Comscore Tracker

Resep Kue Talam Singkong Gula Merah, Rasa dan Aromanya Nendang!

Murah meriah tapi mantap

Ada banyak jenis kue talam yang bisa kamu coba di rumah. Mulai dari kue talam ketan, ubi, labu bahkan singkong. Nah, kali ini ada resep kue talam singkong dengan aroma gula merah yang menggugah selera nih. Selain bahan-bahannya mudah didapat, singkong juga terkenal murah meriah. 

Jika kamu punya stok singkong di rumah dan bingung mau dibuat apa, coba resep kue talam singkong gula merah ini deh. Cermati resepnya di bawah ini ya, segera recook di dapur kesayangan kamu!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kue Talam Singkong Gula Merah, Rasa dan Aromanya Nendang!ilustrasi singkong (pixabay.com/bintang_galaxy)

  • 1200 gr singkong yang sudah dikupas
  • 3 sdm munjung tepung tapioka
  • 300 gr gula merah
  • 85 gr gula pasir
  • 200 ml santan kental instan larutkan dalam air hingga 500 ml
  • garam dan sedikit vanili

2. Buat larutan gula terlebih dahulu

Resep Kue Talam Singkong Gula Merah, Rasa dan Aromanya Nendang!ilustrasi gula merah (pixabay.com/melnitsa12)

Larutkan gula merah, gula pasir, sedikit garam dan vanili bersama santan dengan api sedang. Dinginkan, kemudian sisihkan.

3. Blender singkong hingga halus

Resep Kue Talam Singkong Gula Merah, Rasa dan Aromanya Nendang!ilustrasi blender (pexels.com/cottonbro)

Potong singkong menjadi ukuran kecil, beri air secukupnya lalu blender hingga halus. Setelahnya, peras singkong sebanyak air yang telah digunakan saat diblender tadi. Endapkan, ambil sari pati endapannya dan buang air beningnya (kalau singkong diparut atau tidak diblender tidak perlu memeras singkongnya)

Baca Juga: Resep Kue Ka'ak, Kue Kering Khas Timur Tengah yang Lezat

4. Kukus hingga matang

Resep Kue Talam Singkong Gula Merah, Rasa dan Aromanya Nendang!ilustrasi panci dan uap (pixabay.com/scratsmacker)

Masukkan tapioka dan larutan gula merah yang sudah dibuat bersama singkong yang sudah halus tadi. Aduk rata. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Tunggu hingga matang dan dinginkan. Potong kue talam singkong gula merah sesuai selera.

5. Tips membuat kue talam

Resep Kue Talam Singkong Gula Merah, Rasa dan Aromanya Nendang!ilustrasi kue talam singkong gula merah (instagram.com/vitakwee)

Saat mengukus adonan kue talam, bungkus tutup panci dengan kain agar uapnya tidak jatuh pada kue. Singkong bisa diblender untuk hasil yang lebih cepat dan halus ataupun diparut, sesuaikan selera saja. Saat memotong kue talam, gunakan pisau yang sudah dibungkus plastik dan diolesi minyak tipis-tipis agar tidak lengket

Resep di atas semoga membantu ya. Coba recook di rumah deh. Kamu pasti ketagihan dengan teksturnya yang lembut dan aroma gula merahnya yang semerbak. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kue Mendut Khas Jogja, Kue Basah nan Lumer di Mulut

Amina Sy Photo Verified Writer Amina Sy

...........................................

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya