Comscore Tracker

5 Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat dan Bikin Ngiler!

Jadi, kamu sudah coba yang mana?

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang tinggi akan karbohidrat. Karenanya kentang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Tak terkecuali masyarakat Korea. Mereka mengolah kentang dengan berbagai macam cara. Mulai dari digoreng hingga dikukus yang kemudian diolah menjadi makanan yang lezat dan nikmat.

Nah, berikut 5 makanan ala Korea yang berbahan dasar kentang. Let's check this out!

1. Pancake Kentang (Gamja Jeon)

5 Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat dan Bikin Ngiler!Pancake Kentang (instagram.com/koreankitchencardiff)

Jika pancake biasa disajikan sebagai dessert atau menu sarapan dengan tekstur empuk dan rasanya yang manis, lain halnya dengan pancake ala Korea. Pancake ala Korea diolah dengan varian gurih seperti menggunakan seafood atau sayuran. Salah satunya pancake kentang.

Cara membuat pancake kentang adalah dengan menghaluskan kentang dan bawang bombay yang sudah dicampur air. Kemudian setelah sudah halus saring menggunakan kain kasa dan airnya didiamkan selama beberapa menit untuk mengambil sari kentang. Kentang yang sudah dihaluskan tersebut diberikan tambahan garam dan sari kentang. Lalu masak di atas wajan anti lengket.

Mudah, bukan?

 

2. Kentang Akordeon

5 Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat dan Bikin Ngiler!Kentang Akordeon (instagram.com/jisootaurant)

Siapa yang tahu alat musik akordeon? Makanan korea satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan akordeon, lho.

Cara membuat kentang akordeon cukup mudah dengan menggunakan kentang yang masih utuh yang dicuci bersih tanpa membuang kulit kentang. Setelah itu iris tipis kentang tanpa terputus. Rendam kentang selama 10 menit di dalam air dingin. Setelah itu barulah tambahkan mentega cair dan panggang di dalam air fryer, jika tidak ada bisa juga dengan digoreng menggunakan minyak panas atau menggunakan oven.

Untuk menambah rasa, kamu bisa menggunakan keju parmesan, bawang putih bubuk, garam, gula, dan parsley. 

 

Baca Juga: Inilah 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McD yang Enak dan Anti Gagal

3. Bola Kentang Isi Keju

5 Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat dan Bikin Ngiler!Bola Kentang Keju (instagram.com/milokitchen)

Camilan apapun yang dicampurkan dengan keju pasti akan terasa semakin nikmat. Seperti cheese ball ala Korea satu ini. Camilan ini memang banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama haluskan kentang yang telah dipanggang terlebih dahulu, kemudian tambahan keju mozarella batangan di dalamnya. Langkah terakhir sebelum digoreng ialah dengan menambahkan tepung terigu tipis, telur, dan tepung roti pada bola-bola kentang.

 

4. Kroket Kentang

5 Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat dan Bikin Ngiler!Kroket Kentang (instagram.com/ida_yuni)

Kroket juga merupakan salah satu camilan berbahan dasar kentang ala Korea. Cara membuat kroket pun cukup mudah. Pertama potong kentang dan panggang kentang di dalam oven. Setelah itu haluskan kentang dan campur dengan daging cincang yang telah dimasak dengan sejumlah bumbu. Kemudian bentuk bulat pipih.

Sama dengan membuat cheese ball, membuat kroket juga perlu dibalut dengan tepung terigu tipis, telur, dan tepung roti. Kemudian goreng hingga kecokelatan. Mudah bukan?

5. Corn Dog

5 Makanan Ala Korea Berbahan Dasar Kentang, Nikmat dan Bikin Ngiler!Corn Dog (instagram.com/ohk.dog)

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Corn dog merupakan salah satu makanan berbahan dasar kentang ala Korea yang memiliki cita rasa tinggi dan autentik. Bentuknya yang seperti jagung bakar itulah yang membuat makanan ini dinamakan corn dog.

Untuk membuatnya, sosis dibalut dengan adonan seperti donat dan dibaluri potongan kentang. Untuk variasi lain, kamu dapat menambahkan keju mozarella di dalamnya. Jadi saat matang, keju dapat meleleh dengan sempurna.

Itulah kelima makanan ala Korea yang berbahan dasar kentang. Mana favoritmu?

 

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Shepherds Pie, Sajian Enak Bertabur Kentang Tumbuk

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya