Comscore Tracker

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo Doeloe

Nikmatnya bikin ingin makan berkali-kali #LokalIDN

Kotagede merupakan salah satu daerah di Jogja yang terkenal memiliki banyak bangunan kuno. Terlihat estetik, spot foto dengan latar belakang bangunan tua memang kian digandrungi untuk sekadar mempercantik feed instagram.

Namun, gak lengkao dong kalau kamu berkunjung ke Kotagede cuma sekadar menikmati spot wisatanya saja tanpa mencicipi kuliner khas.

Maka dari itulah kala berada di sini, kamu juga harus cicipi aneka jajanan yang banyak ditemukan disekitar sudut Kotagede. Biasanya aneka jajanan khas sini identik lebih dominan bercita rasa manis. Di antaranya seperti sederet jajanan khas Kotagede berikut ini yang akan kamu jumpai, wajib cobain ya!

1. Yangko

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeYangko (instagram.com/dapoersikoko)

Dulunya, yangko dikenal sebagai makanan para raja atau priyayi yang terbuat dari campuran kacang dan gula. Namun, kini yangko banyak dikreasikan dengan beragam varian rasa strawberry, nanas, durian, dan lain sebagainya.

Identik memiki aroma wangi khas dipadu rasa manis serta tekstur yang kenyal, yangko jadi salah satu jajanan khas Kotagede yang underrated buat dicoba di tempat maupun dijadikan sebagai buah tangan.

2. Krasikan

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeKrasikan (instagram.com/omachan_olshop)

Berikutnya, ada jajanan khas Kotagede bernama krasikan yang tak kalah populer dari yangko. Jenang krasikan sendiri terbuat dari bahan utama beras ketan dan gula merah dengan tambahan santan dan sedikit garam yang membuat krasikan terasa begitu nikmat.

Teksturnya yang lembut dipadu rasa manis legit plus gurih, benar-benar terasa lumer dan gak bikin enek di mulut.

3. Kipo

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeKipo (instagram.com/mettalim88)

Unik, jajanan satu ini terinspirasi dari masyarakat zaman dulu yang menanyakan jenis jajanan ini dengan kata iki opo. Sejak saat itulah, camilan ini lebih familiar dijuluki sebagai kipo.

Kipo sendiri terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk pipih lalu diberi isi enten-enten alias unti kelapa, kemudian dipanggang sampai matang.

Memiliki bentuk mungil dengan warna kehijauan, tentu kipo punya rasa manis legit dan tekstur lembut yang menggoyang lidah.

4. Jadah manten

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeJadah manten (instagram.com/mosyakur)

Sesuai nama, kue tradisional ini menjadi salah satu item seserahan dalam pernikahan adat jawa yang mengandung filosofi agar kedua mempelai selalu harmonis seperti tekstur jadah manten yang lengket.

Jadah manten sendiri terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama santan lalu diberi isian daging, kemudian dibalut dengan telur dadar. Setelah itu, barulah dijepit dan dibakar hingga kecokelatan.

Rasanya gurih legit, dulu jadah manten hanya bisa dinikmati oleh keluarga keraton. Namun, seiring berjalannya waktu siapapun bisa mencicipi kenikmatan jadah manten yang dapat dijumpai di pasar tradisional sekitaran Kotagede.

5. Emping melinjo

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeEmping melinjo (instagram.com/konconengemil)

Hampir semua orang pasti pernah menikmati emping melinjo, ya gak? Mudah ditemui di mana saja, salah satunya di Kotagede.

Emping melinjo identik memiliki cita rasa sedikit pahit namun gurih. Sementara itu teksturnya yang renyah emping melinjo gak hanya nikmat dikudap langsung, tapi juga untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas dari Kotagede.

Baca Juga: 11 Jajanan Tradisional Khas Kotagede Yogyakarta yang Bikin Ketagihan

6. Legomoro

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeLegomoro (instagram.com/birotapemsetdadiy)

Jajanan khas Kotagede yang satu ini memiliki tampilan seperti lemper karena sama-sama terbuat dari ketan serta berisikan abon ayam. Legomoro merupakan akronim dari kata bahasa Jawa yaitu lego yen wis moro yang berarti lega kalau sudah datang.

Karena legomoro menjadi salah satu item yang selalu dihantarkan mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan dalam acara pernikahan adat Jawa.

Nah, buat kamu yang tertarik pengin mencicipi, legomoro banyak ditemukan kok di pasar-pasar tradisional khususnya di sekitaran Kotagede.

7. Gethuk

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeGethuk (instagram.com/natsir_dabey)

Kurang lengkap kalau berkunjung ke daerah Jawa, khususnya Kotagede tanpa mencicipi jajanan bernama gethuk. Berbahan dasar singkong kukus yang ditumbuk halus lalu dicetak sesuai selera, gethuk banyak dijumpai di pasar tradisional Kotagede dengan beragam varian.

Begitu pun saat ada pembeli, penjual baru akan memotong gethuk yang dipilih sesuai selera pembeli. Benar-benar masih fresh kan?

8. Wajik

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeWajik (instagram.com/almazyy)

Wajik dikenal sebagai salah satu jajanan tradisional yang menawarkan cita rasa manis legit dan gurih.

Wajik dibuat dengan bahan utama beras ketan, santan, dan gula jawa yang dimasak hingga matang. Setelah matang, biasanya wajik dicetak lebih dulu di atas nampan kemudian dipotong-potong. Barulah, wajik siap dinikmati dengan kelezatan yang tak perlu diragukan.

Saking nikmatnya, oleh masyarakat Jawa wajik identik disuguhkan dalam acara hajatan.

9. Kue lumpur

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeKue lumpur (instagram.com/ichachairunnisa54)

Kue basah tradisional dengan bentuk bundar dan topping kismis satu ini populer dijuluki sebagai kue lumpur.

Rasanya yang manis dipadu tekstur lembut, kamu pun dapat mencicip maupun menjadikan kue lumpur sebagai oleh-oleh ketika berlibur ke Kotagede. Dijamin, sensasi kelezatannya bikin nagih lidah.

10. Kue kembang waru

10 Jajanan Khas Kotagede, Nikmat Berpadu dengan Suasana Tempo DoeloeKue kembang waru (instagram.com/fielope)

Jajanan terakhir dari Kotagede yang wajib masuk daftar kulineranmu adalah kue kembang waru. Memiliki bentuk seperti bunga dari pohon waru, kue jadul ini tentu punya tekstur lembut seperti bolu.

Rasanya yang manis terasa lumer di mulut, underrrated banget buat teman secangkir kopi maupun teh hangat.

Jadi, apabila kamu berkunjung ke Kotagede tapi bingung mau menikmati dan bawa buah tangan apa pulang dari sana, beragam jajanan di atas pas banget nih buat dicoba dan tentu worth it juga untuk dijadikan oleh-oleh. Dijamin, pasti suka dan bikin rindu ingin kembali main ke sana.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Legendaris Yogyakarta yang Masih Eksis

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya