Comscore Tracker

6 Minuman Khas Bali yang Segar, Wajib Dicoba Saat ke Sana

Ada yang dingin, ada pula yang menghangatkan #LokalIDN

Bali terkenal dengan sejumlah warisan budaya serta khasanah kearifan lokal yang masih terjaga hingga kini. Pernahkah kamu berpikir untuk mengulik lebih dalam mengenai semua keistimewaan pulau Bali, misalnya seperti mengenai minuman khas Bali?

Sangat melegenda dan terkenal punya cita rasa menyegarkan, beberapa minuman ini menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berada di Bali. Pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan momen liburanmu untuk tidak mencicipi aneka minuman khas Bali ini ya.

Berikut beberapa minuman khas Bali yang bisa kamu coba saat berada di Pulau Bali.

1. Es kopyor Bali

6 Minuman Khas Bali yang Segar, Wajib Dicoba Saat ke SanaEs kopyor Bali (instagram.com/hayurangjajan)

Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan minuman es ini. Ya, betul sekali es kopyor namanya. Terbuat dari daging kelapa muda yang dikeruk lalu dipadu bersama sirup, agar-agar, dan es batu; minuman es kopyor ini bisa kamu coba saat berada di Bali. Dijamin deh berkat kesegarannya bisa bikin lidah gak mau berhenti menyeruput. Mantap!

2. Tambring

6 Minuman Khas Bali yang Segar, Wajib Dicoba Saat ke SanaTambring (instagram.com/amelia_rizqa)

Sekilas tambring menyerupai es kopyor, tapi sebenarnya berbeda. Jika pada kopyor air kelapa dicampurkan dengan sirup sebagai perasa manis, lain halnya dengan tambring yang diracik menggunakan asam jawa sebagai perasa nikmatnya.

Selain itu ditambahkan pula putih telur ayam kampung mentah sehingga ada cita rasa yang unik tapi menyehatkan.

3. Es daluman

6 Minuman Khas Bali yang Segar, Wajib Dicoba Saat ke SanaEs daluman (instagram.com/kokocelamitan)

Es daluman memiliki tampilan serta rasa yang gak jauh beda dengan es cincau pada umumnya. Berisi kolang-kaling, gula aren, serta es batu, lalu disiram menggunakan santan cair yang dibuat dari kelapa bakar. Cita rasanya manis nan legit membuat es daluman wajib banget kamu coba saat berada di Bali.

Baca Juga: 6 Es Segar Khas Sumatera, Bikin Segar Tenggorokan

4. Es kuwut

6 Minuman Khas Bali yang Segar, Wajib Dicoba Saat ke SanaEs kuwut (instagram.com/linscakes168)

Selain es kopyor dan tambring, ada pula es kuwut. Merupakan minuman khas Bali, es kuwut dibuat dengan bahan dasar air kelapa muda, sirup melon, jeruk nipis, dan biji selasih.

Nah, dari segi tampilannya saja kamu sudah bisa menerka kan bagaimana kenikmatan dan kesegaran salah satu minuman khas Bali ini?

5. Es bir Bali

6 Minuman Khas Bali yang Segar, Wajib Dicoba Saat ke SanaEs bir Bali (instagram.com/vanajakshi2020)

Dari segi namanya mungkin kamu bakal menganggap kalau minuman ini mengandung alkohol. Namun nyatanya minuman khas Bali ini tidak terbuat dari campuran alkohol sama sekali lho. Gak percaya?

Es bir Bali sendiri dibuat dari bahan dasar daging kelapa muda, air kelapa muda, air jeruk nipis, serta air gula jawa yang kemudian dicampur menjadi satu. Untuk menambah sensasi segar, diberikan pula es batu. Gimana, kini sudah tahu kan kalau es bir Bali ini benar-benar aman untuk dinikmati siapa saja?

6. Teh jahe

6 Minuman Khas Bali yang Segar, Wajib Dicoba Saat ke SanaTeh jahe (instagram.com/santhiserad_food)

Sesuai dengan namanya, tentu minuman khas Bali ini perpaduan antara teh panas serta potongan jahe yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Sensasi rasa hangat, pedas, dan sepat yang muncul dari kedua bahan ini membuat teh jahe cocok banget dinikmati dengan suasana di Bali yang dingin. Dijamin bisa membuat tubuh rileks seketika.

Itulah beberapa minuman khas Bali yang nikmat dan menyegarkan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba kesegaran minuman khas Bali di atas? 

Baca Juga: Ini 6 Spot Kuliner Khas Bali di Malang, Gak Perlu Jauh-Jauh!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya