik atau luka pada bagian usus halus.

2. Meredakan flu dan batuk

5 Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan TubuhPixabay.com/sweetlousie

Kandungan vitamin C di dalam asam jawa lumayan banyak. Vitamin C tersebut mampu meredakan flu dan juga batuk. Sedangkan rasa asamnya bisa memberikan efek rileks sehingga flu pun terasa lebih ringan. Minumlah secangkir air asam jawa setiap sore hari secara rutin.

Baca Juga: Kecut Tapi Lezat, 5 Olahan Berbahan Dasar Asam Jawa yang Wajib Dicoba

3. Dapat mengurangi kadar gula darah

5 Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan TubuhPixabay.com/stevepb

Untuk orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau penderita diabetes juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi asam jawa lho! Karena asam jawa memiliki kandungan enzim alfa-amilase yang bisa membantu mengurangi kadar gula dalam darah sehingga diabetes dalam tubuh dapat dinetralisir dan juga distabilkan.

4. Mengatasi resiko tekanan jatung

5 Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan TubuhPixabay.com/Pexels

Kandungan lainnya dalam asam jawa yang berkhasiat untuk tubuh adalah kadungan flavonoid. Kandungan flavonoid ini berguna untuk menurunkan kolesterol jahat sehingga dapat mengatasi resiko tekanan jantung.

5. Menyembuhkan luka

5 Khasiat Asam Jawa Untuk Kesehatan TubuhPixabay.com/Saulhm

Luka akibat terbentur benda keras bisa mengakibatkan inpeksi dan peradangan. Sebaiknya luka segera dibersihan agar terhidar dari bakteri. Nah, asam jawa memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu membersihkan juga menyembuhkan memar pada luka.

Rasanya memang asam, namun khasiat asam Jawa untuk tubuh jangan dispelekan. Karena memang manfaatnya sudah terbukti baik untuh kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Mempermudah Hidupmu, Cek Segera!

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Septi Riyani

Just For You