Comscore Tracker

6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-List

Gak kalah maknyus dari kuliner khas Solo lainnya #LokalIDN

Solo dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki beragam wisata dan cagar budaya yang menarik untuk diulik. Sembari berkeliling menikmati keindahan kota, memang paling cocok mencicipi beragam kuliner khas yang dapat kita temui di setiap sudut kota Solo.

Dari beragam kuliner yang dijumpai, ada salah satu kuliner yang gak boleh kamu lewatkan lho, yakni sajian berkuah. Biasanya sajian berkuah ini antara lain seperti selat solo, bistik solo, hingga sup matahari dengan tampilan unik nan memikat.

Jadi, tertarik pengin mencobanya gak? Kalau iya, yuk simak deretan kuliner berkuah khas Solo yang bisa kamu jadikan sebagai referensi berburu kuliner berikut ini.

1. Selat solo

6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-ListSelat solo (instagram.com/dapur_widitha)

Kuliner pertama yang bisa kamu coba ialah selat solo. Selat solo menjadi sajian berkuah khas Solo yang dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Jawa berkat dari perpaduan mayones dan kecap manis. Rasanya yang cenderung manis gurih membuat selat solo biasanya dijadikan sebagai menu pembuka.

Jadi, buat kamu yang pengin mencicipinya, selat solo paling cocok dijadikan sebagai menu sarapan ketika kamu berada di Solo.

2. Bestik solo

6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-ListBestik solo (instagram.com/mahasiswakulineran)

Sama seperti selat solo, bestik solo juga menjadi kuliner khas Solo yang mendapat pengaruh Eropa. Di dalam satu porsi bestik solo biasanya berisi daging, tomat, wortel, kentang, sawi, bawang bombay, dan selada.

Disajikan kuah encer berwarna kecokelatan dengan cita rasa manis gurih, bestik solo banyak dijajakan mulai sore hingga malam hari. Wajib banget deh dicoba buat kamu yang suka kulineran malam.

3. Tengkleng solo

6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-ListTengkleng solo (instagram.com/infomakansolo)

Jika kedua kuliner berkuah di atas mendapat pengaruh Barat, maka tengkleng solo jadi salah satu sajian asli masyarakat Solo. Berbahan dasar daging kambing yang dimasak aneka bumbu rempah, tentu tengkleng solo punya kuah berwarna kekuningan.

Sekilas tengkleng solo serupa gulai kambing. Namun kuah dari tengkleng solo lebih dominan encer ketimbang gulai kambing yang sedikit kental. Cita rasanya sedap gurih, tengkleng solo biasanya dijajakan saat pagi hari sebagai menu sarapan.

Jangan lupa, masukkan tengkleng ke dalam daftar kulineranmu ketika berada di Solo ya!

Baca Juga: 5 Fakta Rawon Penjara Bu Har, Kuliner Paling Dicari di Kota Solo

4. Timlo

6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-ListTimlo (instagram.com/kotasala)

Timlo adalah sejenis kuliner sup yang mendapat pengaruh budaya China dan Jawa dengan isian soun, jamur kuping, ati ampela, suwiran ayam, dadar gulung, dan telur bacem.

Mempunyai kuah kaldu bening bercita rasa gurih, cocok banget dijadikan sebagai menu sarapan. Tak kalah sedap pula kalau dinikmati bareng pelengkap nasi putih hangat.

5. Sop matahari

6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-ListSop matahari (instagram.com/gemarkulineran)

Unik, dinamakan sup matahari karena kuliner berkuah ini memiliki tampilan seperti bunga matahari yang mekar. Sajian ini berupa kulit pangsit yang dibentuk sedemikian rupa dengan isian di dalamnya seperti wortel, jamur kuping, aneka sayuran, dan sosis.

Selanjutnya dimasak bersama kuah kaldu, barulah setelah matang dihidangkan seperti bentuk matahari. Oleh warga Solo, sup matahari dijadikan sebagai pelengkap sajian bersama selat solo.

6. Soto gading

6 Kuliner Berkuah Khas Solo yang Bikin Hangat, Wajib Masuk Bucket-ListSoto gading (instagram.com/365harinyoto)

Buat kamu penggemar soto, jangan sampai melewatkan soto gading ketika berada di Solo ya. Sajian ini memadukan kuah kaldu gurih bening dengan isian campuran soto seperti bihun, suwiran ayam, taoge, dan tambahan lauk seperti empal, risol, sate, tempe, dan tahu.

Tak lengkap rasanya kalau tak menikmati soto gading bareng pelengkap nasi putih hangat. Rugi banyak deh kalau gak sempat mau mencoba soto gading kala berlibur ke Solo.

Gimana, sudah menentukan mana saja sajian kuliner berkuah yang sekiranya akan kamu buru ketika berwisata kulineran di Solo? Apapun yang akan kamu pilih, dijamin cita rasanya gak mengecewakan kok. Selamat berkulineran ria ya!

Baca Juga: 7 Tempat Makan di Solo yang Menawarkan Kuliner Khas, Wajib Mampir!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya