Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!

Dijamin ketagihan deh menikmati kuliner khas ini #LokalIDN

Kurang afdal rasanya jika berkunjung ke Manado hanya menikmati keindahan alam dan budayanya yang menarik untuk diabadikan. Karena kamu bisa mencoba kuliner khas Manado yang halal dan nikmat, salah satunya seperti beberapa kuliner di bawah ini.

Ada apa saja, ya?

1. Tinutuan

5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!instagram.com/april.cooking

Tinutuan atau bubur Manado merupakan sajian bubur yang terdiri dari beras, sayuran, dan labu kuning sebagai bahan dasarnya yang kemudian dimasak bersama hingga matang. Tinutuan oleh masyarakat Manado biasa disantap untuk menu sarapan lho. Jadi bikin semangat untuk mengawali aktivitas!

2. Cakalang fufu

5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!instagram.com/eriwijaya

Cakalang fufu terbuat dari ikan cakalang segar yang diolah dengan cara diasap. Cakalang fufu bisa dimakan langsung maupun diolah jadi berbagai menu olahan lezat.

Biasanya masyarakat Manado mengolahnya jadi cakalang fufu saus ataupun cakalang fufu santan. Olahan ini paling lezat disantap selagi hangat. Dijamin deh bikin ketagihan!

Baca Juga: Resep Masak Ayam Tuturuga, Sajian Khas Manado yang Gurih Banget 

3. Dabu-dabu

5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!instagram.com/salimozddesyamlanos

Buat kamu pencinta pedas, kamu harus coba kuliner khas Manado yang satu ini, yakni dabu-dabu. Ada beragam dabu-dabu khas Manado yakni dabu-dabu bakar, iris, lemong, serta lilang yang nikmat disantap dengan tambahan lauk ikan bakar yang dijamin bikin air liur menetes.

4. Sambal roa

5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!instagram.com/sambalroa17

Masyarakat Manado gak bisa makan tanpa adanya tambahan lauk sambal, maka sebab itu Manado punya kuliner sambal yang khas, yakni sambal roa. Sambal roa dibuat dari cabe yang dipadukan dengan ikan roa yang sebelumnya sudah diasapi. Kemudian ditumis bersama bahan bumbu sambal roa seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula.

Cita rasanya yang sedap, membuat sambal roa biasa dinikmati masyarakat Manado bersama bubur Manado. Gimana, tertarik pengin mencobanya?

5. Woku belanga

5 Kuliner Khas Manado yang Enak dan Halal, Kamu Harus Coba!instagram.com/manjo.jco

Dinamakan woku belanga karena dimasak menggunakan cara tradisional yakni dengan belanga yang terbuat dari tanah liat. Dengan cara inilah sajian kuliner woku belanga menghasilkan cita rasa yang khas.

Woku belanga dibuat dari kombinasi bumbu seperti daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun sereh, kemangi, serta tambahan bumbu lain. Cita rasa yang pedas segar, dijamin bikin naik selera makan.

Jadi gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliner halal khas Manado di atas?

Baca Juga: Resep Lalampa, Lemper ala Manado yang Rasanya Menggoyang Lidah

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya