Comscore Tracker

5 Camilan Khas Paling Populer di Sawahlunto, Wajib Coba! 

Ada favoritmu? #IDNTimesFood #LokalIDN

Siapa yang tak kenal dengan Kota Sawahlunto? Salah satu kota di Sumatra Barat yang satu ini sepertinya sedang naik daun beberapa tahun ke belakang. Pasalnya, pada 2019 Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto baru saja ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Tak hanya soal batubara, kota ini juga memiliki beberapa kekayaan lain yang patut dibanggakan. Salah satunya adalah camilan khas. Berikut beberapa camilan khas Sawahlunto yang wajib kalian coba. Dijamin kalian pasti suka!

1. Kue Ketawa Onde-Onde Pletus

5 Camilan Khas Paling Populer di Sawahlunto, Wajib Coba! Onde-Onde (instagram.com/lina_dharmaputra)

Rekomendasi camilan khas Sawahlunto yang pertama ialah kue ketawa onde-onde pletus. Sesuai dengan namanya, kue ini berbentuk bulat seperti mulut orang yang sedang tertawa. Bahan utama yang diperlukan untuk kue ketawa onde-onde pletus ini adalah tepung terigu, gula pasir, air, telur, baking powder, soda kue, minyak goreng, dan juga wijen.

Bagi kalian yang ingin membeli camilan ini, kalian dapat dengan mudah menjumpainya di warung maupun toko oleh-oleh khas Sawahlunto. Untuk harganya sendiri, kue ketawa onde-onde pletus biasa dihargai per bungkusnya mulai dari Rp10 ribuan saja.

2. Ale Ale Apam 

5 Camilan Khas Paling Populer di Sawahlunto, Wajib Coba! Ale Ale Apam (instagram.com/infosumbar)

Berbentuk seperti serabi khas Jawa, Ale Ale Apam merupakan salah satu camilan yang berasal dari Daerah Silungkang Kota Sawahlunto. Perbedaan dari kue yang satu ini dengan serabi terletak pada komposisi pembuatannya yang tidak menggunakan santan.

Ale Ale Apam memiliki cita rasa unik yang lembut dan super lezat. Keunikan dari camilan khas Sawahlunto ini terletak pada proses pembuatannya yang lama, yaitu mulai dari jam 11 malam sampai menjelang subuh.

3. Lamang Tungkek

5 Camilan Khas Paling Populer di Sawahlunto, Wajib Coba! Lamang Tukek (instagram.com/iraokmulsuryani)

Percampuran antara cita rasa manis dan gurih,  Lamang Tungkek adalah camilan populer khas Sawahlunto. Camilan yang biasa disajikan saat Hari Raya Idul Adha ini berbahan dasar ketan yang kemudian diracik dengan santan, gula aren, tepung beras, lalu dimasak di dalam bambu.

Untuk proses pembuatan, penganan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga memerlukan tenaga sekurang-kurangnya dua orang untuk mengaduk adonan. Oleh karena itu, pembuatan Lemang Tungkek ini biasanya dibuat secara ramai-ramai oleh satu keluarga besar.

Baca Juga: 5 Camilan Khas Medan yang Enak dan Populer, Mana Favoritmu?

4. Sagon Bakar

5 Camilan Khas Paling Populer di Sawahlunto, Wajib Coba! Sagon Bakar (instagram.com/kedai_frozncrisp)

Camilan khas Sawahlunto yang wajib kalian coba berikutnya adalah Sagon Bakar. Camilan ini merupakan salah satu jajanan yang dibuat sendiri oleh masyarakat daerah Silungkang.

Memiliki tekstur yang cukup renyah dan juga rasa yang gurih, sagon bakar jajanan tradisional yang terbuat dari kelapa, gula pasir, tepung terigu, dan beberapa bumbu lainnya. Untuk harganya sendiri berkisar Rp16 ribu isi 28pcs.

5. Keripik Kubang

5 Camilan Khas Paling Populer di Sawahlunto, Wajib Coba! Keripik Kubang (instagram.com/kerupuk_singkong_kubang)

Bagi kalian para pencinta keripik pasti suka dengan camilan yang satu ini, Keripuk Kubang namanya. Sesuai dengan namanya, camilan yang satu ini berasal dari Nagarai Kubang, Kecamatan Lembah Segar. Oleh-oleh khas Sawahlunto ini berbahan dasar ubi jalar dan biasa dijual dalam keadaan mentah.

Cara memasaknya juga cukup mudah, yaitu dengan difermentasi selama dua hari atau bisa juga dengan cara melakukan pengeraman. Untuk harga yang ditawarkan sendiri sekitar Rp4-5 ribu saja. Murah, bukan?

Nah, itulah beberapa pilihan camilan khas Sawahlunto yang wajib kalian coba. Dari kelima makanan di atas, adakah yang sudah kalian coba atau mana yang menurut kalian wajib untuk dicoba? Tulis jawaban kalian di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Camilan Khas Palu dengan Rasa Mantap, Kamu Wajib Coba!

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya