Comscore Tracker

5 Fakta tentang Makanan yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

Masa iya, nyamuk suka menghinggapi orang yang makan pisang?

Makanan merupakan kebutuhan primer yang diperlukan oleh tubuh. Nah, dari sederet makanan yang biasa kita konsumsi, tahukah kamu bahwa ada hal tersembunyi di dalamnya? Mulai dari makanan yang ternyata bisa memperburuk nyeri haid hingga makanan yang bisa menarik perhatian nyamuk juga ada, lho.

Daripada penasaran, yuk simak lima fakta tentang makanan yang belum banyak diketahui orang-orang berikut ini.

1. Makan makanan manis bisa memperburuk nyeri haid

5 Fakta tentang Makanan yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!ilustrasi makan makanan manis (instagram.com/daniscookings)

Ketika sedang haid, wanita rentan mengalami rasa nyeri, perasaan depresi, pusing, emosional, diare, dan mual, yang mana itu semua bisa mengganggu pekerjaan atau aktivitas lainnya. Untuk mengatasi rasa nyeri dan perubahan mood, gak sedikit wanita mencari makanan yang dapat menenangkan mood, misalnya dengan makan makanan manis.

Dilansir Times of India,  kandungan gula pada makanan manis sebenarnya memiliki sifat inflamasi yang dapat meningkatkan kram. Selain itu, gula halus menyebabkan tubuh menahan natrium dan air. Hal tersebut dapat menyebabkan kembung dan perubahan suasana hati yang tidak stabil. Wah, wajib diperhatikan nih, girls.

2. Minum susu dapat mengurangi rasa pedas

5 Fakta tentang Makanan yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!ilustrasi minum susu (instagram.com/kodiakgoatdairy)

Pernahkah kamu kembung karena terlalu banyak minum air mineral setelah makan makanan pedas? Alih-alih minum air mineral, minum susu setelah makan makanan pedas sebenarnya lebih dianjurkan untuk dikonsumsi.

US Dairy mengungkapkan bahwa protein kasein pada susu dapat mengikat capsaicin (senyawa kimia pada cabai). Capsaicin merupakan senyawa yang larut dalam lemak, dan berkumur dengan susu bisa meringankan sensasi lidah terbakar. Itulah mengapa, minum susu lebih efektif menetralkan makanan pedas dari pada air mineral biasa.

3. Makan buah juga bisa membuat gemuk

5 Fakta tentang Makanan yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!ilustrasi makan buah (doctordoctor.com.au)

Sering kali orang-orang beranggapan bahwa diet yang baik adalah dengan mengonsumsi buah secara terus menerus. Padahal sama seperti makanan pada umumnya, makan buah terlalu banyak juga bisa meningkatkan berat badan.

Anar Allidina selaku dietisien dalam Global News, menyarankan agar orang-orang yang sedang diet untuk mengonsumsi buah dalam batas wajar atau sesuai batas kalori harian. Selain itu, menjauhi buah-buahan kering atau dried fruit yang tinggi gula juga baik untuk mengurangi berat badan.

Baca Juga: 10 Makanan Enak Pengganti Nasi untuk Diet, Anti Perut Buncit!

4. Madu tidak memiliki masa kadaluarsa

5 Fakta tentang Makanan yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!ilustrasi madu (instagram.com/nationalhoneyboard)

Madu yang sering kita jumpai di supermarket memang dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa. Namun, madu asli sebenarnya tidak punya masa kadaluarsa karena 80 persen gula murni pada madu bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Meskipun madu tidak memiliki tanggal kadaluarsa, tetapi madu tetap dapat mengalami penurunan kualitas. National Honey Board menyatakan bahwa perubahan fisik dan kimia selama masa penyimpanan dapat menggelapkan warna, menghilangkan aroma, dan mengkristalkan madu itu sendiri.

5. Nyamuk suka menghinggapi orang yang makan pisang

5 Fakta tentang Makanan yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!ilustrasi nyamuk di kulit manusia (dailysabah.com/AA Photo)

Pisang digemari banyak orang karena kaya akan manfaat. Kamu termasuk salah satunya bukan? Dilansir Organic Authority, pisang merupakan buah yang tinggi kalium. Jumlah kalium yang tinggi pada pisang apabila dikonsumsi dapat meningkatkan asam laktat.

Di sisi lain, nyamuk sangat suka dengan asam laktat. Sehingga setelah makan pisang, kadar asam laktat dalam tubuh cenderung naik. Hal itu lah yang dapat membuat nyamuk tertarik untuk hinggap ke tubuh kita.

Nah, itu tadi lima fakta mengenai makanan yang belum banyak diketahui orang-orang. Ternyata makanan memiliki pengaruh yang cukup besar, ya, bagi tubuh kita! Dari lima fakta tadi, mana yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: 12 Fakta Menarik tentang Nyamuk yang Belum Terungkap!

Alfadhylla Rosalina Wibisono Photo Verified Writer Alfadhylla Rosalina Wibisono

An ESFP - but sometimes like to be quiet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya