Comscore Tracker

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang Sendi

Kaki tetap kuat dan bebas melangkah

Radang sendi dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama arthritis. Penyakit yang banyak dialami oleh wanita dibanding laki-laki. Risiko terkena radang sendi biasanya seiring dengan bertambahnya usia. Agar terhindar dari radang sendi konsumsi tujuh jenis makanan seperti disebut di bawah ini.

1. Pisang

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang SendiPexels/ Juan salamanca

Pisang kaya akan kalsium, di mana zat ini bermanfaat untuk membentuk kepadatan tulang. Pisang juga kaya dengan magnesium yang sangat berguna untuk mineralisasi tulang pada penderita arthritis.

2. Makanan terbuat dari kedelai

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang SendiPexels.com/ Buenosia Carol

Tahu dan tempe adalah makan yang terkenal berbahan dasar kedelai. Kedelai mengandung mineral dalam jumlah tinggi, seperti kalsium, magnesium, tembaga, selenium, dan seng yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

3. Teh hijau

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang SendiPexels/ rawpixel.com

Teh hijau dapat melindungi tulang rawan dengan cara menghalangi produksi enzim kemokin. Kemokin adalah protein yang menyebabkan peradangan sehingga fleksibilitas tulang rawan berkurang. Hal tersebut merupakan gejala umum arthritis. Tetapi mengonsumsi teh hijau harus dengan cara yang benar agar khasiatnya terasa dan jangan minum teh hijau dengan gula.

Baca Juga: 7 Kombinasi Makanan Ini Bisa Jadi Superfood dan Baik Dikonsumsi

4. Bawang

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang SendiPexels.com/pixabay

Bawang merah, putih, dan bombay selain sebagai bumbu dapur tetapi miliki manfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan diallyl disulphide dapat menghambat enzim yang merusak tulang rawan, hal ini adalah gejala umum dari arthritis.

5. Ikan

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang SendiPexels.com/ Oscar Mikols

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk sendi dan mencegah peradangan. Konsumsi ikan setidaknya dua Minggu sekali, agar terhindar dari radang sendi. Konsumsi ikan kaya omega 3 tinggi seperti terdapat pada ikan tuna, salmon, dan makerel segar.

6. Makanan dengan rempah kunyit atau jahe

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang SendiPexels.com/ Rawpixel.com

Jahe dan kunyit sejak dahulu sudah dikenal mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe mengandung anti inflamasi mencegah nyeri sendi dan enzim penyebab peradangan. Pada kunyit mengandung kurkumin yang merupakan anti oksidan dan anti peradangan yang kuat. 

7. Kayu manis

Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar dari Radang SendiPexels.com/pixabay

Kayu manis dapat menghambat peradangan, membantu menghilangkan radikal bebas dan racun yang biasanya tertimbun pada persendian.

Peliharalah kesehatan sendi sejak awal. Agar terhindar dari radang sendi yang akan terasa sesuai pertambahan usia, dengan cara rajin mengonsumsi makanan seperti yang tertera di atas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perhatikan Dulu, 10 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak

Andi Nitha Nahfiah Photo Verified Writer Andi Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You