Comscore Tracker

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurih

Semuanya enak-enak lho!

Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis yang memiliki banyak pohon kelapa. Sehingga gak heran makanan khas Indonesia banyak yang menggunakan bahan dasar kelapa. Selain diambil santannya, daging kelapa juga sering digunakan untuk tambahan ke dalam jajanan tradisional khas Indonesia, lho.

Nah, dengan menambahkan kelapa parut ke dalam jajanan tradisional, dijamin bisa membuat kue tradisional menjadi lebih gurih.

Penasaran apa saja jajanan tradisional khas Indonesia yang menggunakan tambahan kelapa parut? Yuk, simak beberapa jajanan tradisional khas Indonesia yang menggunakan tambahan kelapa parut berikut ini!

1. Kue pancong

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurihinstagram.com/anggadaulay_

Kue pancong merupakan salah satu jajanan tradisional khas Betawi yang dibuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut. Jajanan tradisional ini dibuat dengan cetakan berbentuk setengah lingkaran kemudian dibakar di atas api hingga matang.

Kue pancong biasanya identik disajikan dengan taburan gula pasir agar cita rasanya lebih manis.  

2. Kue rangi

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurihinstagram.com/dapoersikoko

Gak hanya kue pancong, salah satu jajanan tradisional ini juga berasal dari Betawi, lho. Ya, kue rangi khas Betawi ini juga menggunakan adonan tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut. Lalu disajikan dengan saus gula merah yang sudah direbus dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu.

Alasan jajanan tradisional ini dinamakan kue rangi adalah karena kue rangi mengeluarkan aroma wangi saat dibakar.

3. Geplak

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurihinstagram.com/kulinerjogya

Geplak merupakan jajanan tradisional khas Yogyakarta yang dibuat dari kelapa parut, tepung beras dan gula pasir atau bisa juga menggunakan gula jawa.

Jajanan tradisional geplak biasanya disajikan dengan beraneka ragam warna serta memiliki cita rasa manis gurih. Jadi gak heran deh kalau geplak banyak diburu untuk djadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Yogyakarta. 

Baca Juga: 5 Olahan Dessert Gurih Berbahan Kelapa, Bikin Penasaran!

4. Gemblong

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurihinstagram.com/iren_natty

Jajanan tradisional yang satu ini memang termasuk salah satu jajanan tradisional paling diminati. Ya, jajanan tradisional yang diberi nama gemblong ini dibuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin, dan kelapa parut. Kemudian adonan gemblong diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat lalu digoreng.

Gemblong biasa disajikan dengan siraman gula merah atau gula aren yang sudah dilarutkan. Memang gemblong memiliki tekstur keras, tapi tetap banyak diburu untuk sekadar camilan maupun oleh-oleh.

5. Wingko babat

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurihinstagram.com/resepjajananpasar

Salah satu jajanan tradisional khas Lamongan ini dibuat dari adonan tepung beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula pasir. Kemudian setelah semua adonan tercampur rata. Selanjutnya adonan wingko babat dibentuk bulat pipih lalu dipanggang atau dibakar hingga matang.

Nah, agar cita rasa wingko babat yang dihasilkan lebih nikmat, maka kamu bisa menggunakan kelapa parut yang masih muda karena kelapa parut muda bisa bikin tekstur wingko babat tetap empuk meski sudah dingin.

6. Kue sagon

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurihinstagram.com/resep_moms_and_kids

Kue sagon memang menjadi salah satu jajanan tradisional yang biasa disajikan saat lebaran. Kue sagon dibuat dari tepung beras ketan, kelapa parut, margarin, gula pasir dan vanili.

Kue sagon memiliki cita rasa manis gurih serta tekstur yang padat dan keras. Namun saat digigit tekstur kue sagon cenderung lembut.

7. Putu bambu

7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurihinstagram.com/helen_ranap

Kue putu bambu memang lebih dikenal dengan cara pembuatannya yang dikukus dalam cetakan bambu. Salah satu jajanan tradisional ini dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan garam. Kemudian dimasukkan setengah adonan kue putu ke dalam cetakan bambu. Lalu diisi dengan gula merah dan ditutup kembali dengan sisa adonan kue putu. Selanjutnya kukus hingga matang. Setelah matang kue putu disajikan dengan kelapa parut.

Itulah dia beberapa jajanan tradisional khas Indonesia yang dibuat dari kelapa parut dengan cita rasa gurih dan bikin nagih. Nah dari ketujuh jajanan tradisional di atas, kamu lebih suka yang mana nih? 

Baca Juga: 9 Jajanan Terbaik yang Harus Dicicipi Saat Berkunjung ke Bandung

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya