Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kuliner Tradisional Indonesia Wajib Dilestarikan

Bukan hanya sekadar kuliner biasa, lho!

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang menyukai kuliner tradisional Indonesia? Well, memang harus diakui bahwa kuliner tradisional Indonesia memiliki rasa yang jempolan. 

Selain itu, berikut ini ada lima alasan mengapa kuliner tradisional Indonesia wajib dilestarikan. Sayang banget kalau punah!

1. Punya banyak kenangan masa kecil

5 Alasan Mengapa Kuliner Tradisional Indonesia Wajib Dilestarikaninstagram.com/wahyu_boed

Makanan tradisional memang erat hubungannya dengan masa lalu. Mereka yang sudah dewasa saat ini pasti pernah merasakan yang namanya makanan tradisional sejak kecil.

Hal ini mendorong banyak orang untuk tetap melestarikan kuliner tradisional Indonesia karena makanan tersebut menyimpan banyak kenangan masa lalu yang tidak mau mereka lupakan.

2. Tiap daerah punya ciri khas tersendiri

5 Alasan Mengapa Kuliner Tradisional Indonesia Wajib Dilestarikaninstagram.com/dodon_jerry

Tentu kamu tahu negara Indonesia punya banyak keberagaman, termasuk juga kuliner tradisionalnya yang tiap daerah pasti berbeda-beda. Tentu akan sangat disayangkan jika makanan ini hilang begitu saja.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Timur Tengah Ini Tidak Pernah Absen Saat Ramadan Tiba

3. Harga murah, tapi tidak murahan

5 Alasan Mengapa Kuliner Tradisional Indonesia Wajib Dilestarikaninstagram.com/jajanyogya

Bicara soal harga, makanan tradisional memang tidak akan membuat penikmatnya kecewa karena harganya tergolong murah untuk sebuah kuliner yang nikmat.

Meskipun harganya murah, tapi soal rasa sangat tidak murahan. Makanya kuliner tradisional di Indonesia wajib kamu lestarikan.

4. Warisan turun temurun

5 Alasan Mengapa Kuliner Tradisional Indonesia Wajib Dilestarikaninstagram.com/uya.des

Kuliner tradisional memang sudah ada sejak zaman dulu sehingga bersifat turun-temurun dari orang tua ke anak dan seterusnya. Tentu jika kuliner ini hilang begitu saja akan sangat disayangkan.

5. Selalu ada sejarah dibalik kuliner tradisional Indonesia

5 Alasan Mengapa Kuliner Tradisional Indonesia Wajib DilestarikanInstagram.com/mbok_jilah

Pernahkah kamu bertanya mengapa nama kuliner tradisional Indonesia selalu unik dan terkesan lucu? Mungkin tidak banyak orang yang berpikir sejauh ini, hanya saja setiap kuliner tradisional punya sejarahnya tersendiri.

Salah satu contohnya adalah nasi kucing. Hampir semua orang tahu kuliner tradisional ini.

Namun tahukah kamu bahwa ada ada sejarah dibalik nama nasi kucing? Kuliner ini dinamakan nasi kucing karena porsi yang disajikan untuk pelanggan sangat sedikit, sama halnya dengan makanan kucing. 

Itulah lima alasan mengapa kuliner tradisional Indonesia wajib dilestarikan. Yakin masih tidak peduli dengan kuliner yang penuh kenangan ini?

Baca Juga: 5 Kuliner Asia Ini Bisa Dijodohkan dengan Ketupat Saat Lebaran Tiba

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya