Comscore Tracker

6 Kuliner Khas Temanggung Ini Namanya Unik dan Pastinya Wajib Coba

Biar gak penasaran, kamu wajib coba #LokalIDN

Temanggung adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini dikenal sebagai daerah wisata karena beriklim sejuk.

Temanggung juga dikenal dengan kulinernya yang enak. Selain rasanya enak juga memiliki nama yang unik, kamu wajib mencoba jika bertandang ke Temanggung.

Agar tidak penasaran, berikut enam nama unik kuliner khas daerah Temanggung.

1. Balung kuwuk

6 Kuliner Khas Temanggung Ini Namanya Unik dan Pastinya Wajib CobaBalung kuwuk (Instagram.com/keripikmakyem)

Balung kuwuk adalah salah satu kuliner Temanggung yang mempunyai nama unik. Balung artinya tulang dan kuwuk sejenis kucing hutan. Mungkin karena kuliner ini mirip dengan tulang dari kucing hutan karena terbuat dari singkong.

Cara membuatnya adalah singkong dipotong tipis-tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah kering lalu digoreng kemudian dibumbui dengan cabai, saus tomat, dan gula. Sehingga rasanya pedas, asin, dan manis. \Balung kuwuk sering disebut juga keripiknya orang Temanggung.

2. Ndas borok

6 Kuliner Khas Temanggung Ini Namanya Unik dan Pastinya Wajib CobaNdas borok (Instagram.com/pawon_temanggung)

Nama kuliner ini cukup unik. Namun jangan dibayangkan keadaan yang sebenarnya, yang artinya kepala borokan. Ndas borok ini sangat enak dan penampakannya jauh dari arti sebenarnya.

Ndas borok terbuat dari singkong dan kelapa, diparut kemudian dicampur jadi satu. Sebelum dikukus, diberi taburan gula aren yang telah diserut halus. 

3. Bajingan

6 Kuliner Khas Temanggung Ini Namanya Unik dan Pastinya Wajib CobaBajingan (Instagram.com/lailimartyana)

Terdengar agak mengerikan karena artinya penjahat. Tapi jangan khawatir karena tidak seseram seperti yang dibayangkan. Malah rasanya sangat nikmat.

Bajingan sejenis kolak terbuat dari singkong tetapi tidak ada kuahnya. Singkong dipotong kecil-kecil lalu direbus. Setelah singkong empuk lalu diberi santan dan gula merah. Kemudian dimasak hingga santan dan gula merah meresap.

Baca Juga: Segar & Gurih, Resep Soto Ayam Temanggung Ini Pas Untuk Menu Berbuka

4. Sayur empis-empis

6 Kuliner Khas Temanggung Ini Namanya Unik dan Pastinya Wajib CobaSayur empis-empis (Instagram.com/temanggungbanget)

Bagi penggemar sayur berkuah santan dan pedas pasti akan menyukainya. Sayur empis-empis ini berbahan dasar tahu, tempe, dan cabai ijo. Istimewanya sayur ini menggunakan cabai ijo yang banyak sehingga sensasi pedasnya sangat terasa.

Jika kamu bertandang ke Temanggung jangan lewatkan untuk mencicipi sayur ini. Apalagi Temanggung terkenal cuacanya yang sejuk sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi.

Sayur empis-empis mudah untuk didapatkan karena di setiap warung menyediakan sayur ini.

5. Perkedel kimpul

6 Kuliner Khas Temanggung Ini Namanya Unik dan Pastinya Wajib CobaPerkedel kimpul (Instagram.com/ i_am_photolaper)

Berbeda dengan perkedel pada umumnya, perkedel kimpul terbuat dari talas. Perkedel khas Temanggung ini selain namanya unik rasanya juga lezat.

Kimpul atau talas direbus dahulu hingga empuk kemudian ditumbuk. Setelah halus, diberi bumbu bawang merah, bawang putih, merica, dan pala. Aduk hingga tercampur rata kemudian dibentuk bulat-bulat, lalu digoreng.

6. Ketan gudik

6 Kuliner Khas Temanggung Ini Namanya Unik dan Pastinya Wajib CobaKetan gudig (hariantemanggung.com)

Tahukah apa arti gudik? Ya, artinya koreng. Tapi gak usah jijik, karena kuliner ini terbuat dari beras ketan dan kacang gelandang. Kacang gelangan sejenis kacang yang sudah jarang ditanam. Sehingga ketan gudik kuliner yang tergolong langka saat ini.

Dahulu ketan gudik merupakan kuliner yang wajib  saat diadakan hajatan, lho.

Kuliner Indonesia beraneka ragam rasa dan namanya. Bahkan ada yang namanya unik. Walau demikian rasanya dijamin enak.

Dari enam kuliner khas Temanggung yang namanya unik di atas, mana yang ingin dicoba?  Yuk, luangkan waktumu untuk bertandang ke Temanggung.

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggung

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya