Comscore Tracker

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!

Berkat kelezatannya, penganan ini banyak digemari #LokalIDN

Seperti yang kamu tahu, pempek merupakan jajanan khas Palembang yang terkenal memiliki cita rasa lezat. Bahkan, kelezatannya mampu membuat pempek terkenal sampai ke berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Berbicara soal kuliner, pempek bukanlah makanan khas satu-satunya kota Palembang lho. Sebab, masih ada kuliner lainnya yang tak kalah nikmat.

Penasaran? Berikut tujuh kudapan khas Palembang selain pempek yang dapat kamu coba saat berwisata di sana.

1. Kue maksuba

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!Kue maksuba (instagram.com/kueberkatyakin)

Memiliki tampilan sekilas mirip kue lapis, kue maksuba menjadi salah satu kudapan yang wajib kamu coba saat berada di Palembang nih.

Teksturnya yang lembut, dipadu cita rasa manis gurih; dijamin langsung bikin jatuh hati deh. Cocok banget dijadikan sebagai buah tangan.

2. Gandus

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!Gandus (instagram.com/dapoersikoko)

Selain kue maksuba, penganan bernama gandus ini juga bisa kamu coba kala main ke Palembang lho.

Memiliki cita rasa pedas gurih dengan dipadu beragam isian topping plus tekstur yang lembut, benar saja sensasi kelezatannya langsung bikin lumer di mulut.

3. Dadar jiwo

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!Dadar jiwo (instagram.com/chefopek)

Sesuai namanya, jajanan jadul yang satu ini merupakan hidangan berupa varian kue dadar gulung yang unik.

Makanan ini erdiri dari selembar kulit dadar berisi tumisan pepaya muda yang dilipat, lalu diberi isian topping glondo di atasnya. Tentu, dadar jiwo memiliki tekstur lembut dikombinasikan rasa gurih memikat di lidah.

Baca Juga: Resep Mudah Tekwan Udang, Kuliner Enak Khas Palembang Selain Pempek

4. Kue delapan jam

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!Kue delapan jam (instagram.com/palembangharum)

Unik sekali bukan camilan khas Palembang yang satu ini. Ya, namanya kue delapan jam. Sekilas agak mirip kue maksuba, adonan kue ini memang harus diproses selama 8 jam agar menghasilkan cita rasa yang istimewa. Proses lama inilah menghasilkan cita rasa manis legit dengan aroma yang sangat harum.

Dulunya, kue delapan jam hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan saja lho. Namun, kini siapapun boleh mencicipinya kala bertandang ke Palembang.

5. Dodol agar

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!Dodol agar (instagram.com/reyrevren)

Biasanya kebanyakan dodol berbahan dasar tepung beras, lain halnya dengan dodol agar yang terbuat dari campuran bubuk agar-agar, susu kental manis, cokelat bubuk, gula, dan santan.

Menawarkan tekstur lembut tapi padat, cita rasanya pun identik manis gurih yang bikin nyaman meski sekali gigitan. Bikin lidah terpana!

6. Ketan sarikaya

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!Ketan sarikaya (instagram.com/o.yenny_)

Berbahan dasar beras ketan yang dikukus matang, lalu dilapisi adonan sarikaya berwarna kehijauan, ketan sarikaya memiliki aroma wangi khas. Makanan ini juga dipadu dengan tekstur ketan yang pulen dan lapisan sarikaya bercita rasa manis gurih nan lembut pula. 

7. Gulo puan

Selain Pempek, 7 Kudapan Khas Palembang Ini Juga Gak Kalah Lezat Lho!Gulo puan (instagram.com/farlindasaid)

Ada satu lagi nih kudapan unik dari Palembang lainnya yang diberi nama gulo puan. Terbuat dari susu kerbau rawa yang dimasak bersama gula hingga terkaramelisasi, gulo puan gak hanya memiliki tekstur seperti pasir dengan warna kecokelatan, tapi juga punya cita rasa manis mirip seperti keju.

Sama seperti kue delapan jam, gulo puan dulunya juga hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan saja. Namun, kini gulo puan sudah sangat jarang ditemukan sehingga kita tidak bisa mencicipi kelezatannya setiap saat.

Itulah dia kudapan khas Palembang yang didominasi bercita rasa manis gurih. Nah sebagai pencinta manis, kalau main ke Palembang, kamu penasaran ingin mencoba yang mana saja?

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Palembang Berbahan Ikan Paling Enak, Bikin Ketagihan!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya