Comscore Tracker

Selain Wisata, Ini 6 Kuliner Kepulauan Seribu yang Patut Dicoba

Buat kamu yang lagi di Kepulauan Seribu, harus coba ya! #LokalIDN

Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten administrasi yang terletak di sebelah utara Jakarta. Memiliki pemandangan pantai yang indah, membuat Kepulauan Seribu jadi salah satu destinasi wisata favorit disekitaran Jakarta.

Selain menawarkan panorama alam indah, Kepulauan Seribu juga mempunyai sederet kuliner unik lho. Penasaran? Berikut ini daftar kuliner khas Kepulauan Seribu yang bisa kamu telusuri saat berlibur di sana.

1. Selingkuh

Selain Wisata, Ini 6 Kuliner Kepulauan Seribu yang Patut DicobaSelingkuh (instagram.com/wuriwijayanti29)

Memiliki nama yang anti mainstream, kuliner unik dengan penamaan selingkuh khas Kepulauan Seribu ini wajib kamu ulas saat berwisata bahari kala berada di sana nih.

Selingkuh merupakan sejenis lontong berbahan dasar beras yang diaron bersama santan, lalu diisi abon ikan kemudian dibungkus memakai daun pisang.

Mempunyai aroma khas dan sensasi rasa gurih, selingkuh cocok dijadikan sebagai menu sarapan dengan disandingkan pelengkap sajian berkuah biar makin kaya rasa.

2. Sambal beranyut

Selain Wisata, Ini 6 Kuliner Kepulauan Seribu yang Patut DicobaSambal beranyut (instagram.com/dayasundari)

Setiap daerah di Nusantara pasti memiliki kuliner sambalnya tersendiri. Begitu pula kalau kamu berkunjung ke Kepulauan Seribu, di sana kamu bakal menemukan sambal beranyut.

Sambal beranyut ini terdiri dari ulekan cabai yang diberi perasan air jeruk limau. Lalu sambal beranyut biasanya dijadikan sebagai pelengkap menikmati ikan bakar. Perpaduan sensasi pedas yang menyegarkan seketika bikin keringetan.

3. Puk cue

Selain Wisata, Ini 6 Kuliner Kepulauan Seribu yang Patut DicobaPuk cue (instagram.com/rptra.tanjungelang)

Sebagai daerah pantai, gak lengkap kalau kamu gak menelusuri kuliner laut dari Kepulauan Seribu. Benar saja, di sini ada kuliner laut yang dinamakan puk cue. Sekilas mirip pempek, puk cue terbuat dari daging ikan, tepung sagu, dan terigu.

Saat akan dinikmati, puk cue biasanya disandingkan sambal kacang sebagai peneman paling nikmat. Meski demikian, cita rasa perpaduan antara gurihnya puk cue dengan sambal kacang membuat makin menambah selera makan.

Baca Juga: 5 Wisata Kepulauan Paling Eksotis di Indonesia, Indah bak Maldives!  

4. Kue manco

Selain Wisata, Ini 6 Kuliner Kepulauan Seribu yang Patut DicobaOnde-onde (instagram.com/maminguliner)

Jajanan pasar yang satu ini memang gak asing bagi telinga masyarakat Indonesia yaitu onde-onde. Jika onde-onde biasanya berisikan kacang hijau, makan lain halnya di Kepulauan Seribu.

Disebut sebagai kue manco, kudapan satu ini berisikan suwiran ikan. Meski begitu, cita rasa yang ditawarkan kue manco benar-benar jadi perpaduan paling istimewa.

5. Bom atom

Selain Wisata, Ini 6 Kuliner Kepulauan Seribu yang Patut DicobaBom atom (niahutajulu.blogspot.com)

Waduh, ngeri amat ya makanan khas Kepuluan Seribu satu ini diberi nama bom atom. Terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan mentega; nantinya adonan bom atom dibentuk bulat pipih lalu digoreng matang. Setelah itu barulah adonan bom atom yang telah digoreng matang ini dicampurkan ke dalam lelehan gula merah yang sudah diberi pewarna makanan.

Oleh masyarakat Kepulauan Seribu, bom atom biasanya dinikmati bersama pelengkap kue talam bertabur abon ikan.

6. Sengkulun

Selain Wisata, Ini 6 Kuliner Kepulauan Seribu yang Patut DicobaSengkulun (instagram.com/ramurasa.id)

Kue basah satu ini cukup mudah ditemui di berbagai pasar tradisional di Pulau Jawa, tapi juga menjadi makanan khas Kepulauan Seribu. Sengkulun memiliki ciri khas permukaan berbintil kasar dengan tekstur kenyal dan lembut.

Sebab, kue ini dibuat dengan bahan baku tepung ketan. Rasanya yang manis legit nan gurih membuat sengkulun cocok untuk disuguhkan bersama secangkir teh hangat.

Jadi buat kamu yang lagi berencana ada kunjungan ke Kepulauan Seribu, jangan lupa cicipi aneka kuliner seperti yang telah disebutkan di atas ya. Namanya unik, dijamin cita rasanya pun tak kalah menarik. Mantap banget deh!

Baca Juga: 10 Hal yang Bikin Bule Kaget saat Liburan ke Kepulauan Seribu!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya