Comscore Tracker

5 Sayuran yang Bisa Ditanam Sendiri di Kebun Rumah, Coba Yuk!

Pasti seru makan sayuran hasil kebun sendiri

Kalau kamu pencinta sayuran dan hampir setiap hari makan sayuran, pasti pernah punya keinginan untuk bercocok tanam sayur-sayuran di kebun milik sendiri. Tapi terkadang keinginan tersebut terganjal oleh luas lahan yang tidak seberapa.

Jangan khawatir, sekarang bercocok tanam sayuran tak perlu di lahan seluas milik keluarga Ardiwilaga, karena kamu juga bisa menanam sayuran sendiri di lahan yang mungil dan sederhana.

Dari sekian banyak sayuran, kira-kira jenis sayuran apa saja yang memungkinkanmu untuk menanam dan memanennya sendiri?

1. Wortel

https://www.youtube.com/embed/zDPZwb5Xl9w

Bukan rahasia lagi bahwa wortel adalah sumber vitamin A yang baik. Agar dapat tumbuh dengan baik, wortel membutuhkan tanah lunak yang dikeringkan dengan baik. Jika tanah terlalu lembap, akan muncul banyak cacing tanah di kebunmu.

2. Mentimun

https://www.youtube.com/embed/CZOYBePPeDM

Ketika ingin menanam mentimun, ketahuilah bahwa mereka membutuhkan banyak sinar matahari. Mentimun ideal untuk ditanam di ruang kecil, karena mereka dapat tumbuh secara vertikal. Bahkan kamu juga bisa mencoba menanam mentimun dalam pot berukuran sedang, tancapkan batang kayu di tengah pot agar batang mentimun bisa tumbuh vertikal mengikuti kayu.

Baca Juga: 7 Jenis Sayuran yang Cocok untuk Vertikal Garden, Panen di Rumah!

3. Paprika

https://www.youtube.com/embed/yrXWteqnCyY

Suhu hangat adalah kunci untuk menanam sayuran lezat ini, paprika bisa jadi campuran yang lezat untuk salad, pasta, hidangan daging, dan banyak lagi. Pastikan kamu memilih tanah berdrainase baik yang mengandung bahan organik juga agar pertumbuhan paprika bisa maksimal.

Jika kamu tinggal di lingkungan yang hangat, kamu bisa mulai menanam paprika di rumah sendiri.

4. Tomat

https://www.youtube.com/embed/rZgtvtDlxd4

Tomat membutuhkan perawatan yang cukup intens karena tanaman ini rentan terhadap hama dan penyakit. Untuk menghindari masalah, pilih jenis tomat yang tahan penyakit. Juga, perhatikan bahwa tanaman tomat akan lebih rentan terhadap penyakit yang ditularkan melalui tanah dan mudah membusuk jika buahnya terlalu dekat dengan tanah.

5. Daun bawang

https://www.youtube.com/embed/vrOJ95O7JHg

Jika ingin memiliki daun bawang tetapi tidak memiliki cukup ruang, kamu bisa menanamnya di dalam ruangan. Bahkan daun bawang bisa kamu tanam di pot kecil dan ditaruh di dekat jendela agar mendapat sinar matahari yang cukup.

Daun bawang bisa jadi topping yang nikmat untuk mi instan, nasi goreng, atau apa pun. Jadi rasanya tak ada alasan untuk tidak menanam daun bawang sendiri karena rasanya sangat lezat!

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa kamu coba untuk ditanam sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kami Bisa Tebak Kepribadian Aslimu dari Sayuran Favoritmu!

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya