Comscore Tracker

6 Makanan Desa Berbahan Dasar Singkong, Kuliner Jadul yang Historis

Siapa yang masa kecilnya pernah makan ini? #LokalIDN

Singkong kerap dijadikan sebagai makanan pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat. Bagi masyarakat desa, singkong bahkan dijadikan makanan pokok di kala musim paceklik menimpa. Sifatnya yang mudah diolah membuat masyarakat desa mengkreasikan berbagai macam olahan pangan dari singkong.

Dari banyaknya jenis olahan singkong, ada beberapa di antaranya yang terkesan jadul tetapi kini malah banyak dicari para penggemar kuliner. Seringnya makanan ini dimakan ketika masa kecil di desa. Apa aja ya? Simak poinnya berikut.

1. Sawut

6 Makanan Desa Berbahan Dasar Singkong, Kuliner Jadul yang HistorisInstagram.com/griyajaje

Makanan ini masih kerap ditemukan di beberapa pasar tradisional. Bahkan untuk membuatnya sendiri di rumah pun cukup mudah.

Caranya singkong diparut menggunakan parutan sawut lalu dicampur dengan gula merah dan gula pasir. Kemudian dikukus. Setelah matang taburi parutan kelapa di atasnya. Rasanya yang legit dan mengenyangkan bisa untuk alternatif sarapan.

2. Tiwul

6 Makanan Desa Berbahan Dasar Singkong, Kuliner Jadul yang HistorisInstagram.com/bundanisadotcom

Tiwul memiliki rasa yang hambar. Makanan jadul ini dibuat dari singkong kering atau gaplek yang direndam, kemudian digiling halus dan dikukus. Terkadang bau apek dari tiwul ini membuat makan jadi kurang berselera.

Tapi, orang tua zaman dulu tetap menyukainya karena inilah menu andalan yang ada di kala krisis pangan mencekam.

3. Utri atau lemet

6 Makanan Desa Berbahan Dasar Singkong, Kuliner Jadul yang HistorisInstagram.com/chen_huichiao

Nah, kalau olahan singkong yang satu ini pasti sudah sering makan kan? Umumnya orang mengenal dengan nama 'lemet' tapi ada beberapa daerah di Jawa yang menyebutnya 'utri'. Dibuat dari parutan singkong yang dicampur gula merah, dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus. Gula merahnya juga dapat dipakai sebagai isian. Rasanya yang gurih dan legit bisa jadi pengganjal saat perut lapar.

Baca Juga: Resep Donat Tape Singkong yang Empuk, Enak Buat Teman Ngemil di Rumah

4. Nasi singkong

6 Makanan Desa Berbahan Dasar Singkong, Kuliner Jadul yang HistorisInstagram.com/williamwongso

Serupa hampir mirip dengan tiwul. Tapi kedua makanan ini berbeda lho terutama dilihat dari bahan dasar yang digunakan.

Nasi singkong ini dibuat dari singkong utuh yang dikukus lalu dihaluskan hingga menjadi butiran seperti nasi.

Nasi singkong ini bisa dimakan bersama dengan lauk dan sayur. Seringnya nasi singkong akan tampak berbusa saat dimakan dengan sayur yang berkuah.

5. Gaplek

6 Makanan Desa Berbahan Dasar Singkong, Kuliner Jadul yang HistorisInstagram.com/fathul_adhan

Gaplek ini merupakan hasil dari pengawetan singkong. Umbi singkong utuh yang telah dibersihkan kemudian dijemur hingga kering. Nantinya gaplek ini bisa disimpan sebagai cadangan pangan yang bisa diolah menjadi tepung singkong untuk bahan dasar berbagai macam kue.

6. Gethuk

6 Makanan Desa Berbahan Dasar Singkong, Kuliner Jadul yang HistorisBerbagai sumber

Kamu anak Gen Z pasti pernah mendengar kan tentang jajanan yang satu ini. Biasanya yang familiar itu namanya 'gethuk lindri' dengan ciri khasnya yang warna-warni. Ada juga gethuk singkong biasa yang dibuat dengan dicampuri gula merah. Caranya singkong kukus ditumbuk bersama gula merah hingga halus, kemudian dibentuk-bentuk sesuai selera. Jangan lupa untuk menambahkan taburan kelapa parut.

Apakah masa kecilmu dipenuhi dengan hidangan seperti di atas? Jika iya, yang mana hidangan favoritmu? Boleh tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!

Ana Hanifatul Photo Verified Writer Ana Hanifatul

Apa apa aja yang penting menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya