Comscore Tracker

Resep Perkedel Tahu yang Garing, Renyahnya Menggoyang Lidah

Cara mengolah tahu dengan cita rasa juara

Perkedel menjadi salah satu makanan yang bisa kamu jadikan lauk atau camilan. Dengan cita rasa gurih, kamu dijamin betah menikmati kelezatan perkedel ini.

Selain rasanya yang nikmat, cara membuat perkedel pun terbilang mudah. Sebab, kamu bisa menggunakan bahan yang dapat dijumpai di sekitar, seperti tahu. Perkedel tahu nikmatnya gak ada obat.

Daripada bosan menikmati olahan tahu yang itu-itu saja, coba mempraktikkan resep perkedel tahu yang renyah berikut ini, yuk. Renyahnya menggoyang lidah!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Perkedel Tahu yang Garing, Renyahnya Menggoyang Lidahilustrasi tahu putih (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 350 gram tahu putih
  • 1 butir telur
  • 8 batang buncis
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 buah wortel
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 8 buah udang
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung terigu
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • sejumput gula

2. Haluskan tahu putih menggunakan garpu

Resep Perkedel Tahu yang Garing, Renyahnya Menggoyang Lidahilustrasi tahu putih yang telah dihaluskan (freepik.com/freepik)

Sebelum ke langkah pembuatan perkedel tahu, alangkah baiknya memilih tahu putih yang berkualitas baik. Setelah dirasa tahu putih yang dipilih benar-benar berkualitas, barulah kamu sudah bisa membuat perkedel tahu.

Haluskan tahu putih dengan cara dimasukkan ke dalam wadah, lalu lumatkan menggunakan garpu sampai lembut. Setelah dirasa tahu putih sudah halus, sisihkan sebentar.

3. Potong wortel sesuai selera

Resep Perkedel Tahu yang Garing, Renyahnya Menggoyang Lidahilustrasi memotong wortel (freepik.com/KamranAydinov)

Iris buncis dan cabai merah, lalu lanjut potong-potong udang serta wortel. Letakkan irisan dan potongan tersebut ke dalam wadah berisi tahu putih halus, lalu aduk sampai rata.

Setelah itu, ulek bawang merah dan bawang putih hingga halus, lalu campurkan ke dalam tahu putih. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu, garam, merica, kaldu jamur, dan gula. Kemudian, aduk sampai tercampur rata.

Baca Juga: Resep Perkedel Kentang Kornet, Camilan Krispi yang Lezat!

4. Tuangkan minyak ke dalam wajan

Resep Perkedel Tahu yang Garing, Renyahnya Menggoyang Lidahilustrasi menuangkan minyak ke dalam wajan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau adonan perkedel tahu sudah tercampur rata, lakukan pembentukan adonan. Caranya, ambil secukupnya adonan, lalu bentuk bulat-bulat. Taruh ke dalam wadah dan lakukan sampai adonan habis.

Setelah adonan selesai terbentuk, siapkan proses menggorengnya. Letakkan wajan di atas kompor, lalu tuangkan minyak cukup banyak ke dalam wajan. Kemudian, panaskan wajan di api sedang dan biarkan minyak panas.

5. Perkedel tahu siap disajikan

Resep Perkedel Tahu yang Garing, Renyahnya Menggoyang Lidahperkedel tahu (instagram.com/linasutiono)

Sesudah dirasa minyak telah panas, masukkan adonan ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng perkedel tahu hingga kuning keemasan sambil sesekali dibalik agar tidak gosong.

Jika adonan telah matang segera angkat dan tiriskan, lanjut menggoreng adonan. Bila dirasa minyak terlalu panas, turunkan api kompor di tingkat paling kecil. Kemudian, goreng sisa adonan sampai matang. Perkedel tahu siap disajikan.

Perkedel tahu cocok dijadikan lauk dan camilan yang gak membosankan. Buat kamu yang penasaran, langsung saja terapkan cara membuat perkedel tahu seperti resep di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Perkedel Sederhana yang Pastinya Lezat dan Mudah Dibuat!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya