Comscore Tracker

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat Suasana

Disajikan satu meja bareng opor ketupat jadi makin ciamik

Lebaran menjadi salah satu momen paling dinanti, khususnya bagi masyarakat Kalimantan Barat. Sebab, saat Lebaran tiba mereka akan menyajikan kue lapis. Seperti kita tahu, kue lapis terkenal memiliki tampilan berlapis dan bercita rasa legit yang kenikmatannya sulit untuk ditolak. Dijamin, deh pastinya membuat nuansa Lebaran di Kalimantan Barat makin seru dan meriah, ya.

Nah, sebagai warga di luar Kalimantan Barat pasti kamu dibuat penasaran, kan apa saja kue lapis yang menjadi favorit mereka. Berikut, ragam kue lapis yang biasa disajikan saat Lebaran oleh masyarakat Kalimantan Barat.

1. Lapis Legit

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat SuasanaLapis legit (instagram.com/lagrammahomemade)

Lapis legit dengan tampilan berlayer ini sudah sangat sering kita temukan lewat pasar tradisional maupun toko kue. Namun, berbeda dengan kue lapis legit pada umumnya, sajian istimewa khas Pontianak ini dalam pembuatannya membutuhkan banyak telur yang jumlahnya 30-40 butir. Sementara itu, ciri khas lain lapis legit ini juga terdapat penambahan bumbu rempah seperti kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga.

Dengan terdapat penambahan bumbu rempah inilah membuat aroma kue lapis harum terasa autentik. Selain itu, cita rasa yang ditawarkan pun juga cenderung legit kaya rempah.

Berkat kenikmatan rasa unik tersebut lapis legit dihargai lebih mahal dibanding kue khas Kalimantan Barat lainnya. Meski begitu, masyarakat Pontianak tetap menyuguhkan lapis legit sebagai jamuan spesial Lebaran.

2. Lapis Susu

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat SuasanaLapis susu (instagram.com/lv_cake_jakarta)

Lapis susu sekilas terlihat seperti lapis legit dengan terdapat garis berlapis. Meski punya tampilan yang agak mirip, namun cita rasa yang dimiliki tentu memiliki ciri khas masing-masing. Nah, dalam pembuatan kue lapis pasti membutuhkan banyak telur. Begitu juga dengan lapis susu yang menggunakan 20 butir telur tapi hanya diambil bagian kuningnya saja agar warnanya lebih kekuningan dan bertekstur lembut.

Berbicara untuk proses pembuatan, lapis susu dibuat seperti lapis legit, yakni dipanggang. Namun sesuai nama kuenya, lapis susu mempunyai perbedaan tersendiri yaitu diberi tambahan susu lebih banyak yang banyaknya setara 1/2 kaleng.

Baca Juga: 5 Ragam Kue Lapis Keju yang Legit, Bikin Tergila-gila!

3. Lapis Belacan

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat SuasanaLapis belacan (instagram.com/almazyy)

Menurut KBBI, belacan berarti terasi. Namun, nama belacan di kue lapis ini bukan berarti terbuat dari terasi hanya karena memiliki tampilan warna hitam pekat. Dalam proses pembuatannya, lapis belacan ini tak seperti kue lapis legit pada umumnya yang menggunakan tepung. 

Melainkan, lapis belacan memerlukan bahan terdiri dari cokelat batang, cokelat bubuk, dan telur. Menghasilkan tekstur yang padat, kenyal, dan lembut. Lapis belacan menawarkan terasa manis legit berlapis-lapis.

4. Lapis Prancis

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat SuasanaLapis prancis (instagram.com/gneferet)

Dari namanya mungkin kamu mengira kalau kue basah lapis perancis berasal dari negara Perancis. Padahal, kue lapis khas Sambas ini tak ada hubungannya dengan negara luar itu, lho. Selain lapis prancis, masyarakat di sana ada juga yang menyebutnya dengan kue sabun. 

Dinamakan demikian, mungkin jenis kue tersebut memiliki tampilan kuning mengkilap layaknya sabun serta kulit orang bule yang cenderung putih. Dalam pembuatannya, memerlukan dua metode kukus dan panggang. Teksturnya lembut serta agak garing, lapis prancis dibanderol dengan harga mahal.

5. Lapis Prunes

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat SuasanaLapis prunes (instagram.com/nonamanies_cake)

Lapis prunes menjadi kue paling familiar di antara varian kue lapis lainnya. Bagaimana tidak, dengan ciri khas ada penambahan buah kering dalam proses pembuatan menjadikan lapis prunes terlihat lebih menarik. Selain membuat tampilan kian spesial, cita rasa yang dihasilkan juga ikut berpengaruh.

Nah, sensasi yang bakal kamu dapat saat mencicipi lapis prunes adalah tekstur lembut dan rasa manis asam yang seketika lumer di mulut. Gak heran, lapis prunes seringkali disuguhkan saat ada perayaan istimewa oleh masyarakat Pontianak.

6. Lapis Lumut

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat SuasanaLapis lumut (instagram.com/polarasa)

Sebagian besar nama kue lapis khas Kalimantan Barat memang menggambarkan tampilan dari kue itu sendiri. Salah satu di antaranya ada lapis lumut, nih.

Dinamakan demikian, karena lapis lumut memiliki ciri khas berwarna kehijauan dari pandan seperti warna hijau lumut. Rasanya legit dengan aroma harum menyerbak, lapis lumut menjadi suguhan terfavorit untuk disajikan saat acara spesial pula.

7. Lapis Kacang

7 Kue Lapis Khas Kalimantan Barat saat Lebaran, Bikin Hangat SuasanaLapis kacang (instagram.com/canco.cake)

Tak mau kalah dari jenis lapis legit yang lain, lapis kacang juga menjadi salah satu varian kue lapis yang menjadi favorit dan kerap disuguhkan saat perayaan Idulfitri oleh masyarakat Sambas.

Lapis kacang memadukan cita rasa legit gurih dari perpaduan kacang tanah, telur, gula pasir, susu, dan margarin. Setelah itu, perpaduan bahan-bahan ini kemudian dipanggang seperti proses pembuatan lapis legit pada umumnya.

Nuansa perayaan Idulfitri menjadi makin meriah dan hangat berkat menyajikan lima keistimewaan dari kue lapis nan terasa melegitkan ini, bukan. Teksturnya lembut dan rasanya manis, mana favoritmu, nih?

Baca Juga: Resep Kue Lapis Pandan yang Lembut dan Legit, Bikin Goyang Lidah!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya