Comscore Tracker

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minang

Rasanya lamak bana! #LokalIDN

Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga Indonesia memiliki beragam kuliner yang beraneka rasa pula. Salah satunya dengan kuliner khas Sumatera Barat. Kuliner dari daerah ini memang identik dengan cita rasa pedas dari perpaduan bumbu rempah yang menjadi ciri khasnya.

Nah ada alasan mengapa kuliner Minang punya cita rasa pedas, lho. Yakni karena Sumatera Barat merupakan daerah perbukitan yang dingin, sehingga masyarakat setempat membutuhkan yang hangat-hangat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan pedas untuk menghangatkan tubuh.

Buat kamu pencinta kuliner Minang, kamu sudah tahu belum kuliner Minang apa saja yang paling banyak diminati? Kalo belum, yuk langsung saja simak mengenai beberapa kuliner khas Minang yang punya banyak penggemar berikut ini.

1. Rendang

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/helen_ranap

Siapa sih yang gak suka rendang? Ya, salah satu masakan khas Minang ini memang menjadi favorit masyarakat Nusantara dan biasa disajikan saat perayaan lebaran. Untuk membuat rendang, rendang biasanya dibuat dengan bahan dasar daging dengan perpaduan bumbu rempah khas Minang tentunya.

Selain itu kenikmatan cita rasa rendang juga membuatnya mampu masuk dalam makanan terenak di dunia, lho. Keren banget, bukan? Nah, dengan begitu kita pun harus mampu melestarikan kuliner khas nusantara lainnya agar makin banyak kuliner khas nusantara yang masuk dalam kategori tersebut. 

2. Asam padeh

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/susie.agung

Masakan berkuah khas Minang tidak melulu harus bersantan, lho. Salah satunya dengan masakan asam padeh yang tidak menggunakan kuah santan.

Asam padeh merupakan masakan yang disajikan dengan kuah kental dari perpaduan bumbu rempah yang menjadi ciri khasnya. Selain itu untuk membuat asam padeh, masyarakat Minang biasa membuatnya dengan bahan dasar ikan ataupun daging.

3. Sate padang

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/satepadangbasuo

Sate Padang merupakan kuliner khas Minang yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging, lidah atau jeroan sapi. Yang menjadi ciri khas Sate khas Minang ini adalah disajikan dengan menggunkan bumbu kacang yang dipadukan dengan bumbu rempah. Sehingga sate Padang ini punya cita rasa yang khas dari bumbu kacang dan rempah khas Minang yang nikmat banget.

4. Dendeng batokok

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/foodescape_id

Dendeng batokok atau biasa disebut dengan dendeng lambok merupakan masakan khas Minang yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi yang sudah direbus hingga empuk yang kemudian diiris tipis, dipukul hingga pipih. Kemudian daging inu digoreng sampai kering dan dimasak dengan menggunakan sambal yang ditumbuk kasar sehingga dendeng batokok punya cita rasa pedas, tapi gurih.

5. Telur dadar padang

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/dapoer_ibu123

Telur dadar khas Padang punya ciri khas tekstur empuk, tebal, serta bumbu yang melimpah. Selain itu biasanya para penikmat telur dadar padang menikmatinya menggunakan pelengkap sambal ijo dan kuah rendang yang menambah kenikmatan cita rasanya

Nah, tata cara membuat telur dadar khas Padang ini juga mirip dengan membuat telur dadar pada umumnya, lho. Tapi yang membedakan dari telur dadar khas Padang ini adalah pada penggunaan bumbu yang khas dan melimpah.

Baca Juga: 5 Kudapan Murah di Pantai Padang, Cuma Beberapa Ribu Rupiah Kok!

6. Soto padang

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/cheche_kitchen

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner soto yang menjadi ciri khas, salah satunya soto khas Minang ini. Apalagi cara penyajian soto Padang ini berbeda dengan penyajian soto pada umumnya, lho. Soto padang disajikan dengan menggunakan daging dendeng yang sudah digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan kuah soto dan untuk menambah kenikmatan. Selain itu soto padang identik disajikan dengan pelengkap bihun serta perkedel kentang.

7. Ayam pop

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/hayakitchen09

Salah satu menu paling diminati saat berkunjung ke rumah makan Padang adalah ayam pop. Ayam pop merupakan olahan daging ayam tanpa kulit yang berwarna putih. Nah, salah satu ciri khas dari ayam pop adalah cara penyajiannya yang menggunakan sambal khusus ayam pop tentunya.

8. Kalio

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/agustialidya88

Kalio adalah sajian yang mirip rendang, namun kalio disajikan tidak seperti rendang pada umumnya yang kering. Apalagi proses memasaknya yang tidak terlalu lama seperti memasak rendang biasa.

Kalio biasa disajikan dengan santan yang sudah meresap tapi masih melekat dengan tekstur mirip saus. Walaupun dimasak seperti itu, tapi masakan kalio ini bakalan nikmat banget jika disantap bareng nasi hangat.  

9. Ikan bakar Padang

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/cheche_kitchen

Hampir semua orang pasti suka ikan bakar? Ya, salah satunya dengan ikan bakar khas Padang. Apalagi ikan bakar khas Padang ini dibuat dengan menggunakan bumbu rempah yang membuat ikan bakar terasa gurih di lidah. Dengan begitu, dijamin deh kamu gak bakal bisa menolak kelezatan ikan bakar khas Padang ini. Yummy!

10. Dendeng balado

10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minanginstagram.com/dapurnychris

Gak kebayang sama kenikmatan salah satu kuliner khas Minang ini, yakni dendeng balado. Dendeng balado memang menjadi salah satu kuliner khas Padang yang punya cita rasa gurih dan banyak diminati. Apalagi dengan perpaduan daging dendeng yang kering dan bumbu balado yang khas nan pedas, dijamin bakal bikin menambah kenikmatan selera makan bareng nasi hangat.

Itulah dia beberapa masakan khas Minang yang paling banyak diburu para penikmat kuliner saat berkunjung ke rumah makan Minang. Jadi, mana nih menu masakan Minang yang jadi favorit kamu saat berkunjung ke rumah makan Minang?

Baca Juga: 10 Pantai di Padang yang Paling Hits dengan Pemandangan Terindah  

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya