Comscore Tracker

5 Makanan Khas Kendal yang Enak, Hukumnya Wajib Dicoba!

Ragam sajian ini terlihat nikmat semua kan? #LokalIDN

Saat jalan-jalan melewati jalur pantura, tak ada salahnya mampir ke Kendal buat mencicipi makanan khasnya. Wisata kulineran ini cocok dijadikan alternatif untuk kamu yang bosan dengan makanan khas Semarangan.

Bersebelahan dengan kota Semarang membuat kamu tak perlu melakukan perjalanan jauh untuk dapat sampai ke Kendal sehingga kamu pun sudah langsung bisa berwisata kulineran ria deh.

Inilah deretan makanan khas Kendal yang wajib kamu coba saat berada di sana.

1. Sate bumbon

5 Makanan Khas Kendal yang Enak, Hukumnya Wajib Dicoba!Sate bumbon (instagram.com/priskachrisandy)

Sate bumbon dibuat menggunakan daging sapi yang telah dimarinasi bersama bumbu halus. Bumbu halus ini terdiri dari bawang putih, jahe, dan kemiri.

Untuk tahap penyajiannya, sate bumbon disiram dengan saus kacang. Perpaduan pedas, manis, dan gurihnya pas di lidah!

2. Brongkos

5 Makanan Khas Kendal yang Enak, Hukumnya Wajib Dicoba!Brongkos (instagram.com/laparlagimakanlagi)

Brongkos memiliki kuah berwarna kecokelatan karena yang berasal dari bumbu rempah kluwak. Makanan ini berisikan daging sapi, tahu, kacang tolo, telur, serta cabai rawit.

Brongkos bisa kamu cicipi lewat rumah-rumah makan di kawasan Sukorejo, Kendal. Seporsi brongkos, dijamin puas dan bikin nagih!

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Pantai di Kendal, yang Cocok untuk Menikmati Sunset

3. Pecel kembang turi

5 Makanan Khas Kendal yang Enak, Hukumnya Wajib Dicoba!Pecel kembang turi (instagram.com/fridajoincoffee)

Meski pecel kembang turi menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur, kamu pun dengan mudahnya bisa menemukan sajian ini saat berada di Kendal.

Sajian ini terdiri dari aneka sayuran rebus dan tak lupa kembang turi yang memiliki rasa manis dan sedikit agak pahit, lalu diberi tambahan sambal kacang sebagai penambah nikmat rasa. Biar makin seru, biasanya hidangan pecel kembang turi diberi pelengkap nasi serta lauk yang gak kalah endeus.

4. Rica-rica menthok

5 Makanan Khas Kendal yang Enak, Hukumnya Wajib Dicoba!Rica-rica menthok (instagram.com/kuliner_asiksolo)

Menthok adalah sejenis unggas yang termasuk ke dalam keluarga bebek. Nah, berbicara soal menthok. Di daerah Kendal ada kuliner sedap yang terbuat dari daging menthok lho, namanya rica-rica menthok.

Daging menthok dimasak bumbu rempah hingga meresap dan empuk. Memiliki tesktur daging lembut dipadu bumbu meresap ke dalam, tentu sajian ini memiliki cita rasa yang kelewat nikmat.

5. Momoh

5 Makanan Khas Kendal yang Enak, Hukumnya Wajib Dicoba!Momoh (instagram.com/herni.rini74)

Momoh menjadi salah satu kuliner khas Kendal yang wajib kamu coba. Sajian ini terbuat dari jeroan sapi yang dimasak lama bersama bumbu rempah sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk serta rasa bumbu yang benar-benar meresap ke dalam.

Momoh memiliki dua varian, yakni goreng dan kuah. Nah, jika kamu ada kesempatan untuk bertandang ke daerah Kendal, kamu bakal memilih mencicipi varian momoh yang mana, nih?

Meski Kendal bukan termasuk kota besar, suasana untuk menikmati deretan makanan ini tetap seru kok. Dijamin deh kelezatannya bakal bikin kamu kangen untuk mencicipinya kembali.

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner Cilacap yang Enak dan Wajib Dicoba

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya