Comscore Tracker

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Sambal Kacang, Rasanya Nikmat

Sensasi pedas gurihnya bikin ketagihan #LokalIDN

Bukan makanan khas Indonesia kalau tak bercita rasa pedas. Setuju gak? Rasa pedas yang familiar bagi lidah orang Indonesia inilah berasal dari sambal. Bukan selalu sambal terasi, melainkan ada juga sambal kacang.

Sambal kacang memadukan rasa gurih pedas dari perpaduan kacang tanah goreng, gula merah, cabai, gula, dan asam jawa.

Bisa membuat sensasi rasa makin nikmat, berikut makanan yang disajikan bersama sambal kacang.

1. Gado-gado

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Sambal Kacang, Rasanya Nikmatgado-gado (instagram.com/mimolette_1106)

Kuliner khas Betawi satu ini menyehatkan, lho. Gado-gado terdiri dari sayuran rebus yang dicampur bersama ulekan sambal kacang lalu diberi pelengkap ketupat, bawang goreng, dan kerupuk.

Menawarkan cita rasa pedas dan gurih, dijamin bikin siapapun bakal dibuat jatuh cinta sama kenikmatan gado-gado. Bisa juga nih menjadikan gado-gado sebagai menu sarapan hingga makan siang.

2. Cilok

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Sambal Kacang, Rasanya Nikmatcilok (instagram.com/the.lucky.belly)

Salah satu street food khas Bandung ini juga memiliki rasa yang juara berkat diberi tambahan sambal kacang. Termasuk camilan merakyat, cilok terbuat dari tepung tapioka berbumbu yang dibentuk bulat kecil lalu direbus sampai matang.

Setelah matang, cilok siap untuk disajikan bersama pelengkap sambal kacang. Teksturnya kenyal dipadu rasa pedas gurih, bisa juga di dalam cilok diberi isian biar kenikmatannya makin kekinian.

Baca Juga: Resep Membuat Cilok Kuah yang Empuk dan Kenyal, Gampang Banget!

3. Karedok

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Sambal Kacang, Rasanya Nikmatkaredok (instagram.com/bagusardian16)

Sekilas mirip gado-gado, namun makanan khas Sunda ini sangat berbeda dari cara pembuatan hingga cita rasa yang dihasilkan. Karedok terdiri dari sayuran mentah lalu dipadukan bumbu sambal kacang dan kencur.

Terdapat sensasi pedas gurih menghangatkan dari perpaduan kencur. Karedok dinikmati dengan tambahan kerupuk serta taburan bawang goreng.

4. Rujak

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Sambal Kacang, Rasanya Nikmatrujak (instagram.com/jenyfer.jenny)

Rasanya menyegarkan dengan perpaduan kesegaran dari beragam jenis buah-buahan, rujak paling cocok dinikmati ketika cuaca sedang panas terik. Dalam pembuatannya, ragam buah yang biasa digunakan ialah seperti mangga, jambu, ubi, bengkuang, nanas, kedondong, serta mentimun.

Mengombinasikan cita rasa pedas menyegarkan dengan sensasi manis asam buah, rujak banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat Indonesia.

5. Nasi pecel

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan Sambal Kacang, Rasanya Nikmatnasi pecel (instagram.com/sasmitaedo)

Tak hanya karedok yang memiliki tampilan serupa gado-gado, tapi ada juga nasi pecel, lho. Nasi pecel populer sebagai menu sarapan bagi warga bermukim di kawasan Jawa Timur, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Terdiri dari sayuran rebus berpadu cita rasa pedas sambal kacang, biasanya nasi pecel dilengkapi perkedel, gorengan, rempeyek, dan tak lupa kerupuk putih. Isian porsinya melimpah. Di daerah yang telah disebutkan di atas ini nasi pecel menjadi opsi menu sarapan murah dengan cita rasa bintang lima, lho.

Berkat disajikan bersama tambahan sambal kacang, beragam makanan khas Indonesia ini menjadi kian bercita rasa, ya. Kira-kira, mana yang jadi favorit kamu nih?

Baca Juga: Sama-sama Nasi Pecel, Ini 5 Perbedaan Nasi Pecel dari Madiun dan Solo

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya